Air Terjun Banyunibo, sebuah air terjun cantik yang diapit perbukitan dan persawahan di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Banyunibo, sebuah air terjun cantik yang diapit perbukitan dan persawahan di Gunung Kidul

Air Terjun Banyunibo, sebuah air terjun cantik yang diapit perbukitan dan persawahan di Gunung Kidul
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Putat, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Banyunibo merupakan keindahan alam Yogyakarta yang selalu sangat menarik untuk dijelajahi. Maka dari itu tidak heran jika destinasi ini menjadi incaran para wisatawan. Air terjun cantik ini baru dikembangkan dan dikenal setelah dibukanya Desa Wisata Bobung di Gunung Kidul.

Akses ke lokasi kini jauh lebih baik dengan fasilitas yang lebih lengkap. Aliran air di air terjun ini sering mengalami pasang surut sehingga membuat destinasi ini sepi pengunjung.

Keadaan air terjun Banyunibo yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan wisatawan. Apalagi setelah melewati masa pandemi yang panjang, pergi ke tempat wisata alam kini menjadi sangat populer.

Jika Anda sedang berada di Jogjakarta, cobalah mampir ke wisata air terjun ini. Pesonanya dapat membantu wisatawan bersantai atau rehat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Objek wisata air terjun Banyunibo

Air Terjun BanyuniboKredit gambar: Google Maps Waone Rakarwan

Di antara sekian banyak destinasi alam, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Penasaran, apa saja daya tarik tempat tersebut? Berikut adalah beberapa objek wisata air terjun Banyunibo.

1. Dikelilingi oleh hutan

Hal menarik pertama adalah destinasinya yang berada di tengah hutan yang masih sangat asri. Air terjun yang dikelilingi hutan ini membuat udaranya segar dan tidak tercemar.

2. Dikelilingi perbukitan dan persawahan

Selain menikmati keindahan air terjun Banyunibo, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dan persawahan. Dalam perjalanan menuju tempat wisata tersebut, mata akan disuguhkan pesona sawah berundak penduduk setempat yang mempesona. Belum lagi pemandangan hijau perbukitan di sekitar lokasi menambah pesona air terjun.

3. Bersihkan mata air

Mata air yang mengalir di air terjun ini juga jernih dan arus yang dihasilkan tidak terlalu deras dengan pola berliku-liku. Pola ini terbentuk karena air harus melintasi beberapa lereng berbatu. Kecuraman lerengnya sekitar 70 derajat dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Aliran air ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena membuat Curug Banyunibo semakin indah. Apalagi saat musim hujan tiba, debit air akan semakin banyak dan membuat air terjun ini semakin mempesona. Karena saat musim kemarau tiba, debit air di air terjun menawan ini akan berkurang drastis.

4. Spot foto yang menarik

tempat foto menjadi hal menarik lainnya yang membuat wisatawan khususnya kaum milenial datang ke tempat tersebut. Pengunjung bisa mendapatkan foto terbaik dengan latar belakang air terjun dan bebatuan, serta pemandangan alam yang hijau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun BanyuniboKredit gambar: Google Maps Ratno Tegar

Wisata yang menawarkan mata air sejuk dengan pemandangan indah ini berlokasi di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 18 km atau sekitar 40 menit. Sedangkan dari arah Bantul, Anda hanya membutuhkan waktu 13 menit berkendara sejauh 5,6 km menuju sirkuit ini.

Rute selanjutnya, pengunjung harus memarkir kendaraan bermotornya di area parkir tujuan. Perlu diketahui bahwa tidak ada angkutan umum yang melewati air terjun Banyunibo. Dengan demikian, pengguna bus dapat berhenti di terminal kota Bantul kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Karena lokasinya berada di tengah hutan, untuk menuju lokasi setiap pengunjung harus berjalan kaki. Setelah memarkir kendaraan, Anda harus menyusuri jalan setapak dengan medan menurun sekitar 100 meter. Jangan lupa gunakan sepatu anti selip, karena medan jalan gunung biasanya naik turun dan licin.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Destinasi wisata alam yang populer ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai alam dan berpetualang. Biaya masuk ke air terjun cantik ini gratis atau wisatawan bebas masuk ke air terjun Banyunibo secara gratis.

