Tiket Masuk dan Atraksi SELOMANGLENG GOA - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk dan Atraksi SELOMANGLENG GOA

Harga Tiket Masuk Gua Selomangleng: Rp 3.000 – Rp 4.000 Jam Buka: 24 jam No Telepon: -Alamat: Jalan Selomangleng, Desa Pojok, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur, Indonesia, 64115

Ingin tahu lebih banyak tentang sejarah kota Kediri, maka goa ini bisa menjadi pilihan. Gua yang terletak di sekitar Gunung Klothok ini merupakan salah satu bukti peninggalan kerajaan Kediri. Gua itu bernama Gua Selomangleng. Kompleks gua dengan hiasan pahatan relief ini juga memiliki daya tarik wisata lainnya, yaitu Museum Airlangga.

Tentunya objek wisata ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang sejarah saja, namun wisatawan juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada. Padahal, kompleks goa ini bisa menjadi lokasi foto yang menarik. Selain itu, lingkungan di sekitar gua menawarkan pemandangan yang indah. Ini adalah daya tarik wisata utama.

Harga tiket masuk Gua Selomangleng

Gua Selomangleng adalah sebuah bangunan bersejarah yang menjadi tujuan wisata di Kediri. Untuk rekreasi di gua ini, tiketnya sangat murah. Memang, tiket masuk gua tersebut belum termasuk tiket masuk ke dalamnya. Wisatawan harus membayar biaya tambahan untuk menikmati fasilitas yang ada seperti permainan.

Tiket masuk dan Harga wahana
Jenis tiket Anak Dewasa
Tiket Rp2.000 Rp 4.000
Tiket masuk museum Rp500 Rp1.000
Kolam renang Rp 3.000 Rp 4.000
Wahana seperti Bunny Carriage, Delman, Horse, Toy Cars Rp 2.000 – Rp 15.000
Sepeda Motor – Parkir mobil Rp 5.000 – Rp 7.500

Baca: Tiket Gronjong Wariti Kediri dan Berbagai Wahana Udaranya

Jam Buka Gua Semlomangleng

Kompleks wisata ini memiliki beberapa atraksi lainnya. Padahal, tempat wisata ini buka setiap hari. Namun, beberapa atraksi di tempat ini seperti gua, museum, dan wahana hanya buka hingga sore hari. Biasanya tempat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sekitar pukul 10:00-11:00.

Jam buka
Setiap hari 07.00 – 17.00

Aktivitas Tamasya di Gua Selomangleng

Gua Selomangleng adalah salah satu situs dari zaman kuno. Banyak wisatawan yang berkunjung ke goa ini untuk melihat salah satu bukti peninggalan kerajaan masa lalu. Tidak hanya itu, ada banyak hal menarik di kompleks gua ini. Berikut adalah beberapa

Bahan gua dan jumlah relief

Gua Selomangleng memiliki banyak reliefSalah satu relief di Gua Selomangleng. Foto: Google Maps/A. Kemal. F

Gua Selomangleng terbentuk dari batuan andesit hitam berukuran besar dengan dua pintu masuk. Bahan inilah yang membuat gua ini kedap air. Gua ini juga tertutup, sehingga situasi di dalam gua sangat gelap dan pengap.

Namun, ada patung dengan relief. Ukiran relief di sini sebagian besar adalah hiasan awan, sulur dan ikal. Ada juga bentang alam yang merupakan dekorasi pemandangan alam dan batas pemandangan. Relief-relief ini hanya dapat dilihat dengan bantuan penerangan.

Relief-relief gua terutama menceritakan kisah peradaban Kerajaan di Kediri. Misalnya relief yang berbentuk manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Baca: Tiket dan Aktivitas Air Terjun Dolo Kediri

Tempat untuk spiritual

Gua Selomangleng adalah tempat untuk ritual tertentuGua ini menjadi tempat ritual pada waktu-waktu tertentu. Foto: Google Maps/ Yasin Luis

Gua Selomangleng masih terlihat sangat mistis. Pembakaran dupa masih bisa ditemukan di dalam gua. Selain itu, lantai gua ini masih ditumbuhi bunga sesajen. Hal ini menandakan bahwa goa ini masih sering digunakan untuk kegiatan spiritual.

