Benamkan diri Anda dalam sejarah Festival Anyer Panarukan Situbondo yang telah dihadiri oleh ribuan pengunjung lokal dan internasional - WisataHits
Jawa Timur

Benamkan diri Anda dalam sejarah Festival Anyer Panarukan Situbondo yang telah dihadiri oleh ribuan pengunjung lokal dan internasional

SurabayaNetwork.id – Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer Panarukan oleh Daendels saat menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda tahun 1808 sampai 1811.

Latar belakang dibangunnya jalan raya pos Anyer Panarukan sepanjang 1000km adalah sebagai sarana untuk memperlancar mobilitas pergerakan militer Hindia Belanda pada masa itu.

Sekarang Generasi Z banyak yang belum tahu cerita Jalan Raya Anyer Panarukan 1000 km. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar acara bertajuk Festival Anyer Panarukan pada Selasa (27/12/2022).

Acara yang dijadwalkan dimulai pukul 19.00 WIB, diundur 1 jam lagi pada pukul 20.00 WIB, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Kabupaten Situbondo, Karna Suswandi.

Dalam sambutannya, Bupati Karna menyatakan bahwa acara tersebut merupakan salah satu cara untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk pembangunan bersama di daerah.

“Pembangunan Jalan Raya Pos Anyer Panarukan 1000 Km ini merupakan sarana untuk memperlancar koordinasi, komunikasi dan pelayanan, begitu pula dengan pembangunan Jalan Kampung Merak Baluran, merupakan bukti Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam membuka dan mempermudah akses Koordinasi, Komunikasi dan pengabdian masyarakat Merak Baluran”, jelas Bupati Situbondo dalam sambutannya.

Festival Anyer Panarukan yang dihadiri ribuan warga Situbondo dan turis mancanegara berlangsung meriah dikemas dalam drama kolosal pembangunan Jalan Raya Pos Anyer Panarukan 1000 km yang berlangsung selama 2 jam.

Meski sempat diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk menikmati tontonan kolosal ini.

Sementara itu, Ayu Lestari, warga Prajekan, Kabupaten Bondowoso yang juga menyaksikan Festival Anyer Panarukan mengatakan, tak sia-sia ia dan tiga temannya datang ke acara tersebut.

“Saya datang sore ini berempat, acaranya bagus banget walaupun hujan tapi rasanya kurang pas karena drama kolosalnya bagus banget. Harapannya acara ini bisa diadakan setiap tahun dan stan UMKM bisa lebih banyak lagi, selain itu toiletnya juga kurang, antrean tadi panjang,” kata Ayu dalam wawancara dengan wartawan SurabayaNetwork.id.

Perhelatan Anyer Panarukan Festival ditandai dengan peluncuran Calendar of Event 2023 (CoE) Kabupaten Situbondo oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, Sekda Wawan Setiawan beserta seluruh pimpinan OPD dan pimpinan organisasi mengelilingi Kabupaten Situbondo. ***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button