15 Event Spesial Kalender Pariwisata Jatim 2023 – Detakpos.Com - WisataHits
Jawa Timur

15 Event Spesial Kalender Pariwisata Jatim 2023 – Detakpos.Com

Surabayadetikpos.com – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara resmi meluncurkan Kalender Pariwisata Jatim 2023 di Pakuwon Imperial Ballroom, Kamis (15/12) malam. Sebanyak 15 acara terkemuka direncanakan untuk tahun 2023.

Top 15 Jatim Event antara lain Mount Bromo Jazz, Jember Fashion Carnival, Reog Ponorogo Festival, Gandrung Sewu, East Java Fashion Harmony, Rujak Uleg Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, Bandar Grissee Festival, Juang Parade, Meras Gandrung, Kresnayana Festival, Rontek Festival, Kupatan Festival, Batu Street Food, Bromo Kom, Kediri Dholo Kom dan Bromo Semeru Ultra Trail.

Gubernur Khofifah berharap kalender pariwisata Jatim 2023 menjadi pedoman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk betah lebih lama di Jatim. Jangan hanya berhenti satu atau dua hari.

“Peluncuran ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Jatim dalam mempromosikan event budaya dan pariwisata di Jatim bagi calon wisatawan dalam setahun. Kami berharap kalender ini bisa menjadi acuan bagi yang ingin memperpanjang perjalanannya,” ujarnya.

Orang nomor satu di Jawa Timur itu menekankan perlunya promosi event wisata budaya yang berlangsung pada malam hari. Dia mencontohkan, pagelaran budaya di kawasan Tapal Kuda dan event budaya sehingga penjelajahan di kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) tidak sebatas melihat matahari terbit dan terbenam saja.

“Potensi wisata budaya yang luar biasa bisa kita gencarkan untuk memperluas agenda eksplorasi kekayaan alam dan budaya di sekitar BTS. Kita bisa menambahkan event budaya yang berlangsung pada malam hari agar wisatawan tidak langsung turun gunung begitu matahari terbenam. Harapannya, mereka bisa menikmati budaya di Negeri Tapal Kuda itu,” ujarnya.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu melanjutkan, berbagai pihak harus bekerja sama untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan aman bagi wisatawan. Kerja sama ini dimulai dari promosi hingga pembangunan infrastruktur.

“Wisatawan harus terus berinovasi dan memiliki jaringan yang lebih luas di dalam dan luar negeri. Dan jejaring tersebut adalah para pelaku industri pariwisata, YouTuber, vlogger, programmer dan pegiat media sosial lainnya,” ujarnya.

“Kami membuat tur tinggal lebih lama. Menyimpang dari yang sekarang ada yaitu BTS. Mulai dari blue fire hingga pantai luar biasa di Banyuwangi dan teman-teman dari pantai selatan dan lain-lain,” lanjutnya.

Khofifah juga mengajak pemangku kepentingan dan pemangku kepentingan industri pariwisata untuk berkontribusi kepada Pemprov Jatim dalam inovasi di bidang pariwisata.

“Kami membutuhkan kemitraan yang kuat. Stakeholder mohon masukannya. Para pelaku bisnis pasti punya ide yang luar biasa, saya ajak mereka untuk memberi kita langkah dan lompatan inovasi yang berbeda. Saya minta sumbangan dari pemerintah provinsi Jawa Timur. Mari bergandengan tangan, mari perkenalkan bahwa inilah indahnya Bumi Majapahit,” ajaknya.

Selain itu, Gubernur Khofifah menjelaskan peluncuran ini merupakan upaya Pemprov Jatim untuk memfasilitasi promosi event pariwisata di Bumi Majapahit. Selain itu, ada hampir 254 event dari 38 kabupaten dan kota.

Sebagai informasi, Kalender Pariwisata Jatim 2023 memberikan rincian event dan tempat wisata prioritas yang akan dikunjungi di kabupaten dan kota di Jatim tahun 2023. Ratusan acara ini dimasukkan ke dalam e-book kalender perjalanan 2023 dan dapat ditambahkan sepanjang tahun.

Dari 15 besar event yang didaftarkan pada Kharisma Event Nusantara (KEN) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) RI dengan pemerintah daerah. Dari 15 event yang diusulkan di Jawa Timur, terpilih 9 event yang lolos kurasi tahap kedua.

Diantaranya Jember Fashion Carnaval, Reog Ponorogo National Festival, Banyuwangi Gandrung Sewu Festival, East Java Fashion Harmony, Blitar Kresnayana Festival, Surabaya Rujak Uleg Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food Festival dan Pacitan Rontek Festival. (HMS)

Penerbit: AAdib

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button