Destinasi Wisata Alam Andalan di Jawa Timur, Ini Daftarnya - WisataHits
Jawa Timur

Destinasi Wisata Alam Andalan di Jawa Timur, Ini Daftarnya

Bisnis.comSURABAYA – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memaparkan sejumlah tempat wisata di daerahnya yang sangat diandalkan sebagai bagian dari keindahan alam Indonesia.

“Wisata tidak harus ke luar negeri, tempat wisata di Jawa Timur itu banyak ragamnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Surabaya, Rabu (24/8/2022).

Mengutip polling Majalah Forbes yang diterbitkan pada 22 Februari 2022, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara terindah di dunia, mengalahkan puluhan negara lain.

Indonesia, yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, memiliki skor keindahan alam 7,77 dari 10, menurut survei tersebut.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur setuju dengan hasil polling Majalah Forbes. “Indonesia pantas mendapat predikat negara terindah di dunia,” ujarnya.

Selain itu, mantan Menteri Sosial itu mengajak masyarakat untuk berlibur hanya di Indonesia tanpa harus ke luar negeri.

“Salah satu alasan kita harus sangat bersyukur tinggal di Indonesia adalah kita tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk sembuh. Karena Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menawan, eksotis dan mendunia,” ujarnya.

Khusus di Jawa Timur, Khofifah merekomendasikan tiga tempat wisata utama yaitu Gunung Bromo yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Malang, Kawah Ijen di Banyuwangi dan Pulau Gili Iyang, Sumenep.

“Di Gunung Bromo kita bisa menikmati pemandangan alam berupa Kawah Bromo yang diberkahi dengan kawasan pegunungan dan perbukitan serta kawasan sabana yang indah,” ujarnya.

Begitu juga dengan destinasi wisata Kawah Ijen yang memiliki manfaat fenomena Blue Fire yang diyakini satu-satunya di dunia.

Pulau Gili Iyang tidak hanya memukau dengan keindahan alamnya yang mempesona, tetapi juga terpilih sebagai tempat dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia, setelah Laut Mati di Yordania.

“Jadi selain menikmati keindahan pantai yang indah, berwisata di Gili Iyang juga dijamin sehat karena kadar oksigennya termasuk yang terbaik di dunia,” ujarnya.

Gubernur Khofifah menegaskan, pembenahan dan pengembangan kawasan wisata di Bromo Tengger Semeru dan Kawah Ijen masih terus dilakukan. “Kedua kawasan wisata itu masuk dalam program percepatan pembangunan ekonomi Jawa Timur sebagaimana diatur dalam Perpres No 80/2019 sebagai proyek strategis nasional,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: surabaya.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button