12 tempat wisata terbaru di cilacap dan wisata lainnya yang dikunjungi - WisataHits
wisatahits

12 tempat wisata terbaru di cilacap dan wisata lainnya yang dikunjungi

12 tempat wisata terbaru di cilacap dan wisata lainnya yang dikunjungi

Cilacap merupakan kota yang merupakan bagian dari provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak kekayaan alam dan budaya. Tak hanya kuliner, Cilacap juga memiliki berbagai destinasi wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan.

Ada banyak referensi wisata di kota pesisir selatan ini. Dari destinasi wisata alam seperti pantai, air terjun, pegunungan bahkan destinasi wisata buatan seperti taman air, taman dan lain-lain menjadikan Cilacap sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Nah, jika Anda belum tahu destinasi wisata mana yang akan dikunjungi, tidak ada salahnya memasukkan sejumlah tempat wisata di Cilacap ke dalam daftar. Agar lebih meyakinkan lagi, Anda harus mencermati tempat wisata di Cilacap berikut ini.

1. Pantai Jetis

Pantai JetisFoto oleh Abdul Aziz Ahwan di Google Maps

Mungkin sebagian orang belum banyak mengetahui destinasi wisata ini karena keindahannya yang masih alami dan begitu asri. Di tengah pantai terdapat sebuah jembatan panjang yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat istirahat sambil mengagumi keindahan pantai yang mempesona.

Lokasi pantai ini berada di bagian timur pusat kota, sehingga tidak terlalu jauh. Di sebelah pantai ada sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi namun pemandangannya sangat menakjubkan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Area persawahan, Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

2. Gunung Selok

Gunung SelokFoto Subur Wahyudin di Google Maps

Tempat wisata Cilacap ini sangat populer di kalangan masyarakat. Karena gunung ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sangat segar. Akses ke Gunung Selok juga sangat mudah, karena medannya tidak terlalu banyak kendala.

Selain itu, ada juga jembatan gantung berhias warna-warni yang bertumpu pada pohon besar dengan keteduhan yang bagus, bahkan ada bangku cinta yang digunakan untuk kekasih. Pihak pengelola tempat wisata ini juga menawarkan spot-spot foto yang menarik.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sawah, ladang, Karangbenda, lingkungan. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Cimandaway

Air Terjun CimandawayFoto oleh Odi di Google Maps

Air terjun ini merupakan air terjun yang memiliki arus yang cukup deras, namun masih aman untuk bermain di sekitar kolam air. Keunikan dari pantai ini adalah memiliki beberapa lapisan yang setiap lapisannya mengalirkan air dengan sangat deras.

Curug Cimandaway akan sangat ramai jika masuk pada hari libur seperti hari sabtu dan minggu. Meski begitu, pengunjung justru lebih memilih datang pada hari-hari aktif, karena suasana yang sepi bisa membuat otak lebih rileks dan tenang. Apalagi di sekitar pantai juga banyak terdapat warung makan yang harganya sangat murah.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Serang, sawah dan ladang, Datar, Kec. Dayeuhluhur, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

4. Candi Mandara Giri Gunung Selok

Candi Mandara Giri Gunung SelokFoto oleh Sumiy Arto di Google Maps

Sebagai tempat ibadah umat Hindu, candi ini cukup indah dengan penataan bangunan yang sangat menarik. Gambar-gambar di dalamnya, meski sudah sangat tua, tetap memberikan kesan estetika yang mengagumkan. Banyaknya pilar penyangga bangunan ini menambah daya tarik tersendiri.

Selain itu, pura ini juga terletak di dekat Gunung Selok yang menawarkan panorama yang sangat indah. Maka tidak heran jika banyak juga pengunjung yang beristirahat di pura tersebut. Terkadang pengelola pura juga sering menyediakan minuman untuk pengunjung yang beristirahat. Bahkan, bagi yang beragama Hindu, diperbolehkan masuk untuk melihat interior bangunan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Adipala, Pereng, Karangbenda, Cilacap, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

5. Benteng Pendem

Benteng PendemFoto oleh Seftyani Widya di Google Maps

Cilacap tidak hanya memiliki wisata alam yang memukau, tetapi juga wisata sejarah berupa Benteng Pendem. Benteng ini merupakan salah satu monumen peninggalan pemerintah Belanda yang pernah ada di Indonesia. Disebut Benteng Pendem karena bangunan ini memang terkubur di lautan pasir yang dalam.

Sebelumnya, masyarakat tidak menyadari bahwa di dalam gunung pasir terdapat bangunan bersejarah yang berharga, sehingga karena pasir mulai terabaikan, pemerintah memutuskan untuk menggali kawasan ini untuk dijadikan kawasan konservasi. Namun ternyata di dalamnya terdapat bangunan benteng yang sangat indah.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Benteng, Sentlokawat, Cilacap, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

6.Curug Mandala

Air Terjun MandalaFoto Bayucandra di Google Maps

Selain Air Terjun Cimandaway, Cilacap juga memiliki air terjun lain yang tak kalah mempesona keindahannya, yaitu Curug Mandala. Air terjun ini memiliki air berwarna biru yang sangat indah dan juga cukup jernih, bahkan anda bisa langsung mencium bau airnya sambil terjun ke kolam air terjun ini.

