Cuaca Ekstrim, Jalur Lawu di Karanganyar Masih Dibuka - WisataHits
Jawa Tengah

Cuaca Ekstrim, Jalur Lawu di Karanganyar Masih Dibuka

Karanganyaar

Jalur pendakian Gunung Lawu di Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ditutup sementara mulai hari ini karena cuaca ekstrem. Namun, dua jalur pendakian Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah masih beroperasi.

Jalur yang masih dibuka antara lain jalur Cemoro Kandang dan Cetho. Nardi, koordinator lapangan target Disparpora Karanganyar, mengatakan belum ada instruksi untuk menutup dua jalur tersebut.

“Tidak ada permintaan penutupan. Mungkin jalur Cemoro Sewu (Jawa Timur) rawan longsor, Pos 3 kemarin,” kata Nardi, Senin (24 Oktober 2022).

Dihubungi secara terpisah, petugas tempat penampungan Cemoro Kandang, Bambang, mengatakan para pendaki diminta untuk mempersiapkan diri dan perlengkapannya keamanan mengingat cuaca saat ini sangat ekstrim. Jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk mendaki, disarankan untuk tidak memaksakan diri.

“Tadi malam suhu di base camp (Cemoro Kandang) 4 derajat Celcius, saat ini (jam 12) suhu di tempat penampungan sekitar 14 derajat Celcius. Diperkirakan suhu di atas (puncak) bisa serendah 1 derajat Celcius pada malam hari. Sore 8-9 derajat,” kata Bambang.

Dikatakannya, pada musim hujan seperti sekarang ini, jumlah pendaki turun cukup drastis dibandingkan cuaca cerah beberapa bulan lalu. Pekan lalu di Cemoro Kandang, jumlah pendaki hanya 2 orang sedangkan akhir pekan lalu hanya 20 orang.

“Cuaca seperti itu sangat tenang bagi pendaki,” jelasnya.

Dikutip dari detikJati, Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Magetan ditutup. Penutupan jalur ini dilakukan karena kondisi cuaca ekstrem yang berbahaya bagi pendaki.

“Kami menutup jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu karena cuaca ekstrem. Ini sangat berbahaya bagi pendaki,” kata Eko Santoso, Humas KPH Lawu DS saat dikonfirmasi detikJatiSenin (24/10).

Penutupan jalur melalui Cemoro Sewu, kata Eko, akan dimulai hari ini dan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penjaga di pintu masuk pendakian melalui Cemoro Sewu telah memasang pemberitahuan bahwa jalur pendakian ditutup.

Saksikan video “Penampakan awan memakai topi di puncak Gunung Lawu”.
[Gambas:Video 20detik]
(telinga/pm)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button