Biaya yang harus dikeluarkan hanya berkaitan dengan biaya parkir kendaraan bermotor. Untuk itu, sangat disarankan untuk berlibur ke destinasi ini bersama teman dan keluarga.

Selain minim anggaran, Pemandangan air terjun Banyunibo sangat indah. Anda bisa mulai memasuki kawasan wisata ini mulai pukul 08.00 pagi. Pastikan tubuh dalam kondisi prima agar segala aktivitas yang direncanakan selama liburan berjalan lancar.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Banyunibo

Aktivitas Seru di Air Terjun BanyuniboKredit gambar: Google Maps Ratno Tegar

Air terjun yang indah ini menawarkan pesona alam sehingga selalu ramai pengunjung bahkan di luar hari libur. Tempat ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dengan berbagai aktivitas menarik untuk dilakukan.

1. Berenang di kolam alami

Sebagai destinasi wisata air, tentunya salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Banyunibo adalah berenang. Mata air di destinasi ini sangat jernih dengan kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk berenang.

Selain alirannya tidak deras, kedalaman kolam relatif dangkal sehingga aman untuk aktivitas berenang. Anda bisa berenang di bawah air terjun, namun tetap harus berhati-hati karena kondisi medan yang licin. Wisatawan biasanya duduk santai di bebatuan besar sambil menikmati suasana tempat yang tenang dan sejuk.

2. Bersantai di gazebo

Air terjun menawan ini menawarkan sejumlah gazebo sebagai fasilitas pengunjung. Liburan tidak akan berkesan tanpa menikmati panorama alam yang indah di depan mata. Menikmati pemandangan alam air terjun Banyunibo akan sangat menenangkan di belvedere ditemani minuman dan makanan ringan.

Bersantai ditemani semilir angin pegunungan dan pemandangan air terjun serta pepohonan hijau. Kegiatan sederhana namun akan menandai liburan Anda.

3. Foto selfie

Aktivitas menarik terakhir yang harus dilakukan selfie Atau selfie di air terjun Banyunibo. Kegiatan yang satu ini tidak akan pernah lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama saat liburan.

Setelah menjelajahi pemandangan alam yang mempesona, abadikan momen terbaik Anda dengan berfoto. Halaman media sosial semakin menarik dengan foto pemandangan hutan yang indah dan air terjun Banyunibo.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun BanyuniboKredit gambar: Google Maps Ahmad Najahu Taufik

Meski sudah dibuka untuk wisata, air terjun Banyunibo belum dikelola secara profesional. Selain kemungkinan masuk ke lokasi tanpa membeli tiket, fasilitas yang ada masih kurang memadai. Akses jalan menuju destinasi masih kurang baik, namun sudah dilakukan perbaikan.

Namun, hal tersebut tidak akan mengurangi semangat Anda untuk menjelajahi air terjun tersebut. Fasilitas yang Anda dapatkan di lokasi antara lain musala, parkir yang luas, dan toilet umum.

Pengunjung yang lelah menjelajahi kawasan air terjun juga bisa beristirahat di gazebo yang disediakan. Sedangkan untuk kebutuhan makan dan minum, direncanakan juga warung milik warga setempat. Anda bisa bersantai menikmati keindahan air terjun sambil memesan minuman dingin atau panas.

Air Terjun Banyunibo di Gunung Kidul menawarkan pengalaman liburan yang unik dan menarik untuk dicoba. Kapan lagi bisa menikmati keindahan air terjun di tengah hutan yang masih terjaga keasliannya. Segera rencanakan destinasi liburan Anda bersama keluarga sekarang juga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button