Pantai Sebalang, pantai yang indah untuk bersantai dan menikmati sunset di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pantai Sebalang, pantai yang indah untuk bersantai dan menikmati sunset di Lampung

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 09.00-22.00 WIB, Alamat: Sebalang, Tarahan, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Terletak di provinsi Lampung, Pantai Sebalang memiliki daya tarik yang menawan. Pantai ini memiliki pasir putih dan kafe yang memanjakan wisatawan yang datang untuk bersantai dan menikmati liburan. Kafe di pantai ini memiliki keunikan tersendiri dengan kafe-kafe lainnya, dimana dengan pasir putih atau balon-balon tempat duduk wisatawan.

Pantai ini sangat ideal untuk liburan bersama keluarga, teman atau pasangan. Dengan konsep kafe milenial yang mengutamakan keindahan alam namun menawarkan masakan remaja yang trendy. Kafe ini tidak hanya menarik wisatawan, namun ada pohon bakau di sekitar pasir putih yang membuat keindahan pantai semakin terlihat.

Ditambah dengan jam buka yang hampir 24 jam dari pukul 09:00 hingga 00:00 waktu setempat, Pantai Sebalang begitu ramai dikunjungi wisatawan. Dari anak-anak hingga orang dewasa, dari yang datang secara rombongan hingga yang datang sendiri dengan pasangan, pantai di Kabupaten Lampung Selatan ini begitu ramai dikunjungi.

Atraksi Pantai Sebalang

Atraksi di Pantai SebalangKredit gambar: Google Maps Geo Evans

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hampir setiap hari pantai ini begitu ramai dikunjungi wisatawan yang datang berkunjung. Semua itu tidak lepas dari daya tarik pantai ini yang berhasil menarik minat wisatawan, berikut beberapa objek wisata yang ada di Pantai Sebalang.

1. Kafe luar ruangan

Sebelum ada kafe bernama Cafe Sebalang Kuy, pantai ini tidak terlalu ramai, mengingat lokasinya yang tidak jauh dari kawasan industri, pantai ini sudah mulai gelap. Namun, saat kafe Sembalang Kuy mulai beroperasi, banyak wisatawan yang datang berlibur dan bersantai di pantai ini.

Itu karena kafe ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan kafe yang Anda temukan di banyak lokasi. Dengan berbagai pernak-pernik, suasana pantai dengan semilir angin laut dan keindahan pasir putih pantai ini menjadikan kafe ini tempat yang Instagrammable. Maka tak heran jika sebagian besar wisatawan yang datang adalah para remaja yang ingin berfoto di kafe tersebut.

2. Pasir putih dengan bakau

Beberapa pantai menawarkan keindahan yang memadukan pasir putih dan hutan bakau, apalagi dengan hadirnya kafe Instagramable Sebalang Kuy, yang membuat pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan di sekitar kota Bandar Lampung. Suasana semakin indah saat fajar mulai tenggelam di antara rimbunnya mangrove dan langit memerah.

3. Matahari terbenam di sore hari

Bersantai di kafe yang trendi sambil menyaksikan matahari terbenam di antara pepohonan bakau di sepanjang pasir putih pantai Sebalang akan membuat pengalaman berbeda bagi para wisatawan yang datang, terutama ketika mereka menikmati momen ini bersama orang atau pasangan terdekat. Suasana romantis sepertinya datang secara alami untuk sementara waktu.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Sebalang

Alamat Pantai SebalangKredit gambar: Google Maps Sammy Sammy

Terletak sekitar 27 kilometer dari kota Bandar Lampung, Pantai Sebalang terletak di desa Sebalang, yang dinamai pantai. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Untuk waktu perjalanan, akan memakan waktu sekitar 55 menit dari pusat kota Bandar Lampung dengan menempuh jl. Lintas Sumatera.

Sedangkan untuk rute dari pusat kota Bandar Lampung ambil Jl. Pulau Bacan menuju SMA Negeri 10 Bandar Lampung lalu tetap di Jl. Gatot Subroto di pertigaan Jl. Yos Sudarso kemudian ambil jalan menuju hotel Shaid Bandar Lampung dan menginap di Jl. Yos Sudarso untuk memasuki Jl. Suban Bandar Lampung.

Dari jl. Suban Bandar Lampung atau lebih dikenal dengan Jl. Crossing Sumatra tetap di jalan ini sampai pertigaan restoran Ra/Sul kemudian keluar jalur di pertigaan Jl. Patih dan tetap di jalan ini sampai ketemu Warung Makan Ara Pantai Sebalang Taraham lalu belok kiri dan langsung ke pantai.

Karena biaya masuk ke pantai ini relatif murah yaitu Rp 5.000 per orang. Selama waktu ini, biaya parkir bervariasi. Parkir untuk kendaraan roda 2 adalah Rp 5.000 per kendaraan dan untuk kendaraan roda 4 adalah Rp 10.000 per kendaraan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sebalang

Aktivitas di Pantai SebalangKredit gambar: Google Maps Glory Lampung

Dengan hiruk pikuk pantai pasir putih, sepertinya ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sepanjang pantai. Dari yang berhubungan dengan air laut hingga yang berhubungan dengan Café Sebalang Kuy. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sebalang.

1. Pergi ke Cafe Sebalang Kuy

Pusat dari pantai ini adalah Cafe Sebalang Kuy dengan pesonanya yang Instagramable. Menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat pasangan sangat nyaman di sini. Mencicipi menu yang disajikan sambil menikmati pesona pantai pasir putih dan pepohonan bakau memang menjadi pengalaman tersendiri.

