Dulu scrub, sekarang bagus untuk foto - WisataHits
Jawa Barat

Dulu scrub, sekarang bagus untuk foto

jakarta

Situ Rawa Kalong menjadi daya tarik baru bagi warga Depok. Setelah diresmikan oleh Ridwan Kamil pekan lalu, tempat ini mulai dipadati pengunjung.

Selain wajah baru, daya tarik danau di Depok ini adalah panggung terapungnya. Selama peresmian, Ridwan Kamil dan Bonge berayun di atas kepala dan merekam video TikTok.

Namun, usai peresmian, akses jembatan apung tersebut dikunci dengan gembok. Hal ini menimbulkan kekecewaan di antara pengunjung yang berniat mencoba jembatan terapung tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kali ini kita tidak akan membahas mengapa jembatan terapung ini ditutup. Namun traveler pasti tahu perubahan besar apa yang terjadi di Setu Rawa Kalong.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok.  Tapi sekarang jembatan atau platform apung terkunci di sana.Pengunjung berfoto di Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Foto: Rengga Sencaya

Warga mengatakan danau ini merupakan kawasan kumuh dan penuh semak belukar. Dengan revitalisasi ini, danau menjadi lebih indah dan menjadi tujuan wisata.

‚ÄúSebagai warga lokal saya senang karena dulu tempat ini terlalu kumuh, tidak terawat, semak-semak di mana-mana. Yang kami khawatirkan ada hewan liar yang nantinya bisa menyerbu pemukiman warga,” kata Alex, warga sekitar yang tertabrak detik.com di Setu Rawa Kalong.

“Di masa lalu, Setu ini adalah daerah yang rentan, tetapi kebangkitan telah membalikkannya. Sekarang jadi tempat wisata,” imbuhnya.

Informasi bagi para pelancong, kawasan laut yang dulu disebut angker, sehingga orang takut untuk mendekatinya, namun kemudian menjadi kawasan pemancingan yang populer.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok.  Tapi sekarang jembatan atau platform apung terkunci di sana.Sebuah jembatan terapung di Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Foto: Rengga Sencaya

Sayangnya, lama kelamaan menjadi dangkal dan airnya tercemar. Dulu banyak bangau dan belibis yang mencari makan di area danau, namun semakin lama semakin menghilang begitu saja.

Dalam publikasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk detikcom, Revitalisasi danau ini merupakan komitmen Pemprov Jabar untuk menyediakan ruang publik yang berkualitas bagi warga. Dana yang dikeluarkan untuk revitalisasi danau seluas 8,25 hektar itu mencapai Rp 20 miliar.

Situ Rawa Kalong di Desa Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Nantinya, akan ada fasilitas di Situ Rawa Kalong, gedung hall, floating terrace, vertical garden atau wall garden, taman untuk lansia, pedestrian street, area UMKM, small square yang Instagramable, dan floating catwalk.

Setu Rawa KalongSetu Rawa Kalong Foto: (Syanti/detikcom)

pemantauan detik.com Saat Seru Rawa Kalong berkunjung langsung, akses ke floating stage masih terhalang. Fasilitas toilet umum belum dibuka.

Meski demikian, warga tetap bisa berkunjung dan menikmati suasana di sekitar danau. Terlihat pula beberapa warga sedang memancing di danau.

Beberapa dinding danau juga dihiasi dengan mural warna-warni yang lucu. Salah satu foto di sana tentu saja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Bisa selfie dengan altar foto Ridwan Kamil?

Saksikan Video Pemilik Tanah Menyesal Cara JNE Mengubur Beras Sejahtera di Depok
[Gambas:Video 20detik]
(sim/feminin)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button