Bukit Soeharto, taman hutan yang penuh dengan cerita horor di Kalimantan Timur - WisataHits
wisatahits

Bukit Soeharto, taman hutan yang penuh dengan cerita horor di Kalimantan Timur

Bukit Soeharto adalah taman hutan yang menarik untuk dijelajahi di Kalimantan Timur. Kawasan hutan lindung untuk mengenal berbagai tumbuhan dan hewan, serta sejarah mistis di balik keindahannya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Batua, Kecamatan. Loa Janan, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto yang luas merupakan salah satu kawasan yang termasuk dalam konservasi alam. Kawasan ini terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat ini menjadi viral setelah Presiden Indonesia mengunjungi Joko Widodo.

Menyusul kunjungan Presiden Joko Widodo ke Bukit Soeharto, kawasan ini diusulkan sebagai calon ibu kota baru Indonesia. Kawasan ini cukup strategis karena berada di antara Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Oleh karena itu, kedua kota berencana membangun jalan tol sebagai jalan penghubung antar kota.

Daerah ini juga sangat kental dengan cerita horor. Beberapa mitos horor seperti hantu Romusha terus menghantui tempat ini. Oleh karena itu, banyak orang yang penasaran dengan tempat ini dengan cerita horornya yang menarik untuk didengar. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Kebun Raya Bukit Soeharto.

Tempat Wisata Bukit Soeharto Botanical Park

Objek wisata Kebun Raya Bukit SoehartoKredit gambar: Twitter Wahyudi

1. Kisah horor legendaris

Jika Anda menyukai cerita horor, maka Anda tidak asing dengan buku “666 Misteri Paling Menakjubkan: Indonesia dan Dunia”. Buku tersebut bercerita tentang hantu Romusha yang kerap mengganggu wisatawan di kawasan perbukitan ini. Bahkan hantu ini bisa melenyapkan seseorang.

Seseorang yang diganggu sampai mereka tersingkir akan sulit ditemukan, tidak peduli seberapa keras mereka berusaha. Dalam beberapa kasus, orang seperti itu dapat ditemukan, tetapi mereka sudah setengah gila.

Nuansa horor yang menyelimuti tempat ini berasal dari kenyataan bahwa pada zaman dahulu daerah tersebut merupakan tempat penyiksaan romusha oleh tentara Jepang. Menurut buku “Hantupedia: Encyclopedia of Ghosts of the Archipelago”, hantu itu muncul sebagai sekelompok romusha yang membawa peti.

Ada seorang warga yang mengaku pernah melihat hantu Romusha. Saat sedang mengerjakan pembangunan jalan di Bukit Soeharto, tiba-tiba ada sekelompok orang yang membawa peti kayu yang ditodong oleh tentara Jepang. Menurut pengakuan orang tersebut, penampakan hantu tersebut diyakini sebagai pekerja romusha.

Bukan hanya cerita hantu Romusha yang menciptakan rasa horor di Bukit Soeharto. Banyak sumber mengklaim bahwa tempat ini juga merupakan tempat pembuangan jenazah Peter (misteri tembakan) pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Selain itu, di kawasan perbukitan ini dilaporkan sering terjadi kecelakaan fatal. Oleh karena itu, banyak orang yang sering mengaitkan cerita horor tempat ini dengan kecelakaan yang sering terjadi. Namun, kebenaran cerita ini masih belum pasti. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati saat berada di area ini.

Cerita horor yang kental dari tempat ini membuat banyak orang penasaran. Bahkan, banyak orang berduyun-duyun ke tempat ini untuk mencari tahu kebenaran cerita horor yang masih menghantui tempat ini. Oleh karena itu, cerita-cerita horor yang berada di tempat ini menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik pengunjung.

2. Pusat Reintroduksi dan Rehabilitasi Orangutan Wanariset Samboja

Ada pusat perlindungan hutan di Bukit Soeharto. Program ini dibuat oleh Yayasan BOS untuk memberikan program perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang habitat dan induknya telah hilang. Proyek ini dibangun pada tahun 1991.

Secara resmi, kawasan ini dikenal sebagai Wanariset. Pada tahun 2006, program ini dipindahkan karena kurangnya ruang. Kemudian nama tempat ini berubah menjadi Samboja Lestari.

Kegiatan yang dapat Anda temukan di lokasi ini antara lain pelayanan kesehatan dan perawatan orangutan, reintroduksi orangutan, rehabilitasi, penyelamatan, translokasi orangutan ke habitat yang aman, dan banyak lagi. Selain orangutan, ada program konservasi beruang madu di Samboja Lestari.

Pelestarian habitat satwa liar, terutama yang langka, dapat berhasil jika ada kerjasama dari masyarakat, wisatawan dan pihak penting lainnya. Oleh karena itu, tempat ini sering melibatkan masyarakat, wisatawan, dan sekolah dalam kegiatan yang dapat memberikan wawasan pendidikan konservasi.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengenal lebih jauh tentang orangutan, Anda bisa mengunjungi kawasan ini. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu jika berkunjung ke tempat ini. Anda juga harus menjaga perilaku dan mematuhi peraturan yang berlaku jika ingin mengunjungi tempat ini.

3. Hutan Pendidikan Universitas Mulawarman

Tempat Wisata Bukit Soeharto LainnyaKredit gambar: Facebook Suaradotcom

Hutan pendidikan ini merupakan Kawasan Hutan Tujuan Khusus (KHDTK) terlengkap di Indonesia. Bidang ini sangat diperlukan di masa depan untuk bidang ilmiah.

