Kembali ke Sumatera Barat, Syamsu Djalal mengunjungi kebun jeruk di Batu Palano - WisataHits
Jawa Barat

Kembali ke Sumatera Barat, Syamsu Djalal mengunjungi kebun jeruk di Batu Palano

AGAMA, KATASUMBAR – Mantan Danpuspom TNI Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal kembali ke kampung halamannya di Sumatera Barat dan mengunjungi kebun jeruk di kawasan Agam.

The Orange Grove adalah Kawasan Wisata Pemetikan Jeruk Batu Palano di Jorong Aceh Baru, Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Syamsu Jalal mengaku tertarik mengunjungi tempat ini karena pengelola tempat ini menggunakan pupuk cair organik dan ingin melihat hasilnya.

Ashefa Griya Pusaka

“Hasilnya tidak lagi luar biasa, sudah luar biasa,” kata Syamsu Djalal, Jumat, 11 November 2022.

Menurut Syamsu Djalal, pupuk kimia merusak tanah dan menghilangkan lapisan tanah atas. Sedangkan pupuk organik dimaksudkan untuk menyuburkan tanah.

Ia juga mengatakan bahwa penggunaan pupuk kimia akan berpengaruh pada tubuh seseorang, sedangkan penggunaan pupuk organik akan menyehatkan.

Karena itu, Syamsu Jalal tertarik menanam dengan pupuk organik.

“Saya akan berkebun di Bogor. Ada 1,8 hektar lahan di sana. Saya kuliah di sini karena ingin menggunakan pupuk organik,” jelas Syamsu Djalal.

Sementara itu, pemilik Wisata Petik Jeruk Batu Palano, Yendril, mengaku sudah hampir dua tahun meninggalkan pupuk kimia dan menggunakan pupuk organik.

“Saya menggunakan pupuk organik. Dulu namanya Tasambua, tapi sekarang berganti nama menjadi Herdonic,” kata Yendril.

Diakui Yendril, banyak perubahan yang terjadi pada tanaman di kebunnya sejak menggunakan pupuk organik.

Menurutnya, perubahan mencolok terletak pada daun pohon jeruk yang terlihat segar sepanjang hari.

Selain itu, pohon jeruk selalu berbuah di tempatnya. Tidak seperti sebelumnya, itu tergantung pada musim.

“Dulu buahnya habis setelah tiga bulan. Lama menunggu untuk berbuah. Tapi sekarang kondisinya berbeda,” kata Yendril.

Ia melanjutkan, saat ini pohon tersebut tidak berhenti berbuah meski sudah tiga bulan.

“Saat ini ada buah yang masak, ada yang masih berbunga, ada yang masih putik, ada yang masih kecil-kecil, yang memungkinkan buahnya tetap eksis,” kata Yendril.

Tidak hanya jeruk, tetapi juga sejumlah tanaman lain yang menggunakan pupuk organik jauh lebih berkembang, menurut Yendril.

Lokasi pemetikan jeruk Batu Palano

Wisata Petik Jeruk Batu Palano ini berlangsung di Jorong Aceh Baru, Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini, tempat ini sangat mudah ditemukan. Bagi pengunjung yang datang dari arah Padang-Bukittinggi, belok kanan ke jalur pendakian setelah pasar Koto Baru.

Merupakan jalan alternatif menuju Padang-Payakubuh. Dari Koto Baru jalan bisa menuju Bukittinggi, Padang Lua, Biaro atau ke Baso.

Nah begitu masuk jalan setapak, belok kanan setelah pasar Koto Baru, ikuti jalan ini sampai tiba di Nagari Batu Palano nanti.

Sesampai di sana, cari Jorong Aceh Baru. Saat sampai di Gerbang Jorong Aceh Baru atau musholla Jorong ini, pilih jalan yang belok kanan.

Hanya sedikit mendaki sampai Anda mencapai tujuan Anda. Tempat wisata ini berada di sisi kiri jalan.

Sementara itu, Anda bisa mengambil jalur alternatif Baso-Koto Baru dari arah Payakumbuh-Kota Padang. Sampai di gerbang Jorong Aceh Baru, belok kiri, naik sedikit, maka Anda akan sampai di tujuan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button