4 Daftar Rekomendasi Wisata Sejarah di Magelang - WisataHits
Yogyakarta

4 Daftar Rekomendasi Wisata Sejarah di Magelang

4 Daftar Rekomendasi Wisata Sejarah di Magelang

Salah satu alternatif pilihan liburan yang sangat bermanfaat adalah wisata sejarah. Wisata sejarah ini tidak hanya dapat membantu mengurangi kebiasaan konsumsi, tetapi juga memperkuat rasa kebangsaan Anda terhadap bangsa. Ada banyak tempat wisata sejarah di Indonesia, salah satunya terletak di kawasan Magelang.

Anda bisa memilih satu atau beberapa tempat yang merekomendasikan berita tersebut sesuai dengan keinginan Anda atau tempat bersejarah yang membuat Anda sangat penasaran.

Yuk, simak ulasan berikut ini:

Baca Juga: 4 Daftar Rekomendasi Penginapan Mewah di Lombok untuk Staycation

1.Museum Sudirman

Ada tiga museum Sudirman di Indonesia yaitu Purwokerto, Yogyakarta dan Magelang. Museum Sudirman Magelang dulunya merupakan kediaman terakhir Jenderal Besar. Lokasinya berada di Jalan Ade Irma Suryani No. C7, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang.

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata sejarah di Magelang, Museum Sudirman adalah pilihan yang tepat.

Di museum ini Anda bisa melihat peninggalan Jenderal Sudirman. Mulai dari kursi, replika, sendal, usungan, seragam bahkan tempat tidurnya.

Juga, berbagai kutipan dari sang jenderal ditempel di semua dinding museum, memberikan suasana yang berbeda kepada pembaca.

Bahkan, di sini juga ada meja yang dulu digunakan untuk memandikan jenazah Jenderal Sudirman dan disimpan di ruang belakang museum.

Baca Juga : 5 Daftar Rekomendasi Resort Untuk Anda Yang Merencanakan Liburan Ke Bali

2. Museum Boneka

Selain ibu kota Jakarta, Kabupaten Magelang juga memiliki Museum Boneka lho, lokasinya hanya berjarak sekitar 500 meter di sebelah timur Candi Borobudur.

Tepatnya di Jalan Balaputradewa No.32, RT.01/RW.Dusun 1, Dusun 1, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang.

Museum ini memiliki koleksi Wayang-Kedu buatan tahun 1880. Kemudian ada pula kumpulan 694 judul buku yang berkaitan dengan Wayang yang ditulis dalam berbagai bahasa.

Di sini Anda bisa melihat koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia, misalnya boneka dari Jawa, Bali, Cirebon, dan Lombok.

Anda juga dapat melihat koleksi boneka asing, mis. B. dari Cina, Turki dan Kamboja. Tertarik dengan wisata sejarah? Nah, museum boneka ini bisa menjadi pilihan Anda.

Baca Juga: 4 Kota Terbaik di Dunia Sebagai Destinasi Liburan Tahun Baru 2023

3. Candi Mendut

Sekitar tahun 1836 Candi Mendut ditemukan kembali untuk pertama kalinya. Saat itu ditemukan dalam keadaan roboh dan juga tertimbun tanah serta ditumbuhi semak belukar.

Kemudian pada tahun yang sama dimulailah pemurnian candi dan juga seluruh bangunan candi Mendut ditemukan hingga atapnya.

Diperkirakan Candi Mendut lebih tua dari Candi Borobudur atau setidaknya sezaman dengan Candi Borobudur.

Hal ini berdasarkan ditemukannya tulisan pendek (prasasti) yang konon berasal dari atas pintu masuk. Posisi Candi Mendut menghadap ke barat laut, berlawanan arah dengan Candi Borobudur yang menghadap ke timur.

Candi Mendut terbuat dari batu andesit di bagian luar dan batu bata di bagian dalam (tidak diperlihatkan). Pada dinding rangka tangga terdapat ornamen dengan beberapa panel pahatan yang menggambarkan cerita yang berbeda dengan ajaran Buddha (relief Pañcatantra dan juga cerita Jataka).

Jika ingin mengetahui sejarah atau informasi lebih lanjut, Anda bisa datang langsung ke Jalan Mayor Kusen, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

4. Pura Umbul

Pura Umbul ini terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Pura Umbul ini dilindungi dan menjadi salah satu objek wisata terpenting di Kabupaten Magelang.

Candi ini cukup unik karena tidak serumit candi pada umumnya yang memperlihatkan struktur bangunan. Kuil umbul ini adalah rumah pemandian tua. Saat berkunjung ke pura ini, Anda akan menjumpai dua kolam berupa kolam air panas dan air dingin.

Uniknya, kolam air panas di pura umbul ini tidak berbau belerang. Juga, dua kolam di sana tampaknya memiliki air yang jernih juga.

Itu tadi beberapa daftar rekomendasi wisata sejarah di Magelang. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button