Wisata terindah di Bangka Belitung: tiket, atraksi, lokasi - WisataHits

Wisata terindah di Bangka Belitung: tiket, atraksi, lokasi

JawaPos.com Indonesia dikenal sebagai negara dengan ribuan pulau. Masing-masing pulau ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Keanekaragaman ini memberikan banyak pulau pesona tersendiri bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Salah satu pulau di Indonesia yang menarik perhatian banyak wisatawan adalah Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang dekat dengan Sumatera ini terkenal dengan keindahan pantai dan bangunannya yang masih dipenuhi bangunan bergaya Belanda. Kepulauan Bangka Belitung bisa menjadi destinasi liburan dalam negeri yang tak kalah indahnya dengan luar negeri.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib Anda kunjungi selama liburan:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi (Instagram: anjanitrip)

Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat wisata di Bangka Belitung yang menjadi destinasi wajib dikunjungi para wisatawan. Pantai ini memiliki air laut yang sangat biru dan pasir putih yang sangat halus. Di sekitar Pantai Tanjung Tinggi juga banyak terdapat batu-batu besar yang menjadi ciri khasnya. Jangan lupakan pemandangan di sekitar pantai yang menjadikan wisata ini sebagai icon wisata di Bangka Belitung.

Di Pantai Tanjung Tinggi, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahannya tetapi juga aktivitas seperti berenang, Snorkel, Jet ski, berjemur, menikmati matahari terbenam atau sekedar berfoto di pantai. Ada juga beberapa tenda makanan yang berjualan di pinggir pantai makanan laut segar dan menyenangkan. Jangan lewatkan wisata di Bangka Belitung ini.

Lokasi: Pantai Tanjung Tinggi, Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

harga tiket:

Hari tiket masuk
Senin minggu Rp 10.000

2. Danau Kaolin

Laut Kaolin (Instagram: belitungisland)

Wisata di Bangka Belitung ini cukup unik dan tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Danau Kaolin. Danau ini memiliki air yang sangat biru dan dikelilingi oleh bebatuan besar berwarna putih yang sangat memanjakan mata. Awal mula danau kaolin terbentuk dari bekas tambang timah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena udara di sekitarnya sangat segar dan tidak berbau belerang sama sekali.

Wisatawan yang berkunjung ke Danau Kaolin biasanya berfoto di pinggir danau atau tepat di sekitar danau karena sangat indah. Anda juga bisa bermain air di tepi danau, tetapi berenang tidak disarankan dan jika mau, Anda harus berenang dengan izin dan bimbingan. Mengakses wisata di Bangka Belitung ini juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Lokasi: Danau Kaolin, Desa Nibung, Koba, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka-Belitung.

harga tiket:

Hari tiket masuk
Senin minggu Rp 10.000

3. Museum Kata oleh Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata (Instagram: jatuh)

Ketika mendengar kata “Bangka Belitung”, hampir sebagian orang Indonesia akan mengingat salah satu film terbaik tanah air, Laskar Pelangi. Film yang disutradarai oleh Andrea Hirata ini memang sangat ikonik karena berlatar di Belitung. Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung Tours untuk melihat lokasi film Laskar Pelangi secara langsung.

Untuk itu, Andrea Hirata mendirikan Museum Kata Andrea Hirata di Bangka Belitung. Museum ini didesain dengan warna-warni di bagian depan, sehingga cocok sebagai spot foto. Di dalam museum terdapat tulisan-tulisan Andrea Hirata, serta beberapa karya sastra dan lukisan anak bangsa lain. Wisata di Bangka Belitung ini menjadi tujuan wajib bagi wisatawan yang datang ke Bangka Belitung.

Lokasi: Jalan Raya Laskar Pelangi Nomor 7, Gantong, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

harga tiket:

Hari tiket masuk
Senin minggu Rp2.000

4. Bukit Peramun

Bukit Peramun (Instagram: gisel31)

Salah satu wisata di Bangka Belitung yang kekinian dan wajib dikunjungi adalah Bukit Peramun. Wisata yang satu ini berada di puncak bukit desa Selumar. Saat sampai di puncak, Anda akan disuguhi dengan latar belakang alam yang sangat hijau. Bukit Peramun adalah lokasi yang cocok obat karena udaranya masih segar.

Di Bukit Peramun ini ada beberapa spot foto yang bisa kamu coba seperti jembatan gantung, puncak bukit, mobil terbang, batu kembar dan beberapa spot foto lainnya yang menghadap pemandangan indah. Anda juga bisa menemukan hewan langka di sana, yaitu tarsius atau yang biasa dikenal dengan hantu monyet. Wisata di Bangka Belitung ini cocok bagi anda yang suka berfoto atau sekedar menikmati alam.

Lokasi: Jalan Peramun, Air Selumar, Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

harga tiket:

Hari tiket masuk Tiket Spot Foto
Senin minggu Rp 10.000 Mulai dari Rp 5.000

5. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri (Instagram: indomaps_)

Pantai di Bangka Belitung ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai lainnya yaitu Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini memiliki ombak yang cukup lambat, sehingga cocok untuk kunjungan keluarga. Selain itu, wisata di Bangka Belitung ini juga memiliki pemandangan yang indah terutama saat matahari terbenam.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Parai Tenggiri adalah permainan air dan pasir di tepi pantai, berfoto di jembatan atau bebatuan di sekitar pantai, bahkan bisa menyaksikan para nelayan memancing. Beberapa penginapan di sekitar pantai juga menawarkan paket pernikahan pantai. Jangan lewatkan keindahannya dengan wisata di Bangka Belitung ini.

Lokasi: Pantai Parai Tenggiri, Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

harga tiket:

Hari tiket masuk
Senin minggu Rp25.000

*Catatan: Daftar harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu, namun dapat digunakan sebagai harga panduan saat mengunjungi wisata Bangka Belitung.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button