10 Wisata Dieng Wonosobo Yang Mempesona dan Jadi andalan, ini dia daftarnya - WisataHits
Jawa Tengah

10 Wisata Dieng Wonosobo Yang Mempesona dan Jadi andalan, ini dia daftarnya

10 Wisata Dieng Wonosobo Yang Mempesona dan Jadi andalan, ini dia daftarnya

Merdeka.com – Wisata Dieng Wonosobo terkenal dengan udaranya yang sejuk dan objek wisata yang beragam. Dataran Tinggi Dieng merupakan dataran tinggi tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 2.093 mdpl.

Dataran Tinggi Dieng merupakan dataran tinggi kedua tertinggi di dunia setelah Nepal dan terbesar di pulau Jawa. Dataran Tinggi Dieng terdiri dari kompleks gunung berapi termasuk Bisma, Seroja, Binem, Pangonan, Merdada, Pangerkandang, Telogo Dringo, Pakuwaja, Kendil, Kunir dan Prambanan.

Artikel media taboola

Pada hari-hari biasa, suhu di Dataran Tinggi Dieng biasanya hanya berkisar 11-18 derajat Celcius. Sedangkan pada musim-musim tertentu suhunya bahkan bisa mencapai titik beku 0 derajat Celcius dan juga sudah -1 derajat Celcius membuat tempat ini menjadi kawasan bersalju. Berikut rekomendasi wisata Dieng Wonosobo yang menawan dan terpercaya:

2 dari 3 halaman

Bukit Sikunir


Wisata Dieng Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Sikunir. Di Bukit Sikunir, pengunjung disuguhkan dengan golden sunrise dengan semburat kemerahan di pagi hari.

Jadi disarankan untuk pergi ke Sikunir saat fajar agar tidak melewatkan momen indah ini. Ada banyak tempat di Bukit Sikunir yang digunakan sebagai Pekerjaan Foto dengan latar belakang matahari terbit.

Untuk mencapai bukit ini, pengunjung harus melakukan perlawanan karena menaiki tangga bukit yang agak tinggi. Udara dingin dan tangga tanah akan sedikit melelahkan, namun pemandangan indah saat berada di puncak akan menghilangkan rasa lelah.

Di kaki bukit, pengunjung dapat mencicipi berbagai makanan khas Dieng dan berbagai cinderamata yang dijual dengan harga terjangkau. Keindahan Sunrise Sikunir terletak di desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di pulau Jawa.

Karena akses jalan cukup mudah, pengunjung dapat berkendara ke dasar bukit dengan kendaraan pribadi sebelum akhirnya mendaki bukit.


Tieng Viewpoint adalah alternatif bagi mereka yang ingin menikmati matahari terbit emas tapi tidak mau mendaki bukit Sikunir. Sudut pandang ini terletak di ketinggian 1789m di atas permukaan laut tepat di atas Desa Tieng, Wonosobo. Tieng Viewpoint menawarkan pemandangan pegunungan Pakuwojo yang dikelilingi oleh perkebunan hijau.


Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah Telaga Varna. Telaga Varna terletak di Kejajar, Wonosobo. Tempat wisata yang satu ini memanjakan mata pengunjung dengan adanya danau kecil yang beraneka warna karena banyaknya kandungan belerang di tempat ini.

Ada juga jembatan kayu kecil di tepi danau yang bisa digunakan sebagai dermaga mandi Pekerjaan foto yang menarik. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat beberapa gua yang memiliki akar sejarah yang kuat bagi masyarakat setempat dan berada dalam satu kompleks dengan Telaga Varna.

Tidak jauh dari Telaga Varna adalah Telaga Pengilon. Jarak antara Telaga Varna dan Telaga Pengilon sangat dekat, bahkan jika mereka terlihat bersama dari beberapa sudut pandang. Baik Telaga Varna maupun Telaga Pengilon merupakan hasil letusan Gunung Prau Tua.

Perbedaan Telaga Varna dan Telaga Pengilon adalah air di Telaga Pengilon berwarna coklat dan tidak mengandung belerang seperti di Telaga Varna.

Dibuat karena aktivitas gunung berapi, Danau Menjer digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Namun karena pemandangannya yang indah, tidak sedikit wisatawan yang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bersantai dan memancing di danau ini sambil melepas penat setelah seharian jalan-jalan.


Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah Gunung Prau. Gunung Prau sendiri, seperti namanya, memiliki bentuk memanjang seperti perahu. Dan puncak gunung ini berada pada ketinggian 2.565 mdpl, sehingga suhu terasa dingin terutama pada malam dan pagi hari.

Di puncak Gunung Prau, pengunjung disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Dari sana, pengunjung bisa melihat awan putih yang menggantung di sekitar gunung hingga pemandangan alam yang menghijau di sekitar lereng Gunung Prau.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi gunung di Jawa Tengah ini adalah menikmati sunset dan sunrise. Dari puncak gunung, pendaki bisa melihat langit jingga atau keemasan saat matahari berada di ufuk. Keindahan lanskap menjadi lebih terasa jika Anda cukup beruntung memiliki cuaca mendung.

3 dari 3 halaman

Kawah Sikidang


Masih di kawasan Gunung Prau, ada baiknya jalan-jalan sebentar ke dalam kawah gunung berapi yang masih aktif di sana. Padahal, ada banyak kawah gunung berapi di gunung tersebut. Namun, kawah Sikidang adalah yang paling banyak dikunjungi. Pastikan untuk memakai masker karena bau belerang cukup kuat dan bisa berbahaya.

Terletak di Desa Kepakisan, pengunjung bisa mampir untuk melihat Kawah Sileri sambil menuju Pemandian Air Panas Bitingan untuk beristirahat. Meski dianggap lebih aktif dan sering meletus dibandingkan Kawah Sikidang, destinasi wisata ini tetap layak untuk dikunjungi.

Petak 9 Dieng adalah sebuah kawasan wisata di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Di kawasan wisata Dieng Wonosobo ini terdapat Bukit Sidengkeng yang menawarkan panorama Telaga Varna dan Telaga Pengilon dari atas.

Untuk sampai ke puncak bukit, pengunjung harus mendaki sekitar 15 menit dari pintu masuk. Petak 9 Dieng juga memiliki berbagai jenis tumbuhan endemik dieng yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan.


Teater Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat yang membekali wisatawan dengan pengetahuan tentang Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengetahui asal usul Dieng dan terbentuknya kawasan ini.

Di dalam Dieng Plateau Theater, pengunjung diajak menonton film tentang Dataran Tinggi Dieng mulai dari sejarah, kondisi geografis hingga budaya.

(mdk/amd)

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button