Wow! Destinasi wisata ini dulunya rongsokan - WisataHits
Jawa Barat

Wow! Destinasi wisata ini dulunya rongsokan

Kuningan: Dulunya tempat pembuangan sampah, sekarang menjadi tempat wisata. Inilah transformasi yang terjadi di Desa Pasundan Cisamaya, Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Desa Pasundan Cisamaya atau Blok Cisamaya dulunya dikenal sebagai tempat pembuangan sampah dari desa tetangga.

“Namun, sejak 2019 kami berupaya membersihkan sampah tersebut,” kata Rudy Hartanto, Koordinator Desa Cisamaya Pasundan, Jumat, 14 Oktober 2022.

Sampah ditumpuk lalu dibangun paviliun di atasnya untuk menyambut tamu. Meskipun itu tempat pembuangan sampah, baunya sama sekali tidak seperti sampah. Yang tercium adalah aroma pohon pinus yang mengelilingi desa.

“Apalagi saat hujan, aroma pinus semakin kuat,” lanjutnya.

Rumah pedesaan tua dibangun di situs ini. Rumah itu dibangun dengan kabin jerami yang bagus. Rumah-rumah desa didirikan sebagai asrama. Di rumah ini keluarga bisa berkumpul, bersenang-senang dan menikmati kebersamaan.

“Kami punya konsep menginap di rumah Nini (rumah nenek),” jelasnya.

Menurut Rudy, seluruh warga terlibat dalam pengembangan pariwisata di Kampung Pasundan Cisamaya, mulai dari pertunjukan seni tradisional, penyajian makanan tradisional hingga pertunjukan dan latihan berbagai keterampilan seperti membatik.

“Kami juga mengundang tamu yang datang untuk bermain permainan tradisional yang biasa dimainkan anak-anak,” lanjutnya.

Dengan keindahan alamnya yang eksotis, Kampung Pasundan Cisamaya kini menawarkan aktivitas juga Hutan Penyembuhan atau kegiatan wisata sekaligus terapi dengan merasakan suasana hutan dan alam sekitar.

Promosi melalui media sosial akan semakin digencarkan dengan menghadirkan banyak foto dan informasi menarik. Dampaknya terlihat dari keseharian kehadiran wisatawan di Kampung Pasundan Cisamaya.

“Wisatawan datang setiap hari untuk menikmati keindahan Pasundan Cisamaya,” kata Rudy. MI/Nurul Hidayah

(WWD)

Source: www.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button