Pantai Krakal, Pantai Selancar dan Panorama Matahari Terbenam Terbaik di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Krakal, Pantai Selancar dan Panorama Matahari Terbenam Terbaik di Gunung Kidul Jogja

Suasana berbeda akan Anda rasakan saat berada di tempat wisata Pantai Krakal. Dengan berbagai keindahan alam dan pesona laut yang bisa memanjakan mata.

Harga tiket: Rp 4.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Zona pesisir berupa bebatuan karang yang terletak di pantai Krakal menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Lokasinya berada di lantai dua Yogyakarta yaitu kawasan Gunung Kidul, rute perjalanan yang bisa Anda tempuh cukup beragam.

Selain keindahan pesona laut dan hamparan pasir putih yang ditawarkannya, pantai ini juga terkenal dengan olahannya yang khas berupa rumput laut goreng. Makanan yang biasa disantap sebagai camilan ini memiliki rasa asin dan tekstur yang renyah seperti olahan keripik bayam.

Lokasi wisata pantai ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Akan ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata tersebut. Jika anda tertarik, berikut informasi mengenai tempat wisata ini.

Atraksi pantai Krakal

Aktivitas Pantai KrakalKredit gambar: Twitter Berita dari Yogyakarta

1. Jumlah penjual rumput laut goreng

Camilan gurih atau gurih ini terbuat dari rumput laut kering. Di kawasan Pantai Krakal ini bisa anda temukan di semua ruas jalan, mulai dari arah parkir kendaraan hingga lokasi pantai. Bahkan bisa dibilang jajanan unik ini menjadi andalan wisata pantai.

Harga jajanan ini juga cukup murah, untuk setiap bungkus seberat setengah kilo cukup membayar Rp 15.000. Namun jika ingin membeli cukup bisa meminta kepada penjual untuk meminta kemasan yang lebih besar.

Selain itu, beberapa pedagang langsung menggoreng rumput laut ini. Jadi, selain wisatawan yang bisa membeli lalu berangkat, mereka juga bisa menunggu sebentar sambil melihat proses penggorengan.

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi jajanan ini, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah makan keripik bayam. Rumput laut goreng krispi ini bisa jadi teman camilan sambil nonton TV. Selain itu, rasa asinnya bisa menggantikan lauk pauk saat makan.

2. Pantai berupa bebatuan karang

Jika wisata pantai lain memiliki pantai berupa pasir yang landai dan menjorok langsung ke perairan, lain halnya dengan Pantai Krakal. Bebatuan karang yang muncul di sepanjang pantai menjadi keunikan dari wisata pantai ini.

Dari nama pantainya sendiri yaitu “Krakal” yang berarti batu karang dalam bahasa Indonesia menggambarkan suasana pantai itu sendiri. Di sepanjang pantai timur-barat Anda dapat menemukan banyak batu dengan ukuran berbeda.

Wisatawan yang datang ke kawasan pantai dapat melihat berbagai jenis ikan kecil yang terperangkap di celah-celah batu karang. Saat ombak surut, Anda bisa berjalan melewati bebatuan di tepi pantai untuk melihat berbagai jenis biota laut kecil.

Namun, saat berjalan di bebatuan tersebut, wisatawan sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang cukup tebal. Hal ini dilakukan untuk menghindari melukai telapak kaki karena bebatuan terkadang tajam.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Krakal

Alamat Pantai KrakalKredit gambar: Google Maps Venom Neo

Lokasi pantai ini berada di kecamatan Tanjungsari kawasan Gunung Kidul yang lebih tepatnya berada di wilayah desa Ngastiharjo. Perjalanan dari kota atau dari daerah lain, Anda dapat mengambil sesuai keinginan. Namun, jika ingin menempuh perjalanan yang lebih singkat, pilihannya dimulai dari Kabupaten Bantul.

Untuk menuju Pantai Krakal, perjalanan pertama dari Bantul adalah melalui kawasan Imogiri. Melalui jalan utama, Jalan Imogiri Barat, Anda akan berjalan ke selatan sampai Anda menemukan pertigaan dengan lampu lalu lintas.

Kemudian belok kiri di pertigaan, Anda akan menemukan jembatan yang membentang di sungai yang cukup lebar. Selalu di jalur yang sama, ukuran jalan yang akan Anda ambil tampak semakin sempit. Juga, ada pasar pinggir jalan tradisional yang cukup ramai.

Setelah melewati jalan tersebut, kendaraan yang Anda bawa akan berbelok ke kanan menuju Jalan Raya Panggan dengan kondisi mulai menanjak. Meski kondisi jalannya cukup ekstrim, Anda bisa melihat keindahan lanskap dari atas.

Tak terasa waktu yang ditempuh lebih dari 1,5 jam, hingga akhirnya sampai di kawasan Paliyan. Jalan desa yang akan Anda lalui di kawasan tersebut, menjadi jalur terakhir dari perjalanan panjang yang Anda tempuh. 30 menit kemudian anda akan melihat pintu masuk ke lokasi wisata pantai yang menjadi tujuan anda sebelumnya.

Sebelum menikmati berbagai keindahan wisata pantai ini, wisatawan harus membayar tiket dengan harga Rp 4000. Harga ini terbilang cukup murah untuk sebuah kawasan wisata kota Yogyakarta. Tidak hanya itu, akan ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di kawasan pantai.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di pantai Krakal

Aktivitas menarik di Pantai KrakalKredit gambar: Twitter @gembel_motret

1. Berselancar Rasakan ganasnya ombak selatan

Tidak hanya Pulau Dewata yang terkenal sebagai tempat selancar favorit, tapi juga dengan Pantai Krakal yang ada di wilayah Yogyakarta. Perairan selatan Jawa memang terkenal dengan keganasan ombaknya yang mampu menantang adrenalin.

