Untuk mencegah vandalisme, DPRD Kota Tegal mengadakan lomba mural untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum - WisataHits
Jawa Tengah

Untuk mencegah vandalisme, DPRD Kota Tegal mengadakan lomba mural untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum

KOTA TEGAL –

Aksi mencoret-coret tembok di beberapa lokasi di Kota Tegal menjadi perhatian Pemerintah Kota Tegal (Pemkot Tegal). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal merespons dengan menggelar lomba mural yang dibuka langsung oleh Walikota Tegal pada Jumat (26/8/2022) di Halaman Lawang Satus Kota Tegal.

Aksi vandalisme di sudut-sudut Kota Tegal sering digunakan dengan mencoret-coret gambar atau kata-kata yang tidak senonoh atau tidak sedap dipandang.

Wali Kota mengatakan lomba lukis mural yang digelar merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan pada dinding-dinding kosong yang membentang di Kota Tegal, sehingga dinding-dinding tersebut terlihat lebih indah, indah dan enak dipandang.

“Kompetisi mural yang kami luncurkan hari ini merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan pada dinding-dinding kosong yang membentang di kota Tegal sehingga dinding-dinding tersebut dapat terlihat lebih cantik, lebih indah dan lebih enak dipandang mata,” ujar Wali Kota Tegal.

Ia menyampaikan, aksi vandalisme, khususnya di sekitar Taman Pancasila dan Stasiun Kereta Api Kota Tegal, sering terjadi dan menjadi tujuan wisata para pendatang dari luar Kota Tegal.

Dedy Yon mengatakan selain untuk mempercantik wajah Kota Tegal, tujuan lain diadakannya lomba mural ini adalah untuk menyalurkan kreativitas para kontestan yang sebagian besar adalah mahasiswa.

Walikota berharap kompetisi mural seperti ini bisa diadakan di bagian lain kota Tegal di masa depan. Tentunya dengan Kota Tegal yang penuh dengan mural akan mencegah terjadinya vandalisme, mempercantik wajah Kota Tegal, sekaligus menyalurkan ide-ide kreatif dan bakat anak-anak muda Kota Tegal.

Di tempat yang sama, Direktur Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M Ismail Fahmi mengatakan, antusiasme peserta cukup tinggi yang ditunjukkan dengan banyaknya peserta dari luar kota Tegal.

Lomba dibagi menjadi dua kategori, kategori siswa SMA/SMK/MA dan siswa/umum. Kategori siswa SMA/Profesional/MA dari kota Tegal dan luar kota Tegal ada 32 kelompok (30 dalam kota, 2 luar kota). Untuk kategori mahasiswa, digunakan dinding parkir PT. KAI selatan Taman Pancasila.

Sedangkan kategori pelajar, seniman dan masyarakat umum di Kota Tegal dan luar Kota Tegal dengan total 56 kelompok yang terdaftar (Kota Tegal 15, Kabupaten Tegal 15, Kabupaten Yogya 4, Pemalang 3, Brebes 2 dan 1 KLP masing-masing): Jakarta , Bekasi , Karawang, Kota Batu Malang, Ponorogo, Bojonegoro, Pekalongan, Banyumas, Batang, Blora, Cilacap, Jepara, Klaten, Magelang, Purwokerto, Solo dan Karanganyar). dan menggunakan tembok pembatas PT. KAI dari Stasiun Kota Tegal utara atau di Jalan Kolonel Sudiarto.

Kompetisi akan berlangsung dari Sabtu (27,8.) hingga Minggu (28.8.) mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Source: kanal9.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button