TAMAN CEMPAKA Wisata ekonomi di pepohonan rimbun - WisataHits
wisatahits

TAMAN CEMPAKA Wisata ekonomi di pepohonan rimbun

Harga tiket masuk Taman Cempaka : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jl.Setu Cipayung Jl.Rawa Lindung No.146, RW.4, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, 13870.

Taman Cempaka merupakan salah satu taman yang bisa menjadi tujuan wisata gratis bagi masyarakat di Jakarta Timur. Taman yang dinaungi oleh rimbunnya pepohonan menyegarkan suasana. Apalagi fasilitas yang disediakan juga cukup memadai.

Taman ini berdiri di atas lahan seluas 64 hektar. Lokasi taman ini dekat dengan pemukiman penduduk, sehingga mudah diakses oleh warga yang ingin berkunjung. Apalagi di taman ini juga terdapat danau buatan yang sangat luas yang berfungsi sebagai arena pemancingan. Taman ini juga menjadi tempat favorit untuk berolahraga dan bermain bersama keluarga.

Harga tiket masuk Taman Cempaka

Untuk bisa masuk ke Taman Cempaka, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Karena taman ini berada di bawah pengelolaan pemerintah DKI Jakarta sebagai fasilitas kota. Biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk parkir dan pembelian snack di taman.

Biaya masuk
Tiket masuk Untuk membebaskan

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Taman Kota di Jakarta

Jam Taman

Taman Cempaka buka setiap hari tanpa batas waktu. Pengunjung yang ingin berolahraga di pagi hari bisa datang pada pagi hari mulai pukul 07:00 WIB hingga 10:00 WIB. Saat udara tidak terlalu panas dan sejuknya udara pagi masih terasa di taman.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Aktivitas seru di Taman Cempaka

Berolahraga di Taman CempakaPengunjung bisa berolahraga di pagi hari. Foto: Google Maps/Muhamda Tohir

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Taman Cempaka. Kegiatan tersebut antara lain memancing, berolahraga, piknik, berfoto atau bermain di taman bermain anak. Selain itu, di taman ini sering dilakukan kegiatan pertemuan atau muncul di sini. Hanya bermodalkan tikar dan bekal makanan dari rumah, Anda bisa tetap bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman.

Bagi yang ingin berolahraga, pengelola taman menyediakan lintasan lari yang nyaman. Olahraga yang bisa dilakukan selain lari adalah senam bersama. Permukaan yang besar memungkinkan untuk menampung sejumlah besar peserta senam.

Selain itu, peserta juga bisa melakukan olahraga lain seperti Zumba atau peregangan. Pilih lokasi di bawah pohon agar tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan lupa membawa air minum agar tidak dehidrasi setelah berolahraga.

Memancing di Danau Taman Cempaka

Memancing di danau taman CempakaPengunjung bisa melakukan aktivitas memancing di danau yang berada di tengah taman. Foto: Google Maps/Indah Novianti

Fasilitas lain yang tak kalah menarik adalah danau pemancingan. Untuk penggemar memancing, Anda bisa melakukannya di sini. Mancing sambil duduk di bawah pohon yang rindang dan bersilaturahmi sambil minum kopi memang menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan agar Anda tidak perlu khawatir meninggalkan alat pancing Anda.

Jenis ikan yang ada di danau ini adalah mujair dan bawal. Benih ikan yang dimasukkan ke danau pada tahun 2017 sebanyak 1000 buah. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu berebut hasil tangkapan ikan.

Piknik

Kunjungan ke Taman Cempaka tidak lengkap tanpa piknik. Banyak sekali area yang bisa digunakan untuk menggelar karpet. Jangan lupa membawa makanan dari rumah untuk menambah suasana piknik.

Selain piknik, arisan juga sering dilakukan di sini. Karena tidak perlu membayar tiket masuk, cukup memudahkan bagi yang ingin bersosialisasi. Pilih lokasi yang teduh dan asri agar acara berjalan lancar.

Mengambil gambar

Di Taman Cempaka terdapat beberapa zona foto yang menarik. Salah satunya adalah di antara rimbunnya pepohonan. Berpose seolah-olah Anda berada di hutan. Kemudian, pinggir danau juga sering menjadi pilihan area foto yang sangat bagus.

Selain itu, pengunjung bisa menunjukkan keceriaannya dengan berfoto di taman bermain anak. Berpakaian seperti sedang bermain sungguhan agar hasil foto terlihat natural.

Berjalan-jalan di taman dan area bermain anak-anak

Tempat bermain anak di Taman Cempaka, Jakarta TimurAnak-anak dapat bermain di taman bermain anak-anak. Foto: Google Maps/Ella Hannan

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di taman. Nikmati panorama pepohonan, danau, dan langit cerah bersama teman atau keluarga. Kemudian, jika Anda bosan berkeliaran, nikmati terus area bermain anak-anak di sini. Meski namanya taman bermain anak, orang dewasa juga bisa menggunakan beberapa wahana yang ada di sini. Perhatikan berat badan dan bentuk tubuh agar tidak mencederai diri saat bermain.

Fasilitas Taman Cempaka

Dari segi perlengkapan, pihak pengelola taman sudah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain lintasan lari di danau buatan, tempat bermain anak, toilet, mushola, tempat sampah, gazebo, bangku taman, dan tempat parkir.

Pengelola berharap agar pengunjung dapat menjaga fasilitas yang ada. Selain itu, ada himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini perlu mendapat perhatian agar fasilitas disini dapat terjaga untuk kenyamanan bersama.

Lokasi Taman Cempaka

Taman Cempaka terletak di sebelah timur Jakarta, tepatnya di kawasan Cipayung. Lokasinya mudah diakses oleh semua orang, jika menggunakan kendaraan umum bisa memilih bus Transjakarta jurusan Pinang Ranti. Kemudian turun di halte bus Garuda Taman Mini. Kemudian lanjutkan naik bus T01 di seberang halte. Terakhir, turun di kantor desa Cipayung Baru dan jalan kaki sejauh 1 kilometer untuk sampai ke taman ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button