7 rekomendasi wisata air di Klaten, dari Umbul Ponggok hingga Umbul Kemanten - WisataHits
Yogyakarta

7 rekomendasi wisata air di Klaten, dari Umbul Ponggok hingga Umbul Kemanten

TEMPO.CO, jakarta – Kabupaten Klaten, Jawa Tengah memiliki destinasi wisata utama berupa umbul atau mata air alam. Disebut kota 1001 Umbul, keberadaan spanduk di sana tersebar di 26 kecamatan, dari Umbul Ponggok hingga Umbul Kemanten.

Banyaknya spanduk kini menjadi identitas Kabupaten Klaten sebagai objek wisata. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh rekomendasi wisata air atau panji-panji alam di Klaten yang wajib dikunjungi:

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten dan menjadi wisata air yang sedang berkembang di Klaten. Wisatawan tidak hanya bisa mandi dan berenang, tapi juga bisa selfie di dasar kolam. Karena kualitas air di Umbul Ponggok dikenal sangat jernih dan segar.

2. Umbul kapiler

Sepintas, kondisi capillary umbul tidak terlihat jauh berbeda dengan kolam pada umumnya. Namun berkat gotong royong warga sekitar, pemandian air ini menjadi destinasi wisata air yang populer di Klaten. Dengan kedalaman 1,7-1,8 meter dan air yang sangat jernih, wisatawan betah untuk berenang.

3. Panji Cokro

Umbul Cokro atau juga dikenal dengan Umbul Cokro Tulung terletak di Desa Cokro, Tulung, Klaten. Keberadaan pohon Ingas di sekitar lokasi juga kerap membuat spanduk ini dikenal dengan sebutan Umbul Ingas. Berbeda dengan spanduk lainnya, fasilitas di Umbul Cokro sangat lengkap. Mulai dari seluncuran air, snorkeling, river tubing, ATV dan masih banyak lagi.

4. Pennant Pelem

Umbul Pelem terletak di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, atau sekitar 4,5 kilometer dari Umbul Ponggok. mulai Kunjungan Jawa Tengah, Sebenarnya Umbul Pelem sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Setelah setahun renovasi besar-besaran, wisata air ini dibuka kembali pada Mei 2018. Yang membedakan Umbul Pelem dengan spanduk lainnya adalah memiliki kolam renang.

5. Pennant Nilo

Spanduk Nilo di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten menjadi salah satu panji legendaris di Klaten. Mata air di Umbul Nilo sangat banyak sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk berenang tetapi juga untuk aktivitas sehari-hari warga. Karena airnya yang jernih dan segar, panji ini sering digunakan sebagai terapi penyembuhan penyakit seperti stroke.

6. Umbul Sigegang

Wisata air alami atau Umbul di Klaten, selanjutnya yang tak kalah populer adalah Umbul Sigegang. Lokasinya tidak jauh dari mata air atau sumur milik PT TIV AQUA, tepatnya di Desa Karanglo, Polanharjo, Klaten. Wisatawan biasanya tertarik untuk berfoto selfie, bermain air, menyelam, mandi dan menikmati kesegaran mata air.

7. Umbul Kemanten

Umbul Kemanten adalah sebuah kolam alami yang digunakan sebagai destinasi wisata air di Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten. Umbul ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu berupa pohon-pohon besar yang menambah keindahan kawasan. Kawasan wisata pemandian alam ini mulai populer dan ramai dikunjungi pengunjung sejak tahun 2015. Jam buka Wisata Umbul Kemanten adalah 07.30-17.30 WIB.

HARI SETYAWAN

Baca juga: Memotret Ria di kaki Umbul Ponggok Klaten

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button