28 hotel berpartisipasi dalam Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum - WisataHits
Jawa Tengah

28 hotel berpartisipasi dalam Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum

Diversifikasi pangan akan mendukung ketahanan pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 28 hotel di Jawa Tengah dan Yogyakarta mengikuti Festival Kreasi Kuliner Non Beras dan Gandum. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Batik Specta yang diadakan di kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah.

Politisi PDIP yang juga penggagas kegiatan Wiryanti Sukamdani ini mengatakan, dengan menggunakan berbagai jenis pangan yang berbahan baku yang ada di Indonesia akan mengurangi ketergantungan terhadap gandum yang merupakan bahan pangan impor.

“Metode ini akan menjamin kedaulatan pangan Indonesia dimana kita mampu mendukung masyarakat Indonesia dengan berbagai pangan yang tumbuh di Indonesia,” kata Wiryanti Sukamdani dalam siaran persnya, Sabtu (10/1/2022).

Ia mengingatkan, krisis pangan global merupakan isu penting yang mengkhawatirkan para pemimpin dunia saat ini. Krisis iklim dan konflik geopolitik telah melanda sektor pertanian pangan di seluruh dunia, terutama gandum.

Meski Indonesia sudah swasembada beras, Wiryanti mengatakan diversifikasi pangan di Indonesia perlu didorong. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas terpenting dunia (beras dan gandum) dengan tetap menjaga dan menjamin keberlanjutan ketahanan pangan negara.

Wiryati yang juga seorang pelaku bisnis perhotelan menjelaskan, dipilihnya hotel tersebut sebagai peserta karena kulinernya kerap menjadi trendsetter dunia wisata kuliner. Peserta ditantang untuk berkreasi dengan berbagai lauk pauk seperti umbi-umbian, singkong, jagung, sorgum, pisang, sukun, talas dan sagu.

“Bayangkan masakan hotel terbuat dari singkong atau sukun, tapi disajikan dengan kreatif dan nikmat. Masyarakat tentu tidak akan meremehkan bahan makanan Indonesia dan diharapkan ingin melakukan hal yang sama,” kata Wiryanti.

Java Heritage Hotel Semarang terpilih sebagai pemenang pertama festival ini. Juara kedua dan ketiga diraih Hotel Wimarion Semarang dan Hotel Sahid Yogyakarta. Untuk Juara 1 diraih oleh Novotel Hotel Semarang. Sedangkan runner-up diraih oleh Gets Hotel Semarang dan Hotel Pringsewu Semarang di posisi ketiga.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button