Pantai Tanjung Kelayang Belitung – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Kelayang Belitung – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Tanjung Layang-layang salah satu tempat wisata pantai yang eksotis Belitung yang layak untuk dieksplorasi. Pantai pasir putih yang menawarkan pemandangan alam yang indah, deretan bongkahan batu granit raksasa dan spot untuk menikmati sunset.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Belitung memiliki banyak pilihan tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Belitung menawarkan pesona alam berkat keberadaan pulau kecil nan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini memiliki banyak layang-layang yang menghiasi pepohonan. Di dekat pantai juga terdapat pulau-pulau kecil yang juga menjadi sorotan.

Namun, tempat wisata yang paling menarik adalah Tanjung Kelayang. Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung lokal. Pantainya mengarah ke utara, sehingga pantai ini menawarkan keindahan bahari yang menakjubkan.

Di wisata tepi laut, tidak ada turis yang datang berkunjung selama satu hari. Namun, ada juga yang menginap dan berlibur selama berminggu-minggu. Hal ini dikarenakan keindahan Pantai Tanjung Kelayang yang membuat pengunjung betah. Pesonanya menarik dan memikat hati para wisatawan.

Atraksi Pantai Tanjung Kelayang

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai Tanjung KelayangKredit gambar: Google Maps Yudhit Pramuji Giriasto

1. Tempat wisata prioritas

Pada tahun 2015, pantai indah di Belitung ini masuk dalam daftar destinasi prioritas di Indonesia. Tanjung Kelayang adalah salah satu dari 10 pantai terbaik yang didukung pemerintah. Dimana dukungan tersebut berupa pembangunan, pemeliharaan dan pengelolaan pesisir.

Daftar sepuluh besar destinasi wisata tersebut adalah Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Pulau Morotai di Maluku Utara, Pantai Tanjung Kelayang di Belitung, Danau Toba, Sumatera Utara. Ada Borobudur di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Bromo di Jawa Timur, dan Tanjung Lesung di Banten.

Apalagi keberadaan pantai eksotis ini berada di antara negara ASEAN dan Indonesia. Hal ini menjadikan destinasi wisata ini sebagai tempat wisata unggulan.

2. Deretan batu granit raksasa

Di beberapa sudut pantai terdapat deretan bongkahan batu granit raksasa. Ada batu granit berbentuk kepala burung. Keberadaan batu ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke lokasi wisata. Menurut beberapa peneliti, keberadaan batu-batu yang menghiasi lokasi pantai ini sudah ada sejak sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Keberadaan batu-batu tersebut menjadi inspirasi nama Pantai Tanjung Kelayang. Dimana kelayang merupakan nama lokal daerah yang berarti burung dompet. Ada banyak burung dompet di lokasi pantai. Burung-burung menjadi hiasan yang indah di langit wisata pantai ini.

3. Sunset yang romantis di Tanjung Kelayang

Pembiasan sinar matahari yang siap meledak memberikan pancaran jingga yang sangat indah. Saat matahari terbenam, itu adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh wisatawan di tempat.

Menit terakhir sunset di pantai menjadi suasana yang sangat romantis dan menyedihkan. Dimana gradasi warna langit sore dengan birunya air laut menjadi background yang mempesona dan indah.

Ditambah dengan burung kelayang yang melintas di langit, langit semakin indah. Nelayan yang mulai pulang kampung juga ikut memeriahkan sore romantis di sekitar pantai. Mengabadikan momen sore hari bersama pasangan saat ini akan menjadi kenangan yang akan Anda rindukan.

4. Pantai Eksotis

Tempat Wisata di Pantai Tanjung KelayangKredit gambar: Google Maps andikha muharam

Beberapa pantai di Indonesia memiliki keindahan yang eksotik, dimana pantai-pantai tersebut menjadi pilihan utama para wisatawan asing yang ingin berlibur. Pantai Tanjung Kelayang Belitung juga merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang memiliki keindahan eksotis.

Hamparan pasir putih pantai yang lembut, selain airnya yang biru jernih menjadi nilai tambah tersendiri bagi pesona pantai. Ombak di pantai ini juga bagus dan cukup sejuk untuk berenang dan mandi. Keindahan pantai yang eksotik ini membuat wisatawan tidak ingin beranjak dari pantai.

5. Primadona pariwisata di Belitung

Pantai yang menjadi primadona di Belitung ini memiliki luas sekitar 324,4 hektar. Apalagi yang membuat pantai ini menjadi buruan wisatawan adalah garis pantainya yang panjang. Dimana garis pantainya mencapai panjang 1,5 kilometer.

Selain asyik, lokasi pantai ini juga menjadi tempat pendaratan kapal nelayan. Ada juga beberapa perahu yang berhenti dan mengambil penumpang.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Pantai Tanjung Kelayang

Alamat Pantai Tanjung KelayangKredit Gambar: Google Maps NY Rita

Pantai pasir putih ini terletak di bagian utara Belitung, Bangka Belitung. Tepatnya di Sijuk, Belitung. Akses menuju lokasi pantai Kelayang cukup mudah. Jarak yang akan Anda tempuh kurang lebih 27 km dari kota. Sepanjang jalan Anda akan menemukan jalan yang mulus dan menyenangkan.

