Diiringi lagu Indonesia Raya, Basarnas mengibarkan bendera merah putih di bawah laut - WisataHits
Yogyakarta

Diiringi lagu Indonesia Raya, Basarnas mengibarkan bendera merah putih di bawah laut

Staf Basarnas Basarnas Ternate merayakan HUT RI ke-77 dengan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di objek wisata Pantai Jikomalamo, Selasa (16/8/2022). – (ANTARA/Abdul Fatah)

Para penyelam juga memberikan penghormatan kepada Saka Merah Putih.

SuaraJogja.id – Juga untuk memperingati HUT RI ke-77, staf dari Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut), mengibarkan bendera merah putih di bawah laut.

“Sebanyak 10 penyelam dari Basarnas Ternate mulai menyelam dan mengibarkan bendera merah putih di kedalaman 9 meter di perairan Ternate Jikomalamo Beach Resort,” kata Direktur Basarnas Ternate Fathur Rahman, Selasa di Ternate.

Dijelaskannya, saat pengibaran bendera dan diiringi lagu Indonesia Raya di bawah laut, para penyelam pun memberikan penghormatan kepada Saka Merah Putih.

Menurut Fathur, kegiatan ini juga merupakan pesan nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang cukup kental untuk diteladani.

Baca Juga: 7 Penyelam Evakuasi BPBD Kota Surabaya Kibarkan Bendera Merah Putih di Kolam 7 Meter

Fathur menambahkan, alasan dipilihnya Jikomalamo Beach Resort sebagai tempat pengibaran bendera karena tempatnya yang aman dan merupakan salah satu daya tarik wisata utama di Kota Ternate.

Menurutnya, keindahan Pantai Jikomalamo merupakan keuntungan wisata yang menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah. Selain itu, ekosistemnya juga dilindungi.

Pengibaran bendera bawah laut dilakukan dengan khidmat. Semua penyelam kembali ke permukaan setelah upacara selesai.

Pada perayaan HUT ke-77, Pemprov Sumut secara simbolis membagikan bendera merah putih melalui gerakan pengibaran 10 juta bendera merah putih untuk menyemarakkan peringatan HUT RI.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsudin Abdul Kadir yang dihubungi mengatakan, pengibaran bendera merah putih itu dilakukan kepada sejumlah pengendara becak bermotor (Bentor), tukang ojek dan masyarakat di bundaran Jalan 40 Ibu Kota Sofifi.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Sepanjang 1.444 Meter Hiasi Desa Kudu Honggosoco

Dijelaskannya, Pemprov Maluku Utara turun ke jalan dengan membagikan ratusan bendera merah putih sebagai langkah awal sosialisasi kecintaan terhadap bendera merah putih sebagai identitas bangsa dan penguatan semangat penghormatan terhadap lambang negara.

Menurut Sekda, gerakan pengibaran 10 juta bendera merah putih ini merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk yang ada di ibu kota Sofifi.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat bisa segera mengibarkan bendera di depan rumahnya jelang HUT RI 17 Agustus 2022 mendatang. [ANTARA]

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button