Air terjun Sumuran, surga alam eksotis yang tersembunyi di Magelang - WisataHits
wisatahits

Air terjun Sumuran, surga alam eksotis yang tersembunyi di Magelang

Air terjun Sumuran, surga alam eksotis yang tersembunyi di Magelang
Harga Tiket Air Terjun Sumuran: Rp3.000, Jam operasional: 06:30 – 17:00, Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu air terjun terbaik yang bisa dikunjungi wisatawan liburan adalah Air Terjun Sumuran. Air terjun ini juga dikenal dengan air terjun Seloprojo. Tempat ini memiliki beberapa fitur unik dan menarik. Fitur ini adalah bentuk air mancur yang terdapat di sana.

Wisatawan yang datang bisa melihat berbagai pemandangan alam yang indah dan udara yang begitu segar dan segar. Air Terjun Seloprojo mampu menawarkan keindahan yang pastinya tidak sama dengan air terjun lain yang pernah Anda kunjungi. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata favorit.

Dalam perjalanan menuju tempat wisata Air Terjun Sumuran, pengunjung akan terpesona dan takjub dengan pepohonan dan persawahan yang mengelilinginya. Lokasi air terjun ini berada di kota Magelang. Tempat ini bisa Anda kunjungi saat liburan tiba bersama anak-anak dan pasangan tercinta.

Atraksi yang ditawarkan oleh air terjun Sumuran

Air Terjun SumurFoto: Google Maps/Ruwanto

dua air terjun

Curug Sumuran merupakan kawasan wisata di provinsi Yogyakarta. Tur ini menampilkan 2 air terjun yang terletak cukup dekat. Padahal, dua air terjun berada di kawasan yang sama yakni Seloprojo, yakni Air Terjun Senthong dan Air Terjun Seloprojo. Kedua air terjun ini memang berbeda meski banyak wisatawan yang menganggapnya sama.

Padahal, Seloprojo merupakan kawasan yang di dalamnya terdapat dua air terjun. Jalan menuju tempat wisata air terjun seloprojo memang cukup licin. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati. Bagi yang tidak ingin tersesat, sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata.

Perjalanan menuju tempat ini cenderung sulit, namun meski begitu, rasa lelah Anda dalam perjalanan menuju Air Terjun Seloprojo akan langsung terbayar lunas dengan berbagai pemandangan yang ditawarkan tempat ini.

Alam yang indah

Curug Sumuran memiliki ketinggian hingga 30 meter, debit air akan lebih deras di awal musim hujan. Kedua air terjun yang berada disana memiliki debit air yang cukup besar dan mampu menyuguhkan pemandangan yang begitu mempesona.

Pemandangan yang sangat indah tidak hanya bisa anda lihat di air terjun, namun anda juga bisa menyaksikan berbagai aktivitas warga yang sedang mencari rumput atau merawat sawahnya di dekat tempat wisata tersebut.

Akses ke sana cenderung rumit, sehingga wajar jika tempat ini relatif sepi dari wisatawan. Namun, ini satu lagi poin yang harus segera Anda tuju ke air terjun Seloprojo.

Karena keindahan yang melekat pada tempat wisata ini, tidak berlebihan untuk menganggap Air Terjun Sumuran sebagai surga yang tersembunyi. Berbagai spot foto menarik bisa ditemukan di sana.

Dua kolam alami

Di kawasan wisata nanti Anda juga akan menemukan sebuah kolam. Tidak hanya ada satu kolam renang, tetapi Anda akan melihat dua kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter. Pihak pengelola wisata sengaja membangun kolam tersebut agar bisa digunakan sebagai tempat berenang dan permainan air.

Ada juga 3 arca yang dibuat menyerupai batu candi. Karena itulah, tempat ini akan memberikan kesan kuno dan kolosal seolah-olah Anda sedang berada di situs peninggalan kerajaan kuno. Ini pula yang menjadi daya tarik lain yang ditawarkan air terjun Seloprojo kepada para pengunjungnya.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat Air Terjun SumuranFoto: Google Maps/Royan Ahmad

Lokasi Air Terjun Sumuran tepatnya berada di desa Seloprojo kecamatan Ngablak. Anda harus segera menuju ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk menuju lokasi ini. Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih disarankan, karena nantinya Anda akan lebih leluasa dalam perjalanan menuju lokasi air terjun.

Nantinya, Anda harus melintasi jalan yang dipenuhi sawah di setiap sisinya. Ikuti jalan tersebut hingga akhirnya sampai di gerbang yang ditandai dengan tempat wisata. Petunjuk arah sudah disediakan di pinggir jalan sehingga memudahkan untuk menemukan lokasi.

