Waterpark Sumber Udel, waterpark favorit untuk liburan keluarga di Blitar - WisataHits
wisatahits

Waterpark Sumber Udel, waterpark favorit untuk liburan keluarga di Blitar

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, kota Blitar, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Sumber Udel Water Park merupakan kolam renang umum terbesar di Kota Blitar dengan berbagai fasilitas bermain yang seru dan menyenangkan. Kolam renang umum ini juga merupakan yang tertua di Kota Blitar namun masih terawat dengan baik. Semua fasilitas masih dapat digunakan sebagaimana mestinya dan pengembangan fasilitas baru yang semakin meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Kolam renang umum yang dikelola oleh pihak pribadi ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga karena memiliki 3 kolam dengan kedalaman yang berbeda. Ada kolam renang yang tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk anak-anak. Ada juga kolam standar untuk belajar berenang dan kolam yang cukup dalam untuk kompetisi atau latihan profesional.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, Water Park Sumber Udel juga berada di lokasi yang strategis. Lokasinya tidak jauh dari makam Bung Karno, hanya sekitar 2 kilometer. Selain itu, juga dekat dengan alun-alun. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya untuk berlibur.

Atraksi Taman Air Sumber Udel

Atraksi Mata Air Taman Air UdelKredit Gambar: Google Maps Baiti Nurasfi

Sumber Udel merupakan waterpark tertua di Kota Blitar yang telah lama memiliki pesona tersendiri. Baru-baru ini, taman wisata ini telah direnovasi secara besar-besaran dan semakin mengembangkan fasilitas yang ada menjadi lebih menarik. Berikut beberapa atraksi yang membuat taman wisata ini semakin diminati pengunjung.

1. Tempat yang bagus

Taman air ini dikelilingi oleh pohon beringin raksasa yang menjadi sumber mata air. Pohon beringin ini diperkirakan berumur ratusan tahun. Berkat pohon-pohon ini, pemandangannya indah dan segar. Tak heran jika kesegaran yang ditawarkan menjadi salah satu daya tarik yang memikat dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Pohon beringin ini juga menjadi sumber air yang dimanfaatkan oleh Sumber Udel Water Park. Airnya sangat bersih dan segar. Sumber sumber yang disebut Udel adalah bahasa Jawa yang artinya pusar. Nama ini berasal dari fakta bahwa sumbernya dikatakan memiliki bentuk pusar.

2. Kolam renang anak

Kolam renang anak-anak memiliki air yang dangkal, sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain air di waktu luang mereka. Di kolam renang ini terdapat banyak jenis permainan air. Ada ember terbalik, serta air mancur berbentuk jamur dan air mancur ikan. Selain itu, ada juga beberapa jenis perosotan, seperti yang berbentuk kepala hewan dan juga yang berkelok-kelok panjang.

Banyaknya permainan air di kolam ini tentu menarik banyak pengunjung terutama anak-anak. Jika sedang musim liburan, akan banyak anak-anak yang mengisi kolam ini dan mencoba berbagai permainan. Tak hanya anak-anak, terkadang pengunjung dewasa juga bermain di air kolam ini.

3. Kolam renang dewasa

Jika ada kolam anak-anak, tentu ada juga kolam untuk pengunjung dewasa. Kedalaman airnya tidak melebihi 1,5 meter tetapi cukup sebagai tempat yang menyenangkan untuk berenang. Kolam ini juga memiliki permainan air yaitu seluncuran setinggi 10 meter. Cukup memacu adrenalin sehingga banyak pengunjung yang ingin mencobanya.

4. Kolam renang standar Olimpiade

Objek wisata yang dimiliki oleh Sumber Udel Water ParkKredit gambar: Google Maps Neni Karunia

Kolam ini cukup dalam untuk khusus pengunjung dewasa yang ingin berenang di kolam standar nasional. Kedalaman air mencapai sekitar 1,6 meter. Kolam ini juga dirancang untuk turnamen. Bahkan kolam ini juga telah menyediakan fasilitas berupa poolside spectator stand.

5. Kolam Aliran

Kolam renang yang ada saat ini dapat digunakan pengunjung untuk bersantai. Biasanya pengunjung menggunakan pelampung karet dan mengapung mengikuti arus air. Pelampung itu sendiri disediakan oleh pengelola untuk disewakan oleh pengunjung. Kolam itu sendiri biasa digunakan pengunjung untuk bersantai di atas air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sumber Taman Air UdelKredit gambar: Google Maps Ionpietx Xion

Taman Air Sumber Udel terletak di Jl. Kali Brantas no. 31, desa Bendo. Letaknya di tengah Kota Blitar, Jawa Timur, sehingga cukup mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, roda dua atau roda empat. Selain itu, tersedia angkutan umum, seperti ojek, angkutan umum, serta becak yang bisa mengantar Anda ke sana.

