Yogyakarta menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum, dua agenda utama disiapkan - WisataHits
Yogyakarta

Yogyakarta menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum, dua agenda utama disiapkan

TEMPO.CO, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memulai persiapan event Asean Tourism Forum (ATF) yang akan diselenggarakan pada 2-5 Februari 2023. Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, acara yang diikuti peserta dari 10 negara ASEAN dan lima negara undangan itu salah satu yang disiapkan yakni supporting event.

“Ada acara inti dan sampingan yang mulai dibahas dan disiapkan,” kata Singgih, Selasa, 29 November 2022.

Singgih menjelaskan, ada dua agenda utama dalam acara tersebut. Agenda pertama adalah pertemuan menteri atau pertemuan menteri pariwisata dari 10 negara ASEAN dan menteri pariwisata dari lima negara undangan seperti China, Korea Selatan, Jepang, India dan Rusia.

Pertemuan antar kementerian ini berlangsung di Hotel Marriot, Sleman, Yogyakarta. “Berbagai isu pariwisata internasional akan dibahas dalam forum antarkementerian ini, yang akan diakhiri dengan pernyataan bersama tentang kerja sama pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Singgih.

Agenda kedua acara ATF adalah Travel Exchange yang akan diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul, Yogyakarta. “Dalam travel exchange ini ada pameran yang terbuka untuk umum dan hanya bisa dikunjungi oleh pembeli dan penjual yang sudah terdaftar sebelumnya,” kata Singgih.

Pameran ini akan menampilkan biro perjalanan, hotel dan pengelola objek wisata, yang akan menawarkan berbagai paket wisata. “Lebih dari 25 negara telah mengkonfirmasi akan mengikuti pertukaran perjalanan itu,” kata Singgih.

Menurut Singgih, ajang ATF di Yogyakarta merupakan angin segar bagi industri pariwisata dan industri kreatif Yogyakarta. “Acara ini merupakan agenda Travel Exchange terbesar jika pandemi Covid-19 belum sepenuhnya selesai,” ujarnya.

Singgih membandingkan forum internasional Jogja International Travel Market yang digelar di Yogya September 2022 lalu dan diikuti 13 negara. Sementara itu, hampir dua kali lipat jumlah delegasi negara, yakni 25 negara, yang dapat mengikuti ajang ini.

Acara sampingan yang disiapkan oleh biro pariwisata do-it-yourself mulai dari penampilan seni selama acara hingga pameran industri kreatif oleh pelaku UMKM dari Yogyakarta di tempat acara berlangsung.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan dalam pertemuannya dengan pemerintah Yogyakarta pekan lalu bahwa acara peluncuran diadakan sebelum ATF 2023 diadakan di Yogyakarta pada November 2022,” katanya.

Giri mengatakan, kelancaran G20 di Indonesia kemudian menjadi salah satu pedoman suksesnya ASEAN Tourism Forum di Yogyakarta.

Baca juga: Yogya Tuan Rumah Asean Tourism Forum 2023, Sandiaga: Momentum Angkat Desa Wisata

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button