Kegiatan yang dimaksud seperti meditasi atau ritual pada waktu tertentu. Kegiatan ini dapat berlangsung di dalam atau di luar gua. Orang-orang yang melakukan ritual biasanya mengenakan pakaian khusus yang membawa dupa dan sesaji untuk sesaji.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kediri Sunflower Gardens

Pemandangan alam di sekitar Goa

Lingkungan sekitar Gua SelomanglengArea sekitar goa asri dengan pepohonan hijau yang rindang. Foto: Google Maps/Electro Tobib Muhajir

Gua Selomangleng terletak di lereng gunung, sehingga pemandangan alamnya didominasi oleh pepohonan yang rindang. Hal ini tentu saja menciptakan suasana sejuk dan dingin khas pegunungan. Pemandangan alam dapat dinikmati dari atas gua. Di tempat ini, wisatawan dapat dengan jelas melihat beberapa tempat wisata di sekitar goa.

Selain itu, lingkungan sekitar goa ini juga bisa menjadi tempat olahraga seperti jogging atau bersepeda. Bahkan bisa menjadi spot foto bertema sejarah dan alam.

Baca: Tiket Masuk TOUR ALASKA, Aktivitas dan Fasilitas

Benda bersejarah di museum

Benda Bersejarah Museum AirlanggaArtefak sejarah disimpan di Museum Airlangga dekat Gua Selomangleng. Foto: Google Maps/A. Kemal. F

Wisata sejarah tidak hanya dilakukan dari relief goa tetapi juga melalui museum yang tidak jauh dari goa. Museum tersebut bernama Museum Airlangga. Sebelumnya museum ini terletak di kawasan Pendopo Alun-alun Kediri. Kemudian pindah ke kawasan gua Selomangleng pada tahun 1991.

Museum ini menyimpan beberapa benda purbakala atau artefak dari masa sebelum kerajaan Kediri hingga kerajaan Majapahit. Koleksi benda-benda purbakala cukup lengkap. Namun, sebagian besar artefak yang ada di museum tersebut merupakan peninggalan kerajaan Kediri pada abad ke-11.

Beberapa artefak sejarah tersebut berupa prasasti, makara, yoni, lingga, arca Brahma dan Siwa, fragmen relief, periuk, gerabah, batu jambang dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, benda-benda tersebut masih sangat terawat, bahkan dibersihkan pada waktu-waktu tertentu.

Baca: Tiket dan Kegiatan INDIAN KAMPUNG Kediri

Dulunya Pertapaan Putri Raja

PatungSebuah patung yang diyakini mewakili posisi Putri Mahkota Airlangga telah bertapa di Gua Selomangleng. Foto: Google Maps/A. Kemal. F

Gua Selomangleng merupakan salah satu peninggalan dari zaman Raja Airlangga. Hal ini karena gua ini akan menjadi pertapaan. Berdasarkan cerita rakyat yang beredar di Kediri, Goa yang diyakini dibuat pada abad 10-11 Masehi ini pernah menjadi tempat pertapaan Putri Mahkota Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan.

Putri mahkota disebut Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi). Pertapaan tersebut dibuat oleh sang putri sebagai tindakan penolakan terhadap tahta yang diberikan. Untuk itu, Dewi Kilisuci memilih menjauhi kehidupan duniawi dengan melakukan pertapaan.

Pertapaan tersebut dibuktikan dengan adanya patung seorang putri dalam posisi duduk dengan sikap Tanggaan Syanmudra di tengah goa.

Berbagai wahana permainan

Pengunjung berenang di Kolam Goa SelomanglengSelain melihat gua di sini, ada juga kolam renang. Foto: Google Maps/Prahara Bayu Aji Aji

Sebagai tempat wisata, Gua Selomangleng juga dilengkapi dengan beberapa tempat bermain bagi wisatawan terutama anak-anak. Beberapa permainan di sekitar gua antara lain gerobak kelinci, gerobak, kuda, mobil jarak jauh. Selain itu, ada wahana air yaitu kolam renang. Kolamnya tidak terlalu besar, tapi ada perosotan untuk melengkapi area kolam.

Wisatawan yang ingin bermain air sebaiknya datang pada pagi atau sore hari. Pada siang hari area kolam ini akan sangat panas karena tidak ada penutup di atasnya. Air kolam pasti akan hangat.

Alamat Gua Selomangleng

Wisata goa ini terletak di lereng Gunung Klothok, tepatnya di Jalan Selomangleng, Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115. Tempat wisata ini hanya berjarak ± 15-20 menit dari pusat kota Kediri.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button