10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Timur (NTT) - WisataHits
wisatahits

10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Timur (NTT)

10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Selain pulau-pulau indah di kawasan Taman Nasional Komodo, masih ada beberapa pulau terindah di Nusa Tenggara Timur yang tidak boleh Anda lewatkan untuk liburan yang menyenangkan.

Banyak wisatawan yang tertarik ke NTT karena keindahan Pulau Komodo dan kelestarian lingkungan alamnya. Salah satu provinsi di Nusa Tenggara ini dikaruniai gugusan pulau yang sangat indah dan eksotik sehingga layak untuk ditelusuri lebih jauh. Anda akan disuguhi pulau yang menakjubkan dengan keindahan alam yang luar biasa. Berikut rekomendasi pulau-pulau terbaik di Nusa Tenggara Timur yang bisa Anda pilih selama liburan.

1. Pulau Kanawa

Pulau KanawaFoto oleh Dionhinchcliffe di Flickr

Pulau cantik di timur Indonesia ini memiliki luas sekitar 32 hektar. Untuk menuju pulau ini, Anda harus menempuh jarak 15 km dari Labuan Bajo melalui jalur darat. Waktu tempuh yang terlalu lama memungkinkan wisatawan untuk segera menikmati keindahan wisata bahari Pulau Kanawa dengan senang hati.

Kegiatan yang ditawarkan adalah snorkeling atau diving untuk menikmati biota laut yang terdapat di sana. Mulai dari Manta Ray, Whale Shark, Parrot Fish dan Mola Mola bisa Anda jumpai dengan kasat mata. Belum lagi berbagai jenis kuda laut salah satunya kerdil dan ada juga nudilbranch menarik yang bisa kamu jelajahi lebih dalam.

Berlibur ke tempat yang sangat indah seperti ini tentu tidak lengkap jika hanya bermalam disana. Anda bisa memanfaatkannya selama beberapa hari untuk menikmati pantai dan terumbu karang yang memiliki banyak pesona. Ada 14 bungalow di kaki bukit berbatu dengan langit yang terbenam dan air laut yang jernih di depannya.

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

2. Pulau Pangabatang

Pulau PangabatangKredit gambar: Twitter indrayanilaksmi

Diklaim sebagai salah satu pulau NTT yang tak berpenghuni dan tak tersentuh, suasananya sangat tenang. Anda akan disuguhi pantai yang tenang dengan semilir angin sepoi-sepoi dan ombak yang mengiringi. Berlibur di tempat ini tentunya akan menjadi salah satu momen istimewa yang kondusif untuk relaksasi atau melarikan diri dari hiruk pikuk kota.

Anda akan merasa seperti dibawa ke pulau pribadi, karena tidak banyak orang yang tahu tentang Pulau Pangabatang. Selain sepi, pulau ini juga merupakan surga tersembunyi di Teluk Maumere, sehingga wisatawan akan disuguhi beberapa pantai yang sangat indah. Daya tarik utamanya adalah pasir putih dan air lautnya yang jernih.

Pantai yang jernih ini mampu menarik minat siapa saja untuk langsung terjun. Bagi yang tidak bisa berenang, Anda bisa berjalan ke tengah pantai karena air lautnya landai. Kegiatan ini memungkinkan wisatawan untuk melihat ikan-ikan cantik sambil berjalan mengitari kaki yang memisahkan air dari pantai.

Biaya kunjungan: Dari Rp 50.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Parumaan, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur.

3. Pulau Koja Doi

Pulau Kojo DoiKredit Gambar: Instagram daniel_dhani

Menjadi salah satu pulau yang tidak boleh dilewatkan karena memiliki karakter unik yang tidak ada di pulau lain. Pasalnya, pulau ini tidak dikelilingi oleh pulau-pulau terdekat lainnya dalam jarak yang cukup jauh. Anda harus menempuh jarak sekitar 28 km dari pusat Kota Maumere dengan menggunakan kendaraan darat, sehingga memakan waktu cukup lama.

Lokasi persisnya berada di utara Laut Flores, jadi jaraknya cukup jauh dari kedua pulau yang sudah dijelaskan tadi. Namun, Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan di kawasan ini karena dianggap sebagai tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Anda dapat dengan jelas melihat bias jingga di langit saat matahari akan beristirahat.

Biaya kunjungan: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kojadoi, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur.

4. Pulau pemanas

Pulau pemanasKredit gambar: Facebook Abel. Therik

Jika sebelumnya merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset, kali ini Anda berhak mendapatkan spot sunrise terbaik. Pemamana adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari yang tampak malu-malu di pagi hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pukul 12:00 dan kembali ke kota Maumere pada pukul 18:00.

Jika ingin berlibur lebih lama di tempat ini, Anda bisa menginap di rumah penduduk setempat. Hal ini disebabkan kurangnya akomodasi yang tersedia bagi pengunjung. setelah bermalam, keesokan harinya anda bisa menikmati sajian langit pagi yang indah karena rona kuning dari matahari terbit.

Daya tarik utama tempat ini adalah tempat yang menarik untuk snorkeling dan melihat kekayaan biota yang dikandungnya. Oleh karena itu, setiap wisatawan harus membawa perlengkapan menyelamnya saat berkunjung ke pulau ini. Anda bisa snorkeling di beberapa spot menarik dan berfoto selfie dengan ikan-ikan yang berenang di Laut Pemana.

Biaya kunjungan: Dari Rp 50.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Peman, Kec. Alok, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur.

