10 gunung di pulau jawa yang cocok untuk pendaki pemula - WisataHits
Yogyakarta

10 gunung di pulau jawa yang cocok untuk pendaki pemula

10 gunung di pulau jawa yang cocok untuk pendaki pemula

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang paling populer di kalangan anak muda saat ini. Selain itu didukung oleh negara kita Indonesia yang memiliki banyak gunung yang tersebar di berbagai pulau besar di Indonesia.

Meski populer, kehati-hatian harus dilakukan saat mendaki gunung karena mendaki gunung adalah olahraga yang berat. Tak heran, karena mendaki gunung membutuhkan kondisi fisik yang prima agar bisa mencapai puncak dengan selamat.

Buat Sobat Hipwee yang baru mau terjun ke dunia mountaineering, ada baiknya mencoba dulu rekomendasi gunung-gunung di bawah ini, karena ketinggiannya tidak lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (massal). Jaminan motivasi untuk gunung yang lebih tinggi.

1. Gunung Munara, Bogor (367 m)

Gunung Munar

Gunung Munara | Foto oleh Instagram @idhayhidayat

Berawal dari sebuah gunung di provinsi Jawa Barat yaitu Gunung Munara. Karena letaknya di kawasan Rumpin, Bogor memiliki ketinggian 367 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, gunung ini cocok sebagai batu loncatan pertama sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi.

Gunung Munara sebenarnya lebih tepat disebut sebagai bukit. Untuk mendaki gunung ini, Anda hanya membutuhkan waktu 1-1,5 jam untuk sampai ke puncak. Jadi tidak perlu membawa alat berat seperti tenda, kompor dll jika tidak berencana menginap di puncak. Disini cocok untuk mengisi akhir pekan!

2. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta (700m dpl)

Gunung Nglangeran

Gunung Nglangeran | Foto oleh Instagram @gunungapipurba

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Gunung tersebut merupakan gunung api purba yang terbentuk sekitar 60-70 juta tahun yang lalu.

Dengan ketinggian 700 mdpl, gunung ini sering didaki oleh para pemula. Untuk mencapai puncak, pendaki harus menempuh jalan dengan gang-gang sempit berbatu. Namun sesampainya di puncak, rasa lelah setelah mendaki akan terbayar dengan pemandangan yang indah.

3. Gunung Pancar, Bogor (800 m)

Gunung Pankar

Gunung Pancar | Foto oleh Instagram @gunungpancar

Kembali ke gunung di Bogor, kali ini berlokasi di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung ini dihiasi dengan pohon pinus yang indah dan menjulang tinggi. Ditambah dengan sejuknya udara Bogor memberikan kesegaran pada gunung ini.

Dengan ketinggian 800 mdpl, Gunung Pancar menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi dari berbagai daerah. Selain hiking, ada juga pemandian air panas, wisata budaya, dan sarana olahraga. Pokoknya, deh, pokoknya!

4. Gunung Bongkok, Purwakarta (975 m)

Gunung Bungkuk

Gunung Bungkuk | Foto oleh Instagram @gunung_bongkok

Gunung Bongkok terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dengan ketinggian 975 mdpl, Gunung Bongkok dapat didaki hingga puncak hanya dalam waktu 1-1,5 jam.

Gunung Bongkok menjadi destinasi populer bagi para pemula karena pemandangannya yang indah dan eksotis. Tapi harap berhati-hati karena masih banyak monyet di sekitar Gunung Bongkok. Untuk mendaki gunung ini, SoHip tidak perlu takut tersesat karena sudah ada petunjuknya.

5. Gunung Andong, Magelang (1.726 m)

Gunung Andong

Gunung Andong | Foto dari Wikimedia Commons

Kami berkendara ke Jawa Tengah di mana Gunung Andong terletak di Grabag, Kabupaten Magelang. Gunung aktif ini melingkari Kabupaten Magelang.

Gunung Andong memiliki 4 puncak yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Untuk memasuki Gunung Andong, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp20.000. Berada di ketinggian 1.726 mdpl, Anda bisa menikmati keindahan Magelang dari atas.

6. Gunung Kencana, Bogor (1803 m dpl)

Gunung Kencana

Gunung Kencana | Foto oleh Instagram @gunungkencana

Bogor memang surganya pegunungan yang harus didaki para pemula. Jika SoHip ingin memilih gunung mana yang akan didaki terlebih dahulu, Gunung Kencana mungkin bisa menjadi pilihan.

Terletak di Sukamakmur, Jonggol, Jawa Barat, gunung ini tidak pernah sepi pendaki. Rutenya cukup pendek namun menantang, cocok untuk SoHip yang suka menguji nyali. Namun berhati-hatilah saat mendaki di musim hujan karena jalurnya terkenal licin.

7. Gunung Ungaran, Semarang (2.050m)

Gunung Hungaria

Gunung Hungaria | Foto dari Wikimedia Commons

Seperti namanya, gunung ini terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terdapat 4 jalur pendakian menuju gunung ini yaitu Jalur Basecamp Mawar, Jalur Candi Gedong Songo, Jalur Promasan dan Jalur Parantunan.

Gunung Ungaran memiliki tiga bahu yaitu Puncak Gendol, Puncak Gundul dan Puncak Ungaran. Dengan ketinggian 2.050 mdpl, Ungaran bisa menjadi pilihan bagi para pemula.

8. Gunung Ijen, Banyuwangi (2.386 m)

Gunung Ijen

Gunung Ijen | Foto dari Wikimedia Commons

Gunung Ijen merupakan salah satu gunung paling terkenal di Indonesia. Terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan.

Gunung dengan ketinggian 2.386 mdpl ini pernah meletus pada tahun 1999 dan terkenal dengan kawah biru di puncak gunungnya. Jika ingin mendaki Gunung Ijen bisa dimulai dari Banyuwangi atau Bondowoso.

9. Gunung Papandayan, Garut (2665 m)

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan | Foto dari Wikimedia Commons

Bisa dibilang Gunung Papandayan merupakan destinasi populer bagi para pemula. Selain konturnya yang landai, Papandayan juga menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Gunung ini memiliki kawah yang terletak tidak jauh dari titik awal pendakian.

Selain kawah, terdapat hutan mati yang sangat eksotis di puncak sebelum puncak. Disebut hutan mati karena di kawasan ini terdapat pepohonan yang hanya bercabang. Kawasan ini sering dijadikan spot favorit untuk fotografi.

10. Gunung Cikuray, Garut (2.821 m)

Gunung Cikurai

Gunung Cikuray | Foto oleh Gunawan Kartapranata dari Wikimedia Commons

Terakhir, Gunung Cikuray merupakan gunung yang ramah bagi para pemula. Gunung yang hampir berbentuk segitiga sempurna ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dengan ketinggian 2.821 mdpl, gunung ini merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede. Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray cukup terjal, sehingga disarankan untuk berhati-hati.

Itulah 10 rekomendasi gunung ramah pemula untuk dijelajahi SoHip. Apakah SoHip pernah mendaki salah satu gunung di atas? Share ceritamu, ya!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button