Dimana perjalanan darat hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Anda dapat mengunjungi dengan sepeda motor atau dengan mobil. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju tempat wisata dari Bandara Hanandjoeddin.

Begitu sampai di dermaga, Anda bisa menyewa perahu yang berjejer di tepi pantai. Perahu-perahu ini dapat membawa Anda ke Pantai Tanjung Kelayang.

Jika Anda berencana untuk datang berlibur ke pantai yang indah ini, Anda hanya perlu membayar perahu dari dermaga Belitung ke pantai. Anda dapat memesan biaya perahu hanya beberapa sehingga lebih efisien. Untuk penumpang, sekitar 10 orang hanya membayar Rp 450.000. Dengan tarif tersebut, Anda sudah bisa sampai ke lokasi pantai ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Kelayang

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung KelayangKredit gambar: Google Maps Krysna K. Manggala

1. Menjelajah Pulau

Aktivitas menarik yang sering dilakukan di sekitar pantai adalah Island Hopping. Dimana aktivitas menjelajah di sekitar pulau. Mulai dari dermaga, kami kemudian melanjutkan ke semua sudut pantai.

Selain itu, wisatawan juga mengelilingi beberapa pulau kecil di dekat Pantai Tanjung Kelayang. Mengunjungi pulau-pulau kecil ini bisa menggunakan perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai. Anda hanya akan membayar jasa sekitar Rp 350.000 saja.

Dengan tarif tersebut, Anda akan diajak berkeliling pulau-pulau kecil yang dekat dengan pantai. Pulau-pulau kecil tersebut adalah Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, Pulau Babi dan beberapa pulau kecil lainnya.

2. Snorkeling dan Menyelam

Kekayaan alam bawah laut di sekitar Pantai Kelayang menawarkan spot snorkeling dan diving bagi wisatawan. Lokasi untuk snorkeling dan diving di pantai ini adalah yang paling indah dari pantai lainnya.

Dengan air yang jernih dan bersih, Anda akan disambut oleh ikan-ikan kecil berwarna-warni. Dasar laut yang dangkal juga bisa memudahkan Anda saat menyelam.

Penginapan murah terdekat dengan pantai Tanjung Kelayang

Akomodasi Pantai Tanjung KelayangKredit gambar: Twitter Ulasan Prestise

1. Capital O 399 Kelayang Beach Hotel

Hostel ini merupakan hotel yang paling dekat dengan destinasi wisata tepi laut ini. Jarak yang harus ditempuh kurang dari satu kilometer. Selain dekat, Anda hanya perlu membayar Rp 349.000 untuk bisa mengistirahatkan dan mengistirahatkan tubuh yang lelah di hotel.

Hotel ini menawarkan tempat yang unik dan menarik bagi para tamu. Upaya tersebut dilakukan agar pengunjung betah berada di hotel.

2. Resor Sheraton Belitung

Hostel unik dan menarik ini hanya berjarak 1,94 km dari destinasi wisata pantai. Jarak ini bisa Anda tempuh dengan jalan-jalan santai di pagi atau sore hari sambil menikmati suasana di sekitar pantai. Anda bisa sambil jogging bersama pasangan untuk bisa mencapai lokasi pantai.

Selain itu, Anda dapat menggunakan sepeda yang disediakan oleh hotel. Bersepeda di pantai dan menikmati keindahan pantai yang indah ini akan memberikan momen romantis bersama pasangan.

Selain sepeda, fasilitas lain juga tersedia di hotel mewah ini. Fasilitas lainnya seperti shuttle, restoran, bar dan fasilitas umum lainnya. Dimana biaya bermalam di hostel sekitar Rp 1.573.000

3. Hotel Loren Belitung

Keberadaan hotel Santika cukup dekat dengan pantai Tanjung Kelayang. Batas jaraknya hanya sekitar 3,32 km. Sedangkan biaya menginap satu malam hanya Rp 600.000.

Hotel ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah yang dapat dinikmati dari area hotel. Suasana dan lokasi yang romantis memberikan kenyamanan bagi para tamu. Dimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan juga sangat memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Kelayang

Fasilitas Pantai Tanjung KelayangKredit gambar: Google Maps Dave Stevens

Fasilitas yang disediakan di lokasi pantai adalah akomodasi, persewaan perahu, persewaan alat snorkeling dan diving. Selain itu, ada fasilitas umum lainnya. Anda juga bisa membeli makanan dan minuman dari warung-warung yang ada di sekitar pantai. Jadi tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan banyak waktu di pantai tetapi tidak ingin menginap di hotel, Anda bisa mendirikan tenda di tepi pantai. Pasirnya yang lembut bisa dijadikan tempat berkemah yang seru.

Demikian ulasan tentang keindahan Pantai Tanjung Kelayang di Belitung. Pantai adalah tujuan utama di Belitung. Selain diakui oleh pemerintah, pantai juga mendukung perekonomian negara.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button