5. Pulau Monyet

pulau monyetKredit gambar: Twitter manda_ab

Tak perlu khawatir membaca namanya, karena pantai ini tidak dikelilingi monyet. Pulau ini sebenarnya termasuk dalam rangkaian pulau indah nan eksotis di sebelah timur Nusa Tenggara. Keindahan yang ditawarkan Monkey Island adalah pasir putihnya yang halus seperti salju. Bahkan, wisatawan bisa melihatnya dari jauh atau di seberang lautan.

Daya tarik lain yang disuguhkan kepada wisatawan adalah air laut yang tenang dan jernih. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat berenang dengan sangat bebas bahkan menyelam. Arus yang tidak terlalu kencang memungkinkan untuk melihat kekayaan biota dengan nyaman bahkan memotretnya dari dekat.

Biaya kunjungan: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Uiasa, Kec. Semau, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

6. Pulau Meko

Pantai atau Pulau MekoKredit Gambar: Instagram Fiona. Callaghan

Pulau Meko menempati deretan pulau terindah di NTT, tepatnya Pulau Flores. Anda dapat melakukan perjalanan langsung dari Maumere dengan kendaraan darat menuju kota Larantuka. Dari kota ini, wisatawan cukup menyewa perahu dari penduduk setempat untuk menuju Pulau Meko atau ke pulau-pulau kecil yang mengelilinginya yang tak kalah indahnya.

Setelah menempuh jarak yang cukup jauh, tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Daya tarik utama pulau ini adalah pasir putihnya yang sangat halus dan tidak ditumbuhi pepohonan. Anda juga tidak akan menemukan bebatuan yang biasanya terbawa ombak ke pantai.

Biaya kunjungan: Dari Rp 400.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Witihama, Kab. Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

7. Pulau Gili Dasami

Pulau Gili DasamiKredit Gambar: royalexplorersclub Instagram

Beberapa orang belum pernah melihat komodo di Taman Nasional Komodo. Habitat aslinya memungkinkan reptil unik ini hidup dengan baik dan populasinya meningkat tajam. Oleh karena itu, sedikit orang yang mengetahui bahwa ada pulau lain yang juga secara alami dihuni oleh komodo dan populasinya tidak kalah melimpah.

Pulau Gili Dasami merupakan salah satu pulau tempat hidup komodo, sehingga kondisi alamnya sesuai dengan habitat reptil ini. Itu salah satu daya tarik pulau kecil ini, sehingga sedikit orang yang berani ke sana. Meski kecil, ternyata Gili Dasami termasuk dalam gugusan pulau Sunda kecil yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo.

Biaya kunjungan: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

8. Pulau Bidadari

pulau malaikatFoto oleh Jorge Lascar di Flickr

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan Nusa Tenggara Timur jika tidak menyebut pulau yang satu ini. Pulau Bidadari dianggap sebagai salah satu surga yang akan dikunjungi oleh pecinta wisata bahari. Pasalnya, pulau ini menjadi primadona kekayaan hayati dan biota laut yang bisa Anda nikmati saat menyelam di sana.

Penyelam bisa menggunakan perlengkapan lengkap atau sekedar snorkeling untuk melihat taman laut secara langsung. Anda akan disuguhi berbagai jenis ikan hias yang sangat cantik dan tentunya terumbu karang. Primadona wisata bahari di NTT ini mampu menghipnotis seluruh wisatawan yang datang ke Pulau Bidadari.

Biaya kunjungan: Dari Rp 155.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

9. Pulau Kepa

Pulau KepaKredit gambar: Facebook Beritadarialor

Bagi warga Indonesia yang lelah dengan hiruk pikuk kota, bisa berkunjung ke Pulau Kepa. Anda akan menikmati ketenangan dan keindahan alam yang luar biasa, seperti pasir putih yang lembut dan laut yang tenang. Ketenangan ini bisa Anda dapatkan dengan menempuh jalur laut sekitar 10 menit dari dermaga Alor Kecil.

Seperti menjauh dari keramaian, Pulau Kepa adalah salah satu tempat yang dilupakan dunia. Anda tidak akan menemukan kemajuan zaman di tempat ini, yang ada hanyalah keindahan laut yang luar biasa, termasuk taman laut yang sangat indah di kawasan Taman Laut Pearl Bay yang dianggap sebagai taman terindah di dunia.

Biaya kunjungan: Dari Rp 15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Alor Kecil, Kec. Barat Laut Alor, Kab. Nah, Nusa Tenggara Timur.

10. Pulau Kambing

Pulau KambingKredit gambar: Akun Instagram. Sese

Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, namun nyatanya dianggap sebagai pantai terkecil. Kawasannya tidak terlalu luas, namun keindahan alamnya mampu memukau wisatawan. Di tempat ini pengunjung hanya akan melihat bukit-bukit tinggi lurus dan karang warna-warni menghiasi laut.

Daya tarik yang bisa menarik wisatawan adalah hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru. Pantai yang cukup sepi ini mampu menarik wisatawan untuk berenang, menyelam, atau snorkeling. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendaki bukit untuk mendapatkan pemandangan luar biasa dan mengabadikannya dalam potret foto.

Biaya kunjungan: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan Taman Nasional Komodo, namun banyak yang tidak mengetahui bahwa kawasan lindung ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Di luar itu, NTT juga memiliki beberapa pulau cantik yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda akan disuguhi berbagai keindahan alam dan kekayaan hayati yang dapat dieksplorasi lebih dalam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button