10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Barat (NTB) - WisataHits
wisatahits

10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Barat (NTB)

10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Barat (NTB)

Ini adalah rekomendasi indah dari pulau di Pulau Nusa Tenggara Barat (MEMILIKI). Atraksi paling indah, eksotis dan menarik untuk dijelajahi untuk liburan yang seru dan menyenangkan.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan gugusan pulau yang sangat indah dan menarik untuk diekspor. Sama halnya dengan Indonesia bagian timur, tepatnya NTB yang memiliki deretan pulau terindah yang tidak boleh dilewatkan. Menghabiskan liburan di tempat ini pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan dan pesona alam yang luar biasa. Berikut deretan pulau eksotis di Nusa Tenggara Barat yang bisa Anda pilih selama berlibur.

1.Pulau Lombok

Pulau Lombok, Nusa Tenggara BaratFoto: Google Maps/Charly Brown

Diklaim sebagai pulau utama kawasan Nusa Tenggara Barat yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Pasalnya, pulau ini dikaruniai keindahan alam yang luar biasa sehingga menjadi destinasi liburan terbaik. Anda juga bisa sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota dengan pulau Lombok yang agak sepi.

Pulau ini memiliki tujuan wisata utama yang menarik untuk ekspor yaitu pantai. Pantai di kawasan ini memiliki air berwarna biru jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Namun, beberapa pantai mengklaim sebagai Kutanya Lombok karena cukup ramai dan cocok untuk olahraga air.

Tak hanya unggul di sektor wisata bahari, Lombok juga memiliki salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Rinjani memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga mampu menarik minat banyak pendaki dan pecinta alam untuk datang ke negeri ini. Bagi para pendaki Indonesia tentunya mengetahui kondisi alam Rinjani dan oleh karena itu sangat tertarik untuk menaklukkannya.

Biaya kunjungan: Dari Rp 500.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lombok, Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Pulau Bima

Pulau Bima, Nusa Tenggara BaratFoto: Google Maps/Nyoman Sutapa

Pulau Nusa Tenggara Barat yang indah ini dianggap sebagai salah satu pulau terbesar. Anda bisa menikmati kondisi alam Bima karena suguhannya yang menawan. Selain itu, wisatawan dari kota besar atau provinsi bisa bersantai di pulau ini. itu karena suasananya yang tenang, sunyi dan jauh dari keramaian.

Tentu tidak lengkap jika tidak membahas kondisi alam yang dihadirkan di pulau ini. Wisatawan yang datang bisa mengunjungi beberapa pantai yang masih asri dan cukup tenang. Di tempat ini pengunjung seakan memiliki pulau pribadi yang hanya bisa dinikmati oleh beberapa orang, sehingga Anda bisa menghilangkan stres dan mendapatkan suntikan energi baru.

Biaya kunjungan: Dari Rp 500.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

3. Pulau Sumbawa

Pulau SumbawaFoto: Instagram/Lombok, Sumbawa, Sumba, dll.

Kajian NTB tentu tidak lengkap jika tidak membahas Pulau Sumbawa yang diklaim sebagai pulau terbesar kedua. Memiliki luas sekitar 15.000 km2, sehingga sangat cocok bagi yang ingin menjelajahinya. Uniknya, pulau ini memiliki salah satu kawasan yang tercatat sebagai pulau terpadat di dunia, yaitu Pulau Bungin dengan kepadatan 1500 orang per kmĀ².

Selain memiliki keunikan pada masyarakatnya, Pulau Sumbawa juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Anda akan dapat menikmati destinasi wisata bahari dengan panorama yang sangat beragam dan tidak biasa. Air laut yang terlayani dan garis pantai yang indah adalah beberapa pemandangan yang tidak akan ditemukan di kawasan pantai mana pun.

Tak hanya unggul dalam wisata bahari, pulau terbesar kedua di NTB ini juga memiliki gunung api aktif yang megah. Gunung Tambora diklaim masih aktif dan kokoh di Pulau Sumbawa. Anda bisa mendakinya untuk menikmati sensasi mendaki di Nusa Tenggara Barat yang cukup sulit. Wisata ini tentunya tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta gunung.

Biaya kunjungan: Dari Rp 500.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Ongko, Kec. Telaga, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

4. Pulau Gili Trawangan

Pulau Gili TrawanganFoto: Google Maps/Monica Hung

Berbicara mengenai Indonesia bagian timur tentunya tidak lepas dari Gili Trawangan yang sangat indah dan eksotik. Wisata ini sudah dikenal banyak orang bahkan dari mancanegara, sehingga tidak heran jika tempat ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Bagi yang ingin ke pulau ini, Anda bisa langsung mengunjungi lepas pantai Senggigi di Lombok.

Karena letaknya di lepas Senggigi, setiap pengunjung yang ingin menikmati pulau ini harus melewatinya. Anda hanya perlu membeli tiket seharga sekitar 10.000 rupee untuk sampai ke pulau yang sangat indah ini. Setelah itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai yang dilengkapi dengan ayunan ikonik ini.

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wisata bahari Lombok yang wajib dikunjungi baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun, pengunjung justru lebih banyak melihat wisatawan mancanegara menghabiskan waktu di tempat ini. Oleh karena itu, pulau ini sering dijadikan tempat untuk mengadakan acara-acara yang sangat mewah.

Biaya kunjungan: Dari Rp 480.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

5. Pulau Gili Air

Pulau Gili AirFoto: Google Maps/H20 Spa

Letaknya tidak jauh, bahkan bisa dibilang bersebelahan dengan Gili Trawangan, namun pulau ini memiliki suasana yang jauh berbeda. Anda tidak akan melihat atraksi atau acara apa pun di lokasi ini, Anda bahkan tidak akan melihat keramaian di sekitar. Oleh karena itu, Gili Air merupakan salah satu pulau yang cocok bagi Anda yang mencari ketenangan.

