Untuk penggunaan fasilitas, PT KAI membangun RTH di pasar Rengasdengklok - WisataHits
Jawa Barat

Untuk penggunaan fasilitas, PT KAI membangun RTH di pasar Rengasdengklok

TEMPO.CO, jakarta – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan mendirikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di pasar Rengasdengklok Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang. Executive Vice President PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Suryawan Putra Hia mengatakan operasi ini merupakan bagian dari pemanfaatan aset KAI.

“Program pengembangan ruang terbuka hijau di Pasar Rengasdengklok untuk kepentingan masyarakat berlangsung di ruang publik,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Suryawan menjelaskan, saat ini ada tujuh KA jarak jauh yang mengangkut penumpang naik turun Stasiun Karawang. Stasiun Karawang juga melayani enam KA lokal jalur Cikarang-Purwakarta.

“Selain pemanfaatan dan perlindungan aset, pengembangan transportasi kereta api juga digalakkan,” kata Suryawan

Kerjasama dengan Pemerintah Kota Sukabumi

Selain Pemkab Karawang, perusahaan juga bekerja sama dengan Pemkot Sukabumi di bidang transportasi. Menurutnya, PT KAI bekerja sama dengan Pemkot Sukabumi untuk memanfaatkan dan melestarikan aset. Kedua belah pihak menandatangani perjanjian kerja sama di Kantor Pemerintah Kota Sukabumi.

Penandatanganan tersebut merupakan bentuk komitmen PT KAI dan pemerintah kota untuk bersinergi meningkatkan konektivitas rel-to-urban di kota Sukabumi. Keduanya memiliki peran masing-masing sesuai dengan kewenangan, kompetensi, program dan kegiatannya masing-masing.

“Saat ini Daop 1 Jakarta telah menyiapkan kawasan Stasiun Sukabumi untuk memudahkan masyarakat berpindah moda transportasi dari dan ke stasiun,” kata Suryawan.

Ia berharap ke depan kedua pihak dapat bekerja sama dalam aspek pengelolaan lingkungan di sekitar stasiun. Tujuannya agar dapat mendukung kegiatan masyarakat sesuai dengan kewenangan dan peraturan yang berlaku.

Selain itu, Daop 1 Jakarta telah memulai kembali KA Pangrango jalur Sukabumi-Bogor. Tarifnya Rp 45.000 untuk Kelas Ekonomi dan Rp 80.000 untuk Kelas Eksekutif.

Baca juga: Penumpang KA Pangrango tujuan Sukabumi dapat berangkat dari Stasiun Bogor. Apa saja syaratnya?

Source: metro.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button