Jokowi ingin manfaat wisata Labuan Bajo dinikmati tidak hanya oleh pengelola hotel mewah - WisataHits
Jawa Tengah

Jokowi ingin manfaat wisata Labuan Bajo dinikmati tidak hanya oleh pengelola hotel mewah

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meminta agar manfaat ekonomi pariwisata di Labuan Bajo tidak hanya dinikmati oleh pengelola hotel mewah.

Jokowi mengatakan saat ini pemerintah sedang merenovasi rumah warga agar bisa dijadikan kios atau toko keluarga angkat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Agar pariwisata di Labuan Bajo benar-benar bermanfaat bagi si kecil, bukan hanya bintang 4 dan bintang 5, tapi si kecil juga bisa merasakan manfaatnya sehingga kesejahteraannya meningkat,” kata Jokowi di Labuan Bajo, Jumat (22 Juli). .2022), dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Tinjau Penataan Desa di Labuan Bajo, Jokowi Berharap Warga Dapat Manfaat Dari Pariwisata

Pada Jumat, Jokowi meninjau proyek pembangunan perumahan untuk mendukung kawasan pariwisata di Kampung Baru, Labuan Bajo.

Jokowi menegaskan, pemerintah tidak hanya menata alun-alun dan amfiteater di kawasan Marina Labuan Bajo, tetapi juga desa-desa sekitarnya.

Penataan kampung ini dirancang agar hunian yang ada juga dapat memanfaatkan pariwisata di Labuan Bajo, kata Jokowi.

Baca juga: Resmikan Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo, Jokowi: Jangan Buang Sampah dengan Hati-hati

Menurut dia, pembentukan kawasan pemukiman di destinasi wisata lain dilakukan agar usaha kecil juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan pariwisata di sana.

“Nanti di Likupang seperti itu, jadi anak-anak kecil semua terlibat, juga di Borobudur, juga di Toba, semuanya. Masyarakat dilibatkan, artinya bukan orang besar saja yang diuntungkan,” ujarnya kepada Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga merekomendasikan agar penetapan kawasan ini diikuti dengan pemeliharaan fasilitas dan pelatihan pemangku kepentingan pariwisata Keluarga tuan rumah.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: nasional.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button