Suasananya yang jauh lebih tenang banyak dicari oleh warga kota yang lelah dengan rutinitasnya. Anda bisa menyendiri sambil menikmati panorama yang disajikan oleh alam NTB yang bisa diabadikan dengan kamera terbaik yang Anda miliki. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki resort mewah yang bisa dipesan sebagai tempat menginap dan bersantai.

Biaya kunjungan: Dari Rp 350.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

6. Pulau Gili Meno

Pulau Gili Meno, Nusa Tenggara BaratFoto: Instagram/Agnieszka

Menjadi salah satu pulau yang bisa Anda kunjungi dari laut lepas Pulau Senggigi di Lombok. Melihat alamat lengkapnya, kita bisa melihat bahwa pulau ini berada di kawasan yang berdekatan dengan dua tanggul sebelumnya. Anda hanya perlu membeli tiket penyeberangan dengan harga sekitar 8000 rupiah untuk bisa sampai ke tempat yang indah ini.

Pulau ini memang cukup asing di telinga masyarakat sehingga tergolong perawan bagi wisatawan. Pengunjung yang berwisata ke Gili Meno dapat menikmati kawasan cantik ini sebagai pulau pribadi. Dengan cara ini Anda bisa snorkeling dan menyelam dengan sangat leluasa, karena wilayah perairannya luas dan sepi pengunjung.

Biaya kunjungan: Dari Rp 50.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

7. Pulau Gili Nanggu

Pulau Gili Nanggu, Nusa Tenggara BaratFoto: Google Maps/Urs Dreyer

Salah satu destinasi wisata yang belum terlalu banyak didatangi wisatawan adalah Gili Nanggu. Pulau kecil ini terletak di lepas Cemare di pulau Lombok dengan transportasi feri yang cukup mahal. Anda perlu menyewa perahu untuk menuju tempat ini, harganya cukup mahal, sekitar 200-450 ribu rupiah.

Namun, biaya tersebut tidak menjadi masalah untuk menikmati pulau tak berpenghuni yang masih sangat asri. Dijamin pengunjung tidak akan kecewa karena kawasan ini memiliki air laut yang jernih. Anda bisa snorkeling dan menyelam untuk melihat dengan mata kepala sendiri biota laut yang terdiri dari berbagai spesies dan sangat indah.

Biaya kunjungan: Dari Rp 350.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

8. Pulau Gili Kedis

Pulau Gili Kedis, Nusa Tenggara BaratFoto: Google Maps/Mariana Hamui

Pulau kecil selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Lombok adalah Gili Kedis. Gili ini letaknya berdekatan dengan Gili Nanggu, sehingga sarana transportasi yang digunakan tidak jauh berbeda. Biaya yang dikeluarkan memang cukup tinggi, namun akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan kepada wisatawan.

Anda akan menikmati pulau kecil tak berpenghuni ini dengan kebebasan penuh, karena hanya sedikit pengunjung yang datang ke tempat ini. Tak heran jika pulau kecil ini dijadikan tempat snorkeling favorit wisatawan di NTB. Anda bisa melihat keindahan biota laut di bawah air laut yang jernih dengan sangat leluasa, karena hanya sedikit orang yang melakukan hal yang sama.

Biaya kunjungan: Dari Rp 200.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sekotong Tengah, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

9. Pulau Gili Tangkong

Pulau Gili Tangkong, Nusa Tenggara BaratFoto: Google Maps/Ririn Ambar

Salah satu pulau yang tak kalah menarik untuk dijelajahi di NTB, yakni Gili Tangkong. Lokasi pulau kecil ini berada di lepas pantai Pelabuhan Tawun yang cukup terkenal di Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini tidak jauh dari pulau Lombok, sehingga Anda bisa sampai di sana dengan menyewa perahu sekitar 200-450 ribu rupiah.

Pulau dengan air laut yang jernih ini menawarkan aktivitas yang sangat mengasyikkan. Wisatawan dapat menikmati pengalaman menyelam yang tak terlupakan karena biota laut yang bervariasi. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling perairan, sehingga wisatawan bisa lebih leluasa menikmati keindahan pulau.

Biaya kunjungan: Dari Rp 200.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sekotong Tengah, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

10. Pulau Gili Layar

Pulau Gili Layar, Nusa Tenggara BaratFoto: Google Maps/Harry Subagyo

Yuk lanjut ke pulau terindah terakhir di Nusa Tenggara Barat yang tidak boleh kamu lewatkan. Pulau kecil ini disebut Gili Layar karena letaknya di lepas pelabuhan Nambung. Dari pantai, Anda harus menyeberang dengan perahu yang bisa disewa mulai dari 200 hingga 450 ribu rupee dan dapat menampung beberapa penumpang.

Daya tarik utama yang ditawarkan kepada wisatawan adalah keindahan alam pulau ini yang dapat memanjakan mata. Tak hanya itu, keindahan terumbu karang di bawah laut juga mampu menarik pengunjung. Hal inilah yang menjadi alasan wisatawan berduyun-duyun ke Gili Layar, meski harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Biaya kunjungan: Dari Rp 200.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pelalang, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Gugusan pulau timur Indonesia ini memang terkenal dengan keindahan pantainya. Begitu juga dengan Nusa Tenggara Barat yang memiliki rangkaian pulau eksotik dengan kekayaan biota laut dan keindahan bawah laut yang menawan. Pastinya pengunjung tidak akan kecewa setelah melakukan perjalanan jauh, karena wisata bahari dan keagungan pegunungan aktif bisa dinikmati dengan leluasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button