Menparekraf Sandiaga memfasilitasi akses pembiayaan bagi desa wisata di Maros, Sulawesi Selatan - WisataHits
wisatahits

Menparekraf Sandiaga memfasilitasi akses pembiayaan bagi desa wisata di Maros, Sulawesi Selatan

Menparekraf Sandiaga memfasilitasi akses pembiayaan bagi desa wisata di Maros, Sulawesi Selatan

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno membuka program kemudahan akses pembiayaan bagi desa wisata di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan ke Dermaga Dua Rammang-Rammang pada Jumat (3/3/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan fasilitasi ini bertujuan untuk memperkuat sektor parekraf di desa-desa wisata di Sulsel, salah satunya di Desa Rammang-Rammang.

    Menparekraf Sandiaga memfasilitasi akses pembiayaan bagi desa wisata di Maros, Sulawesi SelatanMenparekraf Sandiaga permudah akses pembiayaan desa wisata di Maros, Sulawesi Selatan, foto: Kemenparekraf

“Pendanaan berbasis CBT (Community Based Tourism)”

kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan akses pendanaan yang ditawarkan merupakan kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan PT. Fasilitas Keuangan Multigriya (SMF).

Program ini menekankan pada pembiayaan masyarakat, karena pengembangan wisata masyarakat dipandang sebagai pilihan yang tepat untuk mengembangkan potensi yang ada di desa wisata.

Dengan demikian, peluang usaha dan kesempatan kerja bagi warga desa wisata di Sulawesi Selatan bisa terbuka lebar.

“Karena yang akan merasakan manfaat dan kenikmatan dari peningkatan kunjungan wisatawan ke Desa Karst Rammang-Rammang adalah masyarakat itu sendiri.

Pemerintah memfasilitasi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan rakyat,”

dia berkata.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Keuangan dan Operasional PT. SMF, Bonai Subiakto mengatakan, akses pembiayaan ini nantinya akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan pinjaman tanpa agunan mulai dari Rp 80 juta hingga Rp 100 juta dengan jangka waktu pelunasan hingga 10 tahun.

“Jadi disini juga ada pemberdayaan BUMDes untuk membantu masyarakat yang akan menerima bantuan dari kami”,

kata Bonai.

Sementara itu, Wakil Menteri Perindustrian dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani menambahkan, bunga cicilan pembiayaan hanya 3%.

“Nanti bunganya kembali ke BUMDes”,

kata Rizky.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button