Wow.. Dibalik Laporan Studi Banding dan Budaya SMK Kota Bekasi, Ada Cerita Seperti Ini » Sidik News - WisataHits
Jawa Barat

Wow.. Dibalik Laporan Studi Banding dan Budaya SMK Kota Bekasi, Ada Cerita Seperti Ini » Sidik News

Wartasidik.co — Bekasi

Adanya sejumlah media dalam pemberitaan yang mempersoalkan kecukupan dan kelayakan serta urgensi MKKS-SMKN Kota Bekasi ke Turki, MKKS-SMK Kota Bekasi menjelaskan sebagai berikut:

Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (MKKS-SMK) Kota Bekasi Sekretariat: SMKN 1 Kota Bekasi Jl. Bintara VIII No.2 Kecamatan. Bekasi Barat Kota Bekasi 17134 Telp/Fax: (021)88951151 & (021)8851383 Website: kotabekasi.sch.id Email: info@smknl kotabekasi.sch.id

III Baca juga:

Mantan Kepala Desa Tunas Jaya, yang tiga kali tidak terjawab panggilan, sekarang menjadi DP0

Srobot Bank BRI Tanah Perempuan Buta dengan AJB Diduga Palsu

Perihal: Klarifikasi kunjungan studi banding dan budaya SMK MKKS kota Bekasi di Republik Turki.
disampaikan kepada cinta,

  1. Kepala Dinas Pendidikan Wilayah 3 sebagai pengawas
  2. pengawas
  3. Pihak Terkait Lainnya

Laporan hasil studi banding dan budaya SMK MKKS Kota Bekasi ke Republik Turki
A. Latar belakang kegiatan studi budaya dan studi banding di Republik Turki

  1. Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam penerapan kurikulum dan budaya belajar di negara maju, Kepala SMK Negeri di KCD Wilayah III Kota Bekasi, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
  2. Dalam rangka benchmarking pimpinan SMK Negeri di Kota Bekasi KCD Wilayah III Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk memahami budaya pelaksanaan kegiatan belajar mandiri di negara maju.

B. Bentuk pelaksanaan kegiatan
1..Dalam bentuk kunjungan studi banding, kunjungan budaya ke beberapa sekolah antara lain Oasis International School di Kota Ankara, Turki.

  1. Kunjungan wisata spiritual ke beberapa situs sejarah.
    3. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Peran Organisasi Penyuluhan Tenaga Kerja MKKS SMK Negeri Kota Bekasi Cabang Kanwil Pendidikan Penyakit dengan sepengetahuan dan seizin Kepala Cabang Kanwil Pendidikan Penyakit. (Permohonan Izin Kerja dan Tanggapan untuk Belajar di Sekolah di Turki terlampir).
  2. Agar tertib dan teratur, kegiatan ini menggunakan jasa pihak ketiga berupa biro perjalanan.
  3. Sumber anggaran kegiatan berasal dari dana pribadi peserta (terlampir). Meski kegiatan ini dibiayai oleh pihak swasta, kegiatan ini memiliki manfaat bagi sekolah.

C. Waktu Pelaksanaan dan Kegiatan Peserta

  1. Senin, 05.09. sampai dengan 13 September 2022 (surat perikatan terlampir).
  2. Ada 12 peserta berdasarkan kemauan dan kemampuannya (surat petunjuk terlampir). Atas izin pimpinan, kegiatan ini baru dilaksanakan pada September 2022.

D. Hasil kegiatan dan rekomendasi yang perlu disesuaikan

  1. Penerapan budaya belajar di sekolah-sekolah di Turki didukung oleh penerapan teknologi yang sangat maju.
  2. Penerapan budaya hemat energi dan perlindungan lingkungan di segala lini, dengan menggunakan teknologi canggih.
  3. Pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi.
  4. Penerapan IT dan pengetahuan kewirausahaan di bidang pemasaran produk lokal.
  5. Kualitas periklanan di bidang pariwisata.
    Bekasi, 13 September 2022
    Kepala MKKS SMK Kota Bekasi
    TTD
    dr Boan M.Pd.

Namun, klarifikasi dan/atau penjelasan ini belum membuat beberapa jurnalis yang meliputnya merasa “puas”.

“Bahkan ketua MKKS kita menerima ajakannya untuk membuat pernyataan langsung. Tapi tidak ada hasil yang bagus. Bahkan, mereka menyebarkan pesan yang menyudutkan ketua MKKS. Niat dan tujuannya apa, silakan tanya langsung,” kata sumber yang enggan disebutkan namanya itu, Rabu (11/2/2022) siang.

Sementara itu, di tempat lain ada desas-desus bahwa ada permintaan tablet, ponsel, dan sejumlah uang untuk menyelesaikan berita.

Meski begitu, sumber pertama mengatakan, foto keberadaan mereka di Dinas Pendidikan Jawa Barat, Bandung, dikirimkan kepada kami.

“Mengapa kami mencoba mengirim foto atau informasi seperti ini? Ini seperti ketakutan,” tambahnya.

Tim media juga meminta data dari narasumber. Dikirim melalui WhatsApp beberapa saat kemudian dalam bentuk: Surat Perintah Nomor 2576/KPG. 11.01/Cadisdikwil III di atas kop surat KANTOR PENDIDIKAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT Cabang Dinas Pendidikan Daerah III yang ditandatangani oleh Dr. Asep Sudarsono S,Pd. MM berisi nama-nama kepala sekolah yang akan melakukan studi banding SMKN Kota Bekasi dengan Oasis International School Turki pada hari dan tempat yang telah ditentukan.

Surat dari Oasis International School dalam bahasa Inggris atas undangan dan ucapan selamat datang/kunjungan MKKS Kota Bekasi Laporan hasil kunjungan Oasis International School Turki dengan Ketua MKKS Bekasi ditandatangani oleh Kepala MKKS Kota Bekasi MKKS , dr Boan M.Pd.

Foto-foto kegiatan kunjungan di Oasis International School, dan para kontak juga mengirimkan foto-foto dan screenshot dari para jurnalis di atas yang berkomunikasi dengannya.

“Itulah cerita yang terjadi. Sejujurnya kami sedikit terganggu dengan pemberitaan yang kami rasa tidak mengedukasi masyarakat. Jangan sampai kita terkesan bahwa kita sebagai kepala sekolah yang mengelola puluhan guru dan staf serta ribuan siswa itu terkesan malas, menghindar dari tanggung jawab dan menghambur-hamburkan dana pemerintah. Kami menggunakan uang pribadi dan siapa pun yang mau, tidak ada paksaan,” jelasnya.

Di akhir diskusi, rektor yang telah meluluskan ribuan mahasiswa yang kini bekerja di perusahaan swasta dan asing itu meminta kepada wartawan dan LSM sebagai mitra untuk saling mendukung kegiatan.

“Tolong jaga kami, kendalikan aktivitas kami. Tapi tolong jaga kami untuk tetap berwibawa, terutama terhadap siswa dan orang tua siswa dan di antara warga sekolah. Mari bersinergi untuk memajukan pendidikan kita,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button