Ketinggian yang sedang dan aliran air yang tidak terlalu banyak sangat menguntungkan pengunjung untuk berenang atau sekedar berendam. Namun jika ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun ini harus mempersiapkan kondisi fisik terlebih dahulu agar merasa benar-benar fit, karena medan yang dilalui cukup berat.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Forest, Mendala, Kec. Jeruklegi, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

7. Hutan Kemit

Hutan KemitFoto Jenal Sodikin (Akang Jenal) di Google Maps

Bagi Anda kaum milenial, tempat wisata kekinian ini sangat cocok untuk dikunjungi. Ini karena wahananya sangat modern dan nyaman. Meski begitu, bukan berarti mereka yang bukan generasi milenial tidak cocok mengunjungi destinasi wisata ini, karena pemandangan alam kunjungan ini sungguh indah.

Di dalamnya terdapat spot foto yang didesain khusus untuk memanjakan pengunjung. Spot foto tersebut antara lain ayunan hias, sepeda gantung dan balon udara. Apalagi yang membuat tempat ini semakin menarik adalah karena banyaknya hutan pinus yang sangat eksotis. Apalagi saat matahari terbenam hutan ini akan menjadi coklat keemasan yang indah.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Srikaya Karanggedang, Taman, Karanggedang, Kec. Sidareja, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

8. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk PenyuFoto Bayu Tejomurti di Google Maps

Pantai Teluk Penyu merupakan salah satu tempat wisata di Cilacap yang memiliki penyu sebagai daya tarik utamanya. Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhi banyak penyu yang lucu. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan bagaimana penyu tumbuh dan merawatnya.

Letak tempat wisata ini tidak jauh dari Benteng Pendem, sehingga Anda bisa mengunjungi keduanya untuk menambah pengalaman liburan Anda. Selain adanya penangkaran penyu, pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah menarik.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Cilacap Sud, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

9. Waduk Kubangkangkung

Waduk KubangkangkungGambar Freddy X di Google Maps

Waduk Kubangkangkung merupakan salah satu destinasi wisata di Cilacap yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak. Biasanya yang berkunjung ke kawasan ini didominasi oleh keluarga karena ada wahana yang cocok digunakan yaitu sepeda motor.

Dengan menyewa skuter hingga 4 orang, Anda bisa leluasa mengelilingi waduk. Apalagi banyak juga restoran yang menjual aneka seafood dan bisa Anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sokawera, Kubangkangkung, Kec. Kawunganten, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

10. Pantai Kemiren

Pantai KemirenFoto oleh Nafriman Nazir di Google Maps

Pantai Kemiren memiliki pesona warna-warni yang sangat indah, terutama saat senja. Memang saat senja tiba, cahayanya membiaskan tumbuhan ungu di sekitar pantai. Selain itu, ombaknya yang besar membuat pantai ini semakin eksotis.

Para agen juga menyediakan beberapa spot foto yang bisa Anda nikmati secara gratis. Yang paling penting adalah ingat untuk membawa kamera yang berkualitas baik agar hasil foto nantinya bisa terlihat bagus.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Lingkar Selatan, Kemiren, Tegalkamulyan, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

11. Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus KaranggedangFoto Bayucandra di Google Maps

Tempat wisata di Cilacap ini sangat cocok bagi anda yang menyukai pemandangan indah dan sejuk. Deretan pohon yang tingginya hampir sama sangat mempesona karena rimbunnya dedaunan.

Hutan yang terletak di Jl Pisang Karanggedang ini banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan udara bersih bagi pengunjung. Hal ini dikarenakan kualitas udara di hutan ini tidak tercemar oleh polusi udara.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Padang, Karangreja, Kec. Cipari, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

12. Taman Air Tirta Mas

Taman Air Tirta MasFoto oleh Joko Nata di Google Maps

Mungkin Anda bosan dengan beberapa tempat wisata yang hanya menawarkan pemandangan alam. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini, karena kolam air di dalamnya sangat asyik untuk dijadikan wahana permainan.

Taman air ini memiliki tiga tingkat kolam yaitu untuk anak-anak, remaja dan terakhir dewasa, jadi tidak perlu khawatir jika ingin mengajak seluruh keluarga. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Rinjani, Akomodasi Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

Itulah beberapa tempat wisata di Cilacap yang wajib Anda kunjungi saat perayaan akhir tahun tiba. Nah, jika Anda sedang berkunjung ke Cilacap, mampirlah ke beberapa tempat wisata di atas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button