Pemerintah memberikan perhatian yang besar terhadap pengembangan kawasan hutan ini. Terbukti setiap tahun pemerintah selalu menyediakan dana yang cukup besar untuk mengembangkan bidang ini. Lebih dari 20 miliar dana disediakan oleh pemerintah setiap tahun untuk mendukung dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Jika Anda menyukai ruang pendidikan seperti hutan ini, jangan ragu untuk segera mengunjunginya. Wilayahnya yang sangat indah membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang pintar yang kuliah di sana sehingga membantu wawasanmu lebih terbuka.

4. Memiliki keanekaragaman flora dan fauna

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto atau biasa disingkat Tahura memiliki flora dan fauna yang melimpah. Bukit ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam ketika Indonesia masih diperintah oleh Presiden Soeharto pada tahun 1991. Oleh karena itu, Anda dapat melihatnya dengan bebas dari tempat ini.

Beberapa jenis flora yang bisa Anda temukan antara lain: Perupuk, Meranti, Mengungan, Keruing, Mahang, Medang, Mengungan, Nyatoh, Kayu Keras, Ara, Keranji, Jeruk Nipis, dan lain-lain. Keanekaragaman flora ini mungkin sulit ditemukan di daerah lain karena langka.

Beberapa jenis satwa liar yang dapat Anda temukan antara lain: Beruang Madu, Landak, Orangutan, Harimau Mendung dan lain-lain. Hewan-hewan ini dilindungi oleh negara dan dilestarikan karena populasinya yang sangat kecil.

Satwa dan flora yang ada di tempat ini berada dalam perlindungan negara. Oleh karena itu, sebagai pengunjung yang berlibur di Tahura Bukit Soeharto, Anda harus mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola.

5. Pantai Tanah Merah, Samboja

Pantai ini sangat indah. Meskipun nama pantai ini adalah Tanah Merah, namun pantai ini memiliki pasir putih. Pantai ini juga dihiasi dengan pohon pinus yang berjejer di tepi pantai.

Meski pantai ini tidak seindah pantai di kawasan wisata lainnya, namun Anda tetap bisa merasakan kenyamanan saat berlibur di tempat wisata ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan di pantai pada umumnya.

Pantainya sedikit menjorok ke laut, membuatnya cukup luas untuk berkemah dan rekreasi bersama teman atau keluarga. Keindahan pantai ini menjadi daya tarik Bukit Soeharto.

Tiket Masuk Bukit Soeharto Petunjuk Arah dan Harga Tiket

Rute Tahu Bukit SoehartoKredit gambar: Twitter Perjalanan Tx

Kawasan Grand Park ini terletak di Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Taman ini juga mencakup sebagian kecil dari Kabupaten Panajam Paser. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk mengunjungi tempat ini.

Kawasan ini juga dipotong oleh jalan utama Samarinda-Balikpapan. Rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi taman raya ini adalah melalui jalur darat dari Balikpapan selama 45 menit atau dari Samarinda dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan. Anda juga harus berhati-hati saat berkendara karena banyak terjadi kecelakaan di sini.

Biaya masuk untuk dapat mengunjungi Kebun Raya Bukit Soeharto cukup murah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir soal harga untuk bisa berlibur di tempat wisata ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Soeharto

Aktivitas di Bukit SoehartoKredit gambar: Twitter Yahoo Indonesia

1. Belajar sambil jalan-jalan

Jika Anda memilih Bukit Soeharto sebagai destinasi wisata Anda, Anda bisa mengunjungi beberapa wisata edukasi indah yang ada. Ada Kawasan Konservasi Orangutan dan Hutan Pendidikan Universitas Mulawarman yang bisa berbagi berbagai macam ilmu dengan Anda.

Selain itu, ada berbagai jenis flora dan fauna. Anda bisa mengenalkan anak-anak Anda dengan fauna dan flora ini. Anda juga dapat membantu melestarikan flora dan fauna dengan memberi tahu teman dan keluarga Anda tentang pentingnya melestarikan flora dan fauna di sekitar kita.

2. Ambil gambar

Tahura ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Oleh karena itu, ada banyak spot foto yang bagus untuk Anda berfoto dengan bebas.

Apalagi tempat ini juga sering dipadati oleh para pecinta fotografi. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan foto yang mumpuni bagi Anda yang juga hobi fotografi. Ada tempat-tempat yang tidak boleh difoto. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca semua peraturan yang ada agar tidak terkena sanksi.

3. Bermain atau berkemah di Pantai Tanah Merah, Samboja

Bagi Anda yang menyukai keindahan pantai, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Tanah Merah, Samboja. Pantai ini masih berada di kawasan Bukit Soeharto jadi tidak terlalu jauh.

Anda bisa bermain air dengan puas di pantai ini. ada banyak kepiting di pantai ini yang bisa Anda buru untuk dimakan atau dibawa pulang. Anda juga bisa berkemah jika ingin bermalam di pantai ini.

4. Piknik

Tempat ini memiliki tempat yang bagus untuk piknik. Pepohonan yang rimbun juga mengelilingi tempat ini sehingga memberikan rasa nyaman dan kesegaran. Meski rasa horor masih melekat di tempat ini, Taman Bukit Soeharto Raya tetap layak dijadikan tempat piknik bersama teman atau keluarga.

Fasilitas yang tersedia di Grand Forest Park

Fasilitas Taman Hutan RayaKredit gambar: Twitter Perjalanan Avi

Terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi, penginapan, warung makan dan lain-lain. Meski tidak memiliki fasilitas khusus, Bukit Soeharto Grand Park tetap menawarkan fasilitas yang memadai untuk liburan Anda bersama teman atau keluarga.

Beberapa informasi di atas mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk berlibur di Kebun Raya Bukit Soeharto. Jangan ragu untuk bermain di tempat wisata ini karena kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman horor yang sulit ditemukan di tempat lain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button