Wisata religi ke Masjid Al Jabbar di Bandung, rumah bagi 50.000 jamaah - WisataHits
Jawa Barat

Wisata religi ke Masjid Al Jabbar di Bandung, rumah bagi 50.000 jamaah

Wisata religi ke Masjid Al Jabbar di Bandung, rumah bagi 50.000 jamaah

LANGIT.ID, Jakarta – Masjid Al-Jabbar Bandung berhasil menarik perhatian publik selama sebulan terakhir. Banyak orang ingin melihat bangunan tersebut saat berwisata religi.

Seperti masjid pada umumnya, Al Jabbar merupakan tempat ibadah umat Islam. Namun, masjid Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini mampu menyedot perhatian masyarakat terhadap pariwisata dengan keunikannya.

Masjid Al Jabbar Bandung terletak di kawasan Gedebage. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid terapung.

Disebut demikian karena masjid ini dibangun dengan kolam pantulan di sekelilingnya. Untuk memberi kesan bahwa Al Jabbar mengambang di atas air.

Masjid Al-Jabbar yang paling mencolok dibanding bangunan sekitarnya resmi dibuka pada 30 Desember 2022. Sejak itu, masjid ini digerebek oleh orang-orang bahkan dari luar kota Bandung.

Masjid Al-Jabbar luasnya mencapai 25 hektar dan mampu menampung hingga 50.000 jamaah.

Filosofi Al Jabbar sendiri berarti dari salah satu nama besar Allah dalam Asma Husna. Selain itu, gaya arsitekturnya juga terinspirasi dari rumus matematika aljabar.

Salah satu keunikannya adalah tidak adanya tiang penyangga masjid, dengan total 27 pintu masuk mewakili daerah di Jawa Barat. Hal-hal inilah yang membuat masjid ini unik dan menambah kemegahan bangunannya.

Masjid Al-Jabbar juga memiliki fasilitas pendukung seperti Museum Rasulullah dan Al-Qur’an, food court, tempat manasik haji, penginapan dan perpustakaan yang bisa digunakan warga.

(bal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button