Tak heran jika banyak remaja datang ke pantai ini hanya untuk bersantai menyaksikan pemandangan alam dan para wisatawan cantik yang juga datang berlibur ke pantai ini. Tak perlu takut dengan harga yang ditawarkan kafe ini, karena dengan Rp 10.000, wisatawan sudah bisa mendapatkan minuman untuk menemani momen relaksasi mereka.

2. Main pasir putih

Kemudian, bermain di sepanjang pasir putih Pantai Sebalang. Banyak permainan yang bisa dimainkan bersama teman atau orang dekat ketika datang ke tempat wisata ini, seperti membangun istana pasir, voli pantai, sepak bola, atau kejar-kejaran di sepanjang pantai. Sore hari, Anda akan melihat beberapa tenda di sekitar pantai untuk para wisatawan bermalam berkemah.

3. Perkemahan

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, dimana pada sore hari Anda akan melihat wisatawan membangun tenda di pinggir pantai untuk melakukan kegiatan camping atau bermalam di alam bebas di pantai ini. Dengan suara ombak dan suara angin di malam hari serta lampu warna-warni di sekitar pantai, waktu berkemah berbeda.

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Aktivitas Lain Pantai SebalangKredit gambar: Google Maps Nanda Saputra

Aktivitas menarik selanjutnya adalah berjemur di bawah sinar matahari. Biasanya yang melakukan kegiatan ini adalah wisatawan asing yang datang untuk berlibur di pantai ini. Turis-turis asing ini pergi berjemur di pantai berkedok pasir pantai.

5. Bermain dengan air laut

Aktivitas menarik lainnya adalah bermain air laut, untuk aktivitas ini jarang dilakukan wisatawan karena tujuan utama wisatawan yang datang ke pantai indah ini adalah untuk bersantai di Café Sebalang Kuy. Biasanya hanya anak-anak yang melakukan kegiatan ini, atau wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang pohon bakau yang memaksa mereka untuk masuk ke dalam air laut.

6. Ambil gambar

Dan kegiatan terakhir adalah berfoto. Dengan keberadaan kafe yang trendi dengan banyak pernak-pernik yang membuatnya sangat menarik, mengundang para wisatawan untuk berfoto di kafe-kafe tersebut.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantaiKredit gambar: Twitter Traveloka Indonesia

Ada beberapa hostel di sekitar pantai bagi yang ingin bermalam tapi tidak ingin berkemah. Berikut adalah beberapa hostel di pantai Sebalang.

1. Airy Eco Tarahan Soekarno Hatta

Berjarak sekitar 2 kilometer dari pantai, hostel ini menawarkan pengalaman kehidupan malam mulai dari Rp 220.000 per malam. Dengan fasilitas seperti AC, wifi gratis dan parkir gratis.

2. RedDoorz dekat Pantai Pasir Putih Lampung

Dengan harga per malam sekitar Rp 300.000 per kamar dengan fasilitas tambahan seperti wifi gratis, TV, air mineral dan parkir gratis. Jarak dari hostel ini ke pantai kurang lebih 4 kilometer.

3. Resor Suak Sumatera

Berjarak sekitar 12 kilometer, resor ini menawarkan night dive dengan harga Rp 1.500.000 per malam. Dengan fasilitas seperti wifi gratis, parkir gratis, TV dan pemandangan pantai yang indah.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sebalang, Lampung

Fasilitas di Pantai SebalangKredit gambar: Facebook Nofa Mastaroza

Tidak hanya Sebalang Kuy Cafe yang berada di pantai ini, namun ada beberapa fasilitas penunjang lainnya di pantai pasir putih ini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Sebalang.

1. Kopi

Yang pertama adalah Cafe Sebalang Kuy yang menjadi tempat lintas utama para wisatawan di pantai ini. Dengan harga yang terjangkau, kafe ini memiliki banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Bahkan ada yang datang hanya untuk berfoto.

2. Kursi

Duduk di tepi pantai cukup unik. Dengan beberapa payung warna-warni, wisatawan bisa duduk di atas balon atau pasir putih, yang membuatnya sangat unik. Apalagi di malam hari, lampu warna-warni akan menerangi pantai, membuat suasana menjadi elegan namun tetap alami dan nyaman untuk bersantai.

3. Area parkir

Fasilitas selanjutnya adalah tempat parkir yang dapat digunakan wisatawan untuk memarkirkan kendaraannya saat berkunjung ke Pantai Sebalang. Tidak perlu takut terjadi apa-apa dengan kendaraan karena akan dijaga oleh petugas di sana. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, barang berharga wisata harus dibawa bersama wisatawan.

4. Tanah Kosong

Di sekitar pantai juga terdapat lahan kosong yang biasa digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah atau bermalam di pantai. Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan camping sebaiknya menyiapkan lotion anti nyamuk agar tidak digigit nyamuk saat tidur di alam terbuka pada malam hari.

5. Toilet umum

Ada juga toilet umum yang bisa digunakan oleh wisatawan yang datang. Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir saat ingin buang air kecil atau besar.

6. Masjid

Ada juga mushola bagi wisatawan yang ingin salat. Bagi wanita yang ingin sholat, disarankan untuk membawa mukenah dari rumah untuk memperingatkan jika tidak ada mukenah di masjid ini.

Dari semua pantai Sebalang adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk remaja. Karena tempat ini memiliki nuansa milenial namun tetap alami. Banyak wisatawan yang datang untuk bersantai dan berfoto di kafe pantai ini. Banyak juga wisatawan yang datang bersama pasangannya karena momen romantis yang ditawarkan oleh Cafe Sebalang Kuy.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button