Pasar wisata kuliner dan seni budaya di Desa Sadang meningkatkan perekonomian masyarakat - WisataHits
Jawa Timur

Pasar wisata kuliner dan seni budaya di Desa Sadang meningkatkan perekonomian masyarakat

Pasar wisata kuliner dan seni budaya di Desa Sadang meningkatkan perekonomian masyarakat

Kamis, 19 Januari 2023 | 10:08 WIB

| penulis :

Buku catatan : Juli

Tuban, InfoPublic – Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban terpilih sebagai penerima Program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Timur Tahun 2022.

Program Desa Berdaya DPMD Jatim merupakan program pemberdayaan masyarakat yang memaksimalkan potensi dan manfaat desa.

Seusai acara, Sekretaris Desa Sadang Agus Sungaedi mengungkapkan Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Sadang membuka Pasar Wisata Kuliner dan Seni Budaya Desa Sadang yang berlokasi di Jalan Ronggolawe, desa setempat.

Kehadiran Pasar Wisata Kuliner dan Seni Budaya ini mendapat sambutan baik dari warga. Alhasil, wisata kuliner dan pasar seni budaya menjadi ikon baru di Desa Sadang. Terdapat 24 stan di lokasi ini, terdiri dari 2 stan BUMDes Sadang dan 22 stan UMKM Desa Sadang.

“Pendaftaran lebih dari 40 orang, namun karena keterbatasan tempat, kami memilih 22 pedagang,” ujarnya saat ditemui di Kantor Desa Sadang, Kamis (19/1/2023).

Berkunjung ke Pasar Wisata Kuliner dan Seni Budaya, pengunjung disuguhkan dengan berbagai produk UMKM buatan warga Desa Sadang. Diantaranya adalah marning (olahan jagung) dan keripik singkong yang menjadi produk unggulan Desa Sadang. Tak hanya itu, ada juga penampilan Barongan dari Sanggar Seni Budoyo Lestari.

Agus Sungaedi menjelaskan Pasar Wisata Kuliner dan Seni Budaya buka setiap hari. Hasil penjualan UMKM di pasar wisata kuliner dan budaya menunjukkan peningkatan yang signifikan. UMKM mengaku penjualannya meningkat hingga empat kali lipat saat berjualan di pasar wisata kuliner dan seni budaya dibandingkan berjualan di rumah atau di lokasi sebelumnya.

Untuk meningkatkan minat pengunjung, para pedagang Pasar Wisata Kuliner dan Budaya secara mandiri melakukan berbagai kegiatan hiburan pada hari-hari tertentu. Kesenian Barongan, pagelaran musik, nonton bareng sepak bola bahkan lomba lato-lato diadakan untuk menambah kemeriahan pengunjung. “Alhamdulillah ekonomi masyarakat meningkat dan kegiatan seni juga berkembang sejak adanya wisata kuliner dan pasar seni budaya,” lanjutnya.

Pemdes Sadang akan mengalokasikan dana desa pada 2023 untuk mengembangkan wisata kuliner dan pasar seni budaya dengan memperbanyak jumlah dan melengkapi infrastruktur. Kini, Pemdes Sadang memfokuskan Dana Desa pada program pemberdayaan masyarakat, selain perbaikan infrastruktur fisik di desa yang luasnya mencapai 340 hektar.

Untuk mengembangkan wisata kuliner dan pasar seni budaya, lanjut Agus Sungaedi, diperlukan dukungan dan dukungan dari pemerintah Kabupaten Tuban. “Kami mengharapkan dukungan berupa infrastruktur dan pembinaan agar pasar wisata kuliner dan budaya dapat berkembang lebih baik lagi,” ujarnya. (magus h/hei)

Foto: Suasana Pasar Wisata Kuliner Desa Sadang terlihat ramai pengunjung. (adalah)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button