Dompet Dhuafa Rayakan Budaya Nusantara dan Tandatangani Nota Kesepahaman Pembangunan Bersama Desa Wisata OK OCE - WisataHits
Jawa Tengah

Dompet Dhuafa Rayakan Budaya Nusantara dan Tandatangani Nota Kesepahaman Pembangunan Bersama Desa Wisata OK OCE

BOGOR, JAWA BARAT – Untuk memeriahkan dan mengisi perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dompet Dhuafa menggelar “Festival Budaya Nusantara” bersama Desa Jampang Silat dan Sanggar Suluk Nusantara pada Sabtu (27/822). Acara yang bertempat di Aula Masjid Al Madinah kawasan pemberdayaan berbasis Wakaf Zona Madinah ini berlangsung meriah. Para musisi dari Sanggar Budaya Suluk Nusantara yang diselingi Goro-Goro Punokawan membuka acara tersebut. Kemudian dilanjutkan atraksi silat dari Kampung Silat Jampang dan penampilan puisi oleh masyarakat Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa menjadi tuan rumah bersama Kampung Silat Jampang dan Sanggar Suluk Nusantara
Dompet Dhuafa menggelar “Festival Budaya Nusantara” bersama Kampung Silat Jampang dan Sanggar Suluk Nusantara pada Sabtu (27/822) (Dok. Dompet Dhuafa)

Hadir dalam kesempatan tersebut penggagas dan Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa, serta pelatih Suluk Nusantara yaitu Parni Hadi, Founder dan Chairman Oke Oce Indonesia Prof. Indra Cahya Uno, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika , Rahmad Riyadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor, Deni Humaedi, Camat Kemang, Rameni Kabupaten Bogor, Kepala Desa Jampang, Wawan Hermawan dan banyak lainnya datang untuk merayakannya.

Keanekaragaman budaya yang dihadirkan dalam Festival Budaya Nusantara merupakan simbol pluralisme Indonesia. Perpaduan budaya Jawa, Sunda, dan Betawi yang ditampilkan merepresentasikan Dompet Dhuafa sebagai lembaga Rahmatan lil Alamin. Selain itu, acara tersebut juga menghubungkan semangat budaya dari berbagai elemen masyarakat. Karena anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua dipecah-pecah untuk menghadirkan keragaman budaya bangsa. Semua bersatu sebagai putra dan putri bangsa, bangga dengan budayanya.

Dompet Dhuafa merayakan budaya Nusantara
Dompet Dhuafa Rayakan Budaya Nusantara (Doc Dompet Dhuafa)

“Saya ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Budaya Nusantara Dompet Dhuafa. Kemudian ada penandatanganan MoU antara Dompet Dhuafa dan OK OCE tentang pengembangan desa wisata dan UMKM. Dalam hal ini, budaya adalah kuncinya. Agar keragaman budaya bangsa tidak hilang melalui globalisasi dan modernisasi. Selain itu, wisata budaya diharapkan dapat membawa manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat. Mari bersama-sama menjaga dan mengelola budaya. Budaya nusantara lestari, ekonomi bangkit,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia, dalam sambutannya melalui video.

Penandatanganan MoU antara Dompet Dhuafa dan OK OCE tentang pengembangan desa wisata dan UMKM pada Festival Budaya Nusantara, Sabtu (27/822)
Penandatanganan MoU Dompet Dhuafa dan OK OCE tentang pengembangan desa wisata dan UMKM pada Festival Budaya Nusantara, Sabtu (27/822) (Dok. Dompet Dhuafa)

Senada dengan Sandiaga Uno, Parni Hadi selaku penggagas dan ketua wali Yayasan Dompet Dhuafa Republika juga antusias dengan upaya peduli budaya bangsa. Di sela-sela penampilan para pengisi acara di Festival Budaya Nusantara, Parni Hadi membuat semua yang hadir kegirangan.

“Inilah Indonesia yang saya cita-citakan. Saya senang dan bersyukur hari ini. Mari menjadi modern dan canggih. Merdeka!” ujarnya di hadapan ratusan pekerja budaya dan tamu undangan.

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button