Wisata sehat kurangi polusi, yuk hilangkan penat sambil sembuh! : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Wisata sehat kurangi polusi, yuk hilangkan penat sambil sembuh! : Okezone Travel

AKTIVITAS Bersepeda, yang juga dikenal dengan menunggang kuda, menjadi populer sejak merebaknya pandemi Covid-19. Bahkan di negara adidaya seperti Amerika Serikat, bersepeda tidak hanya untuk keperluan olahraga, tetapi bisa menjadi alternatif rekreasi atau wisata kekinian yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Gowes menjadi tren kegiatan yang memadukan olahraga dan rekreasi karena tidak hanya menjaga kesehatan tetapi juga mendekatkan diri dengan masyarakat.

Di masa pandemi, semakin banyak orang yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi alternatif untuk menghindari keramaian. Tentunya bersepeda merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan keluarga.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong mendukung kegiatan bersepeda sebagai sarana wisata, salah satunya kegiatan “Jelajahi Gunung Kidul”.

Ilustrasi bersepeda

(Foto: Shutterstock)

Menurutnya, selain meningkatkan kesehatan, kegiatan “Jelajahi Gunung Kidul” juga berkontribusi rendahnya emisi bumi.

“Dengan ride kita akan mengurangi emisi sehingga bumi kita lebih baik, kualitas udara lebih bersih, langit tetap biru,” ujarnya saat membuka acara pembukaan peserta wahana “Jelajah Gunungkidul” pada Sabtu, 17 September 2022.

Ia berharap, ke depan kegiatan menunggang kuda ini bisa disulap menjadi kegiatan yang semakin digandrungi masyarakat Indonesia.

“Sehingga kita bisa mewujudkan Indonesia dengan emisi rendah, udara bersih dan langit biru,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan bersepeda ini sangat penting untuk menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah.

“Salah satunya memiliki jalur atau jalur khusus sepeda agar tidak bercampur dengan kendaraan lain seperti sekarang ini,” jelasnya.

Alue berbagi pengalamannya tinggal selama empat tahun di Brisbane, Australia. Dimana pengendara sepeda adalah bagian yang dihormati dari ekosistem transportasi.

Menparekraf Sandiaga Uno bersepeda

(Menparekraf Sandiaga Uno Bersepeda/Foto: Dok. Kemenparekraf)

“Di sana, pengendara sepeda dan pejalan kaki sangat menghormati jalur karena jalurnya bersih dan aman. Berbeda dengan di Indonesia, di mana pengemudi atau pengendara sepeda motor sering membunyikan klakson. Mereka dianggap mengganggu lalu lintas,” katanya.

Ia juga mendorong setiap daerah untuk memfasilitasi kegiatan bersepeda. “Jadi kalau bersepeda dengan aman dan nyaman, masyarakat sehat, ekonomi juga sehat,” ujarnya.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button