Pastikan untuk menggunakan sepatu yang tepat karena jalan menuju air terjun licin dan terjal. Berhati-hatilah saat berjalan agar tidak terjatuh.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sumuran

Harga Tiket Air Terjun SumuranFoto: Google Maps/Maesan Channel

Saat Anda memutuskan untuk berlibur ke Air Terjun Sumuran, sebaiknya siapkan budget untuk membayar tiket masuk. Tiket masuk ke air terjun relatif murah, hanya Rp 3.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua hanya Rp 2.000.

Bagi pengunjung yang berasal dari perkotaan dan sedang mencari tempat wisata dengan udara segar, sangat cocok untuk datang ke Air Terjun Seloprojo. Tempatnya masih alami, asri, jauh dari polusi. Untuk mencapai suasana yang benar-benar tenang dan hening sebaiknya memilih hari selain hari libur.

Air terjun dibuka pada pukul 08:00 dan akan ditutup pada pukul 17:00. Untuk harinya sendiri, air terjun seloprojo buka setiap hari dan tidak memberlakukan hari libur. Tempat wisata ini masih dalam tahap pengembangan, jadi sebaiknya hindari datang pada malam hari.

Bagi Anda yang menyukai petualangan, air terjun ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di sinilah Anda kemudian bisa menjelajahi area air terjun hingga ke bagian terjauh.

Nuansa pedesaan yang begitu unik dan khas melekat erat pada tempatnya. Tak kalah menariknya, penduduk kawasan wisata tersebut dikenal sangat ramai dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke air terjun di kota Magelang ini.

Kegiatan seru dan menarik untuk dilakukan

Aktivitas Air Terjun SumuranFoto: Google Maps/kneng kdev

1. Abadikan alam yang indah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Air Terjun Sumuran merupakan kawasan wisata yang selalu sangat asri. Di sini Anda akan menemukan pepohonan hijau yang tumbuh semakin lebat dan menjulang tinggi seolah menggapai langit. Keindahan yang tersaji didalamnya adalah ciptaan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Untuk itu, sayang sekali jika tidak mengabadikannya dalam bingkai foto. Pastikan semua keindahan yang ditawarkan oleh setiap sudut air terjun telah Anda abadikan menggunakan kamera. Spot foto yang Instagramable bisa didapatkan dengan mudah dan bisa langsung Anda tampilkan di jejaring sosial.

2. Bumi Perkemahan Air Terjun Sumuran

Mengunjungi tempat ini pada malam hari memang tidak disarankan, namun jika Anda nekat datang ke sana dan menginap di sana juga tidak akan dilarang. Namun pastikan Anda sudah mengetahui rute menuju tempat ini. Suasana nokturnal di sana tentu akan berbeda dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Anda bisa membawa peralatan berkemah dan mendirikan kemah di dekat air terjun. Saat malam tiba menyalakan api unggun diiringi suara air terjun di tengah rimbunnya pepohonan, tentu menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Namun, pastikan untuk membawa peralatan berkemah Anda sendiri. Karena di tempat ini tidak ada persewaan peralatan untuk camping.

3. Berenang dan berendam

Melangkah ke Air Terjun Sumuran, Anda akan merasakan nuansa Bali yang kental. Hal ini dikarenakan tempat tersebut memiliki 3 patung kepala burung. Patung-patung tersebut dibuat menyerupai patung-patung di pura-pura yang ada di pulau Bali.

Air terjun cantik yang mengalir langsung dari Gunung Telomoyo dan jatuh ke dalam dua kolam yang dibuat oleh pengelola wisata. Kedalaman kolamnya cukup dangkal, hanya 1 meter. Selain menikmati panorama di sana, Anda juga bisa berenang dan mandi di kolam yang dangkal.

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun

Instalasi Air Terjun SumuranFoto: Google Maps/Christian Budiono

Walaupun Air Terjun Sumuran merupakan tempat wisata yang tergolong baru, namun tempat ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup menunjang aktivitas para wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah gazebo yang berada di samping kolam renang.

Dengan Gazebo ini, Anda bisa duduk bersantai bersama keluarga sambil menikmati makanan. Ada juga area camping bagi yang ingin bermalam di sana.

Ada juga lebih dari satu toilet yang disediakan. Oleh karena itu, Anda tidak akan bertengkar dengan pengunjung lain saat ingin menggunakannya. Untuk tempat parkir mobil sendiri dekat dengan kantor pos untuk pembayaran tiket.

Air Terjun Sumuran di Magelang merupakan kawasan wisata baru yang sangat populer. Alam yang begitu indah dengan air terjun yang jernih membuat semua orang akan merasa santai dan betah berada di sini, oleh karena itu segera nikmati kemudahan mengunjungi air terjun bersama keluarga tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button