TVRI Nature Studio Wisata alam yang terjangkau - WisataHits
wisatahits

TVRI Nature Studio Wisata alam yang terjangkau

Harga Tiket Masuk TVRI Nature Studio : Rp 5.000 Jam Buka : 08:00 – 16:00 No Telepon : 081210769978 Alamat : Jalan Raden Saleh No 90, Jl TVRI Nature Studio No 1, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16412

Di tengah kota yang ramai, Depok ternyata memiliki banyak destinasi wisata potensial yang masih bisa dikembangkan. Salah satunya yang dikenal luas memiliki sejarah panjang adalah TVRI Studio Alam. Lahan yang semula dijadikan lokasi syuting siaran TVRI kini menjadi destinasi wisata warga Depok yang mencari suasana alam di tengah hiruk pikuk kota.

Harga Tiket Masuk TVRI Nature Studio

Harga tiket masuk TVRI Studio Alam terjangkau dan berlaku sama untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Tidak ada perbedaan harga tiket masuk untuk hari kerja atau akhir pekan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 5.000
Tiket kendaraan
Tiket sepeda motor Rp 5.000
tiket mobil Rp 10.000
Tiket bus/Roda 6 Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk INSANI HERBAL PARK dan Kegiatan Depok

Jam operasional

Area taman hiburan ini buka setiap hari. Disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari jika ingin menikmati udara segar dan pemandangan langit saat matahari akan terbenam.

Jam buka
Jam buka 08.00 – 16.00 WIB

Ragam Kegiatan di TVRI Nature Studio

Logo Studio Alam TVRILogo Studio Alam TVRI dengan background logo khas – Foto: Google Maps/heru bakmal

Meski bertajuk ‘studio’, namun tempat ini tidak berbentuk gedung atau gedung tertutup seperti studio pada umumnya. Tempat ini merupakan ruang terbuka hijau yang sengaja dibangun untuk keperluan syuting acara TVRI pada waktu itu, seperti aku cinta Indonesia dan syuting drama kolosal.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Green Lake View Depok Water Park

Tak heran jika tempat ini memiliki bangunan berupa rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Diberkahi dengan kondisi alam yang indah, Sanggar Alam TVRI menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang terjangkau oleh berbagai kalangan.

Tujuan aktivitas Di luar

Suasana Studio Nature TVRISebagian besar taman adalah lahan hijau dan area dengan pepohonