Wisata gua paling eksotis di Indonesia, unik dan menarik untuk dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

Wisata gua paling eksotis di Indonesia, unik dan menarik untuk dikunjungi

JAKARTA, iNews.id – Wisata gua paling eksotis di Indonesia, cocok untuk referensi liburan. Ada banyak destinasi wisata alam di Indonesia yang keindahannya tak terbantahkan.

Tidak hanya Indonesia yang dipenuhi dengan pantai dan pegunungan yang indah, tetapi juga memiliki gua-gua alam yang begitu eksotis.

Ketika Anda mendengar kata “gua”, hal pertama yang Anda bayangkan adalah lubang hitam yang menakutkan. Sebenarnya goa merupakan salah satu tempat wisata alam yang bagus untuk dikunjungi. Selain itu, gua memiliki keunikan yang muncul ribuan tahun yang lalu.

Berikut 10 wisata gua paling eksotis di Indonesia:

1. Gua Pindul

Wisata goa eksotik pertama di Indonesia adalah Goa Pindul. Tempat wisata alam ini terletak di Desa Judul 1, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Prefektur Gunungkidul, Yogyakarta.

Gua Pindul adalah gua paling terkenal di Indonesia dan paling banyak dikunjungi wisatawan. Pengunjung diberikan jaket pelampung untuk mengarungi sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan ini biasa disebut Cave Tubing.

Panjang wisata Gua Pindul adalah 350 meter dan memakan waktu sekitar satu jam. Salah satu tantangannya adalah akan ada jalan yang sangat sempit dan hanya satu ban kehidupan yang bisa dilalui. Oleh karena itu, penerimaan harus satu-ke-satu dan tentu saja dengan pencahayaan yang cukup. Wisata gua di Indonesia ini cocok bagi Anda yang berjiwa petualang dan ingin mencoba cave tubing.

Wisata goa paling eksotis di Indonesia salah satunya adalah Goa Pindul di Gunungkidul.  (Foto: Gua Pindul)Wisata goa paling eksotis di Indonesia salah satunya adalah Goa Pindul di Gunungkidul. (Foto: Gua Pindul)

2. Gua Jomblang

Masih di kawasan yang sama yaitu Gunungkidul, Yogyakarta adalah Gua Jomblang. Tempat wisata ini terletak di Jetis Wetan, Paddyjo, Kecamatan Semanu, Prefektur Gunungkidul.

Jika Gua Pindul terkenal dengan aliran sungai bawah tanahnya, maka wisata gua ini terkenal dengan cahayanya. Gua ini terbentuk karena adanya penurunan tanah, sehingga tidak heran jika jalur yang dilalui nantinya menurun.

Titik cahaya di Goa Jomblang ini biasa disebut sebagai sky light atau pilar matahari. Cahaya ini tercipta dari cahaya matahari yang masuk dari Luweng Grubug pada ketinggian hingga 90 meter.

Penerbit: Donald Karouw

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: kalteng.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button