17 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Liburan Seru - WisataHits
Yogyakarta

17 Tempat Wisata di Yogyakarta untuk Liburan Seru

jakarta

Ada banyak tempat menarik di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan Anda. Berikut 17 tempat seru yang bisa jadi referensi kamu. Catat itu!

Yogyakarta menawarkan semua jenis pariwisata. Mulai dari budaya, antisosial, sejarah, alam hingga pantai, juga belanja. detik.com telah merangkum tempat wisata di Yogyakarta untuk liburan anda.

Berikut adalah 17 tempat wisata di Yogyakarta untuk ditambahkan ke daftar rencana kunjungan Anda:

1. Malioboro

Anda tidak bisa pergi ke Yogyakarta kecuali Anda melewati Malioboro. Jalan ikonik dengan Yogyakarta ini menawarkan banyak hal menarik untuk dilakukan. Salah satunya adalah kesempatan untuk membeli pakaian tie-dye yang berbeda atau hanya berjalan-jalan santai.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Hebatnya lagi, kendaraan kini tidak bisa lagi melintas di kawasan Malioboro, sehingga Anda bisa berjalan-jalan santai di kawasan ini tanpa khawatir kendaraan yang lewat. Cobalah kelezatan kuliner di sana saat malam hari, ya.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan untuk Idul FitriCandi Prambanan Foto: Tiara Rosana/detikTravel

Salah satu candi yang bisa dikunjungi di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Candi yang indah dan megah ini merupakan salah satu bukti peninggalan agama Hindu di Indonesia.

Untuk memasuki kawasan Candi Prambanan, traveler perlu membeli tiket, dewasa seharga Rp 50.000 sedangkan anak-anak hanya membayar Rp 25.000. Akses menuju Candi Prambanan mudah karena berada di jalur utama Yogyakarta-Solo.

3. Tebing Breksi

Biasanya traveler datang ke tebing breksi ini untuk melihat pemandangan yang luar biasa dan gemerlap lampu di sore hari hingga larut malam. Tebing Breksi merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Walaupun tempat wisata ini hanya berupa bebatuan besar yang juga terbentuk dengan sendirinya, namun merupakan tempat wisata yang bisa dijadikan spot foto.

Wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk memasuki kawasan tersebut.

4. Bukit pasir

gumuk pasir parangtritisGumuk Pasir Parangtritis (Eli Husen/d’traveler)

Destinasi anti mainstream ini dijuluki Sand Dune. Di sini Anda bisa berselancar pasir. menyenangkan bukan? Anda juga bisa memotret gurun pasir di Dubai sambil menikmati sandboarding.

Gumuk Pasir terletak di Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Jl. Pantai Parangkusumo Rt. 1, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dengan kendaraan umum, Anda bisa sampai ke gumuk pasir Pantai Parangkusumo dengan naik bus jurusan Jogja – Parangtritis. Untuk memasuki kawasan ini, traveler dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000.

5. Pinus Pengger

Bantul memiliki hutan pinus yang instagramable namanya Pinus Pengger. Pinus Pengger tidak hanya menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, tetapi juga banyak spot foto yang Instagramable. Ada tujuh spot foto dengan berbagai bentuk, antara lain telapak tangan, ibu jari, dan jembatan setengah lingkaran.

Untuk mencapai tempat wisata yang terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu menempuh jarak 23 kilometer melalui jalur darat dari jantung kota Yogyakarta menuju Desa Mangunan, Dlingo.

6. jurang maut

Ngarai Tembelan merupakan salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menikmati pemandangan yang sangat indah dan luar biasa. Ngarai Tembelan khas dengan pemandangan dek atau sudut pandang yang terlihat seperti kapal.

Wisatawan bisa menikmati berbagai pemandangan alam sambil minum kopi atau menikmati makanan di warung makan yang ada di kawasan Ngarai Tembelan. Ngarai Tembelan terletak di Mangunan, Dlingo, Bantul.

7. Pantai Parangtritis

Pantai ParangtritisFoto pantai Parangtritis: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Salah satu pantai terpopuler di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini unik dengan ombak yang besar dan pegunungan pasir yang mengelilingi pantai, yang biasa disebut dengan gumuk pasir.

Pantai ini terletak di Desa Kretek, Kretek, Bantul. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp 10.000.

Traveler tak hanya bisa menikmati pasir pantai di sini, tapi juga menunggu sore hari. Baik duduk sambil menikmati kelapa muda, bermain air atau naik kereta keliling pantai.

8. Tirta Budi atau Laguna Biru

Yang ingin bermain air di Yogyakarta bisa datang ke Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon. Seperti namanya, Blue Lagoon karena airnya yang biru dan jernih seperti oasis di padang pasir.

Pemandian ini berbentuk kolam yang tidak begitu besar, di tengahnya terdapat pancuran kecil, dari mana air mengalir dari batang bambu. Dulunya pemandian ini digunakan oleh warga sekitar untuk kegiatan sehari-hari, namun bagaimanapun juga karena keindahan tempat ini, banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan mandi disana.

Meski kolam di Blue Lagoon tidak besar, ada yang unik di sini, yakni adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Jika tubuh kita memasuki kolam ini, bersiaplah untuk pasukan ikan kecil ini mendekat.

9. Taman Bunga Matahari

Anda yang suka berfoto bisa datang ke Taman Bunga Matahari yang terletak di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya sangat dekat dengan pantai dan di sepanjang jalan dekat pantai terdapat taman bunga matahari.

Di sana Anda dapat mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan latar belakang bunga matahari yang tinggi. Cukup bayar 5.000 rupiah untuk tiket masuknya. Barang-barang seperti topi, kacamata dan barang-barang lainnya juga disediakan untuk difoto.

10. Bunker Kaliadem

Terletak di Sleman, tempat wisata alam Yogyakarta menawarkan keindahan alam yang sejuk, sejuk dan mengasyikkan. Di sini Anda bisa langsung melihat pemandangan keindahan di bawah Gunung Merapi.

Untuk memasuki kawasan bunker Kaliadem, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Di sini, wisatawan dapat memilih untuk melihat bunker dan Gunung Merapi, atau menjelajahi daerah tersebut dengan jeep.

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button