Wisatawan lokal saja, minimal menginap di hotel - WisataHits
Jawa Timur

Wisatawan lokal saja, minimal menginap di hotel

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro – Sektor pariwisata di Bojonegoro perlu ditingkatkan. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro perlu ditingkatkan. Masih sedikit wisatawan dari luar kota atau provinsi yang singgah di Kota Ledre. Belum lagi destinasi wisata yang menjadi ikon yang menarik pengunjung.

Berdasarkan data, pada 2022 jumlah wisatawan mencapai 1,1 juta orang di seluruh destinasi wisata. Namun, jumlah wisatawan yang meningkat dari tahun 2021 tidak dapat meningkatkan okupansi hotel. Hal ini karena didominasi wisatawan lokal Bojonegoro dan luar kota yang tidak menginap di hotel.

– Iklan –

Selain itu, belum ada wisatawan mancanegara yang mengunjungi daerah penghasil jambu kristal ini. Berdasarkan permintaan Data Bojonegoro Jumlah wisatawan akan mencapai 1.108.952 pada tahun 2022. Sebagian besar wisatawan mengunjungi fasilitas wisata milik swasta yaitu Go Fun. Pariwisata juga dikelola oleh desa dan agrowisata belimbing.

Obyek wisata pemerintah kabupaten, Kahyangan Api, menempati urutan keempat. Dander Waterpark berada di urutan keenam. Selain itu, hanya wisatawan domestik yang berkunjung.

Kepala UPT Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Destinasi Wisata Terpadu Bojonegoro Mudiono mengatakan, jumlah wisatawan mencapai 1,1 juta orang untuk mendapatkan data umum seluruh objek wisata. “Kami hanya memiliki Dander Waterpark, Kahyangan Api dan Pacal Reservoir,” ujarnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bojonegoro Moch Subeki mengatakan meski wisatawan berkunjung 1,1 juta orang, namun tidak berdampak signifikan terhadap okupansi hotel. Sebaliknya, kawasan ini memiliki ikon wisata. Misalnya Bali, Lombok, Jogjakarta, hingga Malang. Tentunya mengalami peningkatan okupansi hotel yang signifikan.

Subeki menjelaskan, untuk hotel dengan fasilitas wisata yang minim, kenaikannya tidak sama dengan di kawasan wisata. Memang ada peningkatan, tapi kecil. Selain itu, wisatawan dari daerah tersebut berkunjung. “Hanya tamu yang berlibur ingin bertemu atau bersilaturahmi dengan keluarganya,” jelasnya. (irv/rij)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button