Kemenparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru UMKM - WisataHits
Yogyakarta

Kemenparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru UMKM

Memuat…

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat pameran UMKM sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis UGM ke-73 di Jogjakarta, Sabtu (17/12/2022). Foto/MPI/John Demo

JOGJA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru akan diserap oleh usaha kecil dan menengah (UMKM) pada tahun 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pesan tersebut saat menghadiri pameran UMKM sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-73 di Jogjajarta, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga: Kemenparekraf Gelar Program Inkubasi Startup

“Harapannya UMKM menjadi pahlawan dan menciptakan peluang usaha. Target kami adalah 4,4 juta lapangan kerja baru didukung oleh UMKM yang saat ini banyak mengekspor produk,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, kata dia, UMKM bisa menyerap 1,1 juta lapangan kerja pada 2022.

Ia berharap tujuan tersebut dapat tercapai pada tahun 2024 melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan dan asosiasi pengusaha.

Selain itu, Sandiaga mengatakan Kemenparekraf juga menargetkan 30 juta UMKM baru pada 2024. Hingga saat ini, Kemenparekraf menetapkan sudah ada 21 juta UMKM baru yang siap bersaing.

Baca Juga: Kemenparekraf Gandeng Asprindo Kembangkan Desa Wisata

“Masih ada sekitar 10 juta UMKM yang perlu diintegrasikan ke dalam sistem ekonomi digital,” ujarnya.

Dengan tujuan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menargetkan dapat meningkatkan kontribusi ekonomi Indonesia sebesar 65 persen dari total UMKM yang telah mencapai 65 juta unit dan menyerap 95 persen lapangan kerja.

“Kami menargetkan ada 3 pegawai di setiap unit UMKM. Jadi nanti, kalau kita bisa mendigitalkan hingga 30 juta UMKM, 100 juta ekosistem, yang kita harapkan sekitar 97 persen dari total lapangan kerja di Indonesia,” ujarnya.

(shf)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button