Oleh karena itu, situasi ini banyak dilirik oleh para peselancar profesional dari berbagai daerah. Tidak jarang para peselancar datang dari jauh hanya untuk berselancar dan merasakan ganasnya ombak pantai selatan.

2. Nikmati keindahan biota laut

Olahraga air lainnya, seperti snorkeling, bisa menjadi pilihan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata tepi laut ini. Anda akan diajak berenang sambil mengamati ikan-ikan kecil yang bermain di sela-sela terumbu karang.

Perlengkapannya sendiri sudah disediakan oleh pengelola pantai, jadi tidak perlu membawanya sendiri dari rumah. Bagi Anda yang masih pemula, ada pendamping yang akan menemani Anda selama beraktivitas.

3. Abadikan keindahan alam dengan berfoto

Aktivitas di Pantai KrakalKredit Gambar: Google Maps Grateful Servant

Pemandangan tebing kapur dengan lautan biru yang luas dari Pantai Krakal tidak dapat disangkal menakjubkan. Anda dapat menggunakan kesempatan ini sebagai ide latar belakang dari foto Anda.

Jangan lewatkan satu momen pun dari bidikan dari lensa kamera yang Anda gunakan. Persiapkan dengan baik kebutuhan fotografi Anda pada rentang ini, untuk mencapai hasil gambar yang maksimal.

4. Habiskan sore hari dengan sunset yang indah

Berburu sunset adalah aktivitas favorit banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai pasir putih ini. Keindahan langit yang mulai berubah warna menjadi jingga, Anda bisa menikmatinya dengan duduk santai di gazebo yang tersedia.

Usahakan berangkat di waktu yang tepat agar bisa menghabiskan sore hari menikmati indahnya sunset di pantai. Jangan lupa untuk membawa snack untuk menemani waktu Anda.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi di Pantai KrakalKredit gambar: Google Maps Sumberartatama Persada

1. Joglo Royal

Hostel bernama The Royal Joglo ini terletak cukup dekat dengan kawasan Pantai Krakal yang hanya berjarak sekitar 180 meter saja. Wisatawan yang ingin menghabiskan beberapa hari di pantai dapat memilih hostel ini untuk bermalam.

Desain bangunannya terinspirasi dari Joglo khas Jawa, menghadirkan suasana yang lebih nyaman dan menenangkan. Cahaya remang-remang lampu kuning di malam hari akan menambah suasana di asrama menjadi lebih tenang.

Selain itu, kamu akan merasakan sensasi segar karena terdapat beberapa tanaman di setiap sudut ruangan. Anda juga akan menikmati fasilitas seperti kolam renang dan kursi untuk bersantai di hostel unik berbentuk joglo ini.

2. Temukan 90276 Mayasari Guesthouse

Hostel yang sering disebut Mayasari Guesthouse ini menawarkan harga yang cukup murah untuk pemesanan setiap kamar. Pelanggan ini hanya perlu membayar sekitar Rp 200.000 untuk menginap satu malam di hostel ini.

Fasilitas yang disediakan tidak berbeda dengan akomodasi lain yang lebih mahal. Untuk fasilitas di dalam kamar sendiri sudah ada televisi, kamar mandi, dan AC. Meski desain kamarnya terlihat sederhana, namun hal inilah yang akan membuat Anda betah seperti di rumah sendiri.

Lokasi hostel ini tidak jauh dari pantai Krakal, hanya 1 menit jalan kaki. Lokasi hostel lebih tepatnya berada di sisi barat pantai, dengan dominasi warna hijau yang mencolok.

3. Rumah Hohok

Terletak sekitar 150 meter dari pantai, hostel unik ini menjadi favorit para wisatawan ke pantai yang indah ini, terutama yang berasal dari luar daerah. Bisa dikatakan unik karena hostel ini menggunakan semua bahan konstruksi kayu.

Selain itu, hiasan dinding dan beberapa instalasi lainnya juga mengambil peran kayu sebagai bahan dasarnya. Warna coklat kayu akan sangat melekat pada pembangunan penginapan ini, karena warna asli kayu dapat memberikan kesan yang lebih natural.

Untuk setiap kamarnya sendiri, hostel ini menawarkan ukuran kamar yang cukup besar, dengan kapasitas maksimal 6-8 orang. Dengan ukuran kamar yang cukup besar, Anda dapat menggunakannya untuk menginap bersama keluarga atau teman selama liburan.

Bagi Anda yang suka minum kopi di pagi atau sore hari, hostel ini memiliki bar kecil. Berbagai minuman disajikan untuk para tamu, termasuk minuman kopi itu sendiri.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Krakal Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai KrakalKredit Gambar: Google Maps Grateful Servant

Dapat dikatakan bahwa fasilitas Pantai Krakal cukup memadai. Karena memang lokasinya merupakan salah satu jalur wisata utama di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak hanya fasilitas dasar seperti toilet atau ruang ganti, tetapi juga beberapa hostel yang jaraknya cukup dekat.

Selain itu, ada jasa penyewaan alat snorkeling dari pengelola pantai bagi wisatawan yang ingin merasakan keseruan olahraga air ini. Dengan biaya Rp 50.000 per orang, Anda akan mendapatkan perlengkapan berupa pelampung dan goggle serta respirator.

Demikian informasi mengenai tempat wisata Pantai Krakal yang namanya sudah terkenal di luar daerah. Tak hanya keindahan pesona alamnya yang mampu menarik perhatian banyak pasang mata, namun juga karena lokasinya yang mudah dijangkau. Jadi luangkan waktu Anda untuk mengunjungi wisata pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button