Desa-desa di Yogya meraih predikat desa wisata ramah pengemudi - WisataHits
Yogyakarta

Desa-desa di Yogya meraih predikat desa wisata ramah pengemudi

Program ini mengajak komunitas sepeda motor untuk pergi ke desa wisata

YOGYAKARTA – Untuk mendongkrak perekonomian pedesaan, Adira Finance menyelenggarakan “Eksplorasi Desa Wisata Ramah Berkendara”. Kali ini kegiatan yang merupakan bagian dari Local Creative Festival berlangsung di Desa Rejowinangun, Yogyakarta.


Swandajani Gunadi, Direktur Pemasaran Adira Finance, mengatakan dalam kesempatan tersebut Adira Finance juga memberikan predikat “Desa Wisata Ramah Berkendara” kepada Desa Rejowinangun.

Gulir ke bawah untuk membaca lebih lanjut


“Rejowinangun dipilih sebagai salah satu desa wisata ramah pengemudi karena memenuhi kriteria pendukung, yang meliputi infrastruktur seperti jalan beraspal, lampu lalu lintas, SPBU, bengkel, sumber daya manusia termasuk pelaku industri kreatif, pemandu wisata dan pemandu, serta sebagai ekosistem pariwisata, baik daya tarik wisata, akomodasi maupun fasilitas lainnya,” kata Swandajani Gunadi dalam keterangan pers, Minggu (9/11/2022).


Program Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara sendiri merupakan kegiatan yang mengajak komunitas sepeda motor untuk berwisata atau berkendara ke desa wisata untuk mempromosikan potensi wisata dan industri kreatif di desa wisata. Sehingga nantinya sektor ekonomi, sosial dan lingkungan dapat tumbuh dan berkembang serta menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan lokal khususnya pengguna kendaraan bermotor.


Sejumlah desa lain yang terpilih dalam program ini adalah Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.


“Kami melihat jarak tempuh saat ini relatif lebih pendek, dimana masyarakat mencari destinasi wisata yang tidak jauh dari rumah dan dapat dengan mudah dikunjungi dengan mobil atau motor. Oleh karena itu, dalam program tahun ini, bersama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, kami telah memilih lima desa wisata yang memenuhi kriteria sebagai desa ramah pengemudi untuk wilayah Jawa dan Bali,” katanya.


Dalam program yang akan berlangsung pada bulan Agustus hingga November 2022 ini, komunitas sepeda motor peserta kegiatan Driving Friendly Tour akan mendapatkan manfaat dari paket wisata yang ditawarkan di setiap lokasi Desa Wisata dan mendapatkan hadiah sebesar Puluhan Juta Rupiah dari Adira Finance dengan keikutsertaan dalam lomba membuat video kreatif tentang perjalanan mereka selama kegiatan.


Melalui pelaksanaan program ini, Adira berharap dapat mengajak komunitas sepeda motor di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program ini agar dapat terlibat dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM dan pelaku usaha di sektor pariwisata dan industri kreatif Indonesia.

Source: www.harianaceh.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button