Pantai Santolo Garut, berpasir putih dengan ombak yang tinggi - WisataHits
Jawa Barat

Pantai Santolo Garut, berpasir putih dengan ombak yang tinggi

Pantai Santolo Garut, berpasir putih dengan ombak yang tinggi

Pantai Santolo merupakan panorama laut yang berada di Desa Pameungpeuk, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Tak hanya terkenal dengan Dodol dan Jeruk, Garut juga memiliki Pantai Santolo sebagai tempat wisata dengan pemandangan yang indah.

Lokasinya berada di sebelah selatan pusat kota Garut, oleh karena itu penduduk setempat menyebutnya daerah Garut Selatan dengan Garsel atau Garsela.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam atau sekitar 88 km dari pusat kota.

Pantai Santolo sangat populer sebagai tujuan liburan di Jawa Barat, khususnya di kalangan warga Bandung. Kawasan ini awalnya merupakan tempat berkumpulnya para nelayan, yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata.

Sehingga pengunjung bisa menikmati panorama pantai dan menyewa perahu dengan ombak yang menantang.

Baca juga: Candi Cangkuang Garut, wisata alam peninggalan sejarah

Obyek wisata Pantai Santolo Garut

Ada beberapa rute yang bisa kita tempuh untuk menuju Pantai Santolo. Rute pertama dari terminal Garut bisa melalui Cianjur, Cidaun, kemudian Rancabuaya menuju Santolo.

Sedangkan rute selanjutnya dari Bandung melewati Ranca Balu, Naringgul, Cidaun, kemudian ke Ranca Buaya dan tiba di Santolo. Ada juga jalur alternatif dari Bandung yaitu lewat Pangalengan.

Daya tarik Pantai Santolo

Pantai Santolo Garut memiliki sejarah unik dari namanya. Kawasan ini dulunya disebut Pantai Cilauteureun karena merupakan tempat persinggahan atau pelabuhan para nelayan mencari ikan.

Karena orang Eropa yang tinggal di daerah itu kesulitan mengucapkan nama “Cilauteureun”, mereka menyebutnya Santolo.

Sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Barat, pantai ini terkenal dengan pasir putih dan ombaknya yang tinggi. Tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 5.000 per orang untuk menikmati pemandangan dan wisata kuliner di sekitar pantai.

Pengunjung bisa menjelajahi pulau kecil Santolo dan menyewa perahu untuk merasakan ombak yang menantang.

Bagi anda yang sedang mencari destinasi wisata di Kabupaten Garut, Pantai Santolo cocok untuk dikunjungi. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button