Rute yang Anda tempuh cukup dengan menelusuri jalan utama dari Alun-Alun Blitar. Jalan ini hanya memiliki satu arah, jadi Anda tidak akan tersesat. Dari Alun-alun Blitar, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer, sehingga Anda bisa berkeliling dengan kendaraan atau berjalan kaki. Anda juga bisa mengakses lokasi waterpark Sumber Udel ini di GoogleMap untuk kenyamanan Anda.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Sumber Udel Water ParkKredit gambar: Google Maps Wiwit Setiawan

Taman Air Sumber Udel buka setiap hari, bahkan selama hari libur nasional. Jam operasionalnya adalah 6:00 pagi hingga 5:00 sore WIB. Waterpark ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga karena murah. Biaya masuknya hanya Rp 10.000 per orang. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijaksanaan pengelola.

Selain tiket masuk, Anda harus menyiapkan uang untuk memarkir kendaraan. Biaya parkir tidak mahal. Jika menggunakan kendaraan roda dua, biaya parkirnya hanya Rp 3.000. Sedangkan jika membawa kendaraan roda empat, biaya parkirnya hanya Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Sumber Udel

Hal yang Dapat Dilakukan di Sumber UdelKredit gambar: Google Maps Dewi Anisatur Rahmah

Aktivitas seru bisa kamu lakukan di Sumber Udel Water Park, apalagi jika kamu membawa keluarga. Berkat berbagai fasilitas yang tersedia, Anda dan keluarga akan betah bermain air dalam waktu yang lama. Plus, ada tiga kolam dengan kedalaman berbeda, jadi tidak perlu khawatir anak-anak tenggelam.

1. Permainan air

Berkunjung ke taman air Sumber Udel akan sangat kurang jika belum bermain air. Banyaknya permainan air yang tersedia juga akan sangat seru untuk dicoba. Anda tidak perlu khawatir karena kedalaman airnya juga cocok untuk anak-anak. Oleh karena itu, mengajak keluarga berlibur ke taman wisata ini dan bermain air tentunya bisa menjadi alternatif kegiatan untuk menghabiskan waktu.

2. Berenang

Selain bermain air, Anda juga bisa berenang. Jika Anda masih belum mahir, Anda bisa berenang di kolam standar yang tidak terlalu dalam. Sementara itu, jika Anda sudah mahir berenang dan ingin mencoba kolam yang lebih dalam, Anda bisa berenang di kolam standar olimpiade. Jangan khawatir, sudah ada penjaga pantai yang tersedia jika terjadi kesalahan.

3. Bersantai

Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai. Jika Anda ingin bersantai di air, Anda bisa mencoba wahana lazy river. Anda dapat menyewa ban mengambang untuk mengapung di atas air dan terbawa suasana. Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan, apalagi jika Anda memang ingin bersantai.

Jika Anda tidak berada di dalam air, Anda juga bisa bersantai di kursi yang disediakan. Kursi-kursi ini juga telah dilengkapi dengan payung agar tidak terbakar sinar matahari. Pengunjung biasanya menggunakan kursi-kursi ini sebagai tempat istirahat sambil melihat anak-anak bermain di kiddie pool.

Kegiatan menarik di Sumber UdelKredit Gambar: Instagram Arie Bagus Prasetya

4. Rekreasi

Sebagai liburan murah, Anda juga bisa bersenang-senang bersama keluarga di taman bermain Sumber Udel. Anda bisa membawa bekal dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga setelah lelah bermain air. Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa membelinya di kantin yang disediakan pengelola.

5. Rubah Terbang

Kegiatan ini sangat seru dan wajib dicoba jika anda berkunjung ke waterpark di Blitar ini. Kelelawar buah ini memiliki tinggi 10 meter dan panjang 80 meter serta memanjang di atas kolam renang di bawahnya. Untuk menikmati wahana mendebarkan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.000 di akhir pekan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Air Sumber UdelKredit gambar: Google Maps DuaTuju Production

Sumber Udel Water Park memiliki fasilitas yang memadai, terutama setelah dilakukan renovasi pengelolaan dan penambahan fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Salah satu fasilitasnya adalah tempat parkir yang cukup luas. Parkir mobil ini dapat digunakan untuk kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Perkembangan berupa permainan air yang membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam air. Ada juga tempat persewaan ban dan jaket pelampung jika ada pengunjung yang baru pertama kali takut tenggelam. Fasilitas berupa toilet dan ruang ganti yang bersih dan terawat juga tersedia. Kamar mandi ini terpisah untuk pria dan wanita.

Bosan main air juga bisa mengisi perut karena ada kantin yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Di sekitar kolam terdapat area tempat duduk dengan payung untuk berteduh dimana pengunjung dapat duduk dan beristirahat. Ada juga mushola jika ada pengunjung yang ingin beribadah.

Sumber Udel Water Park merupakan tempat wisata air tertua di Blitar yang wajib dikunjungi. Cocok sebagai tujuan wisata keluarga, tersedia juga kolam dangkal untuk anak-anak. Destinasi wisata ini juga berada di lokasi yang strategis bagi Anda untuk mengunjungi destinasi lain setelah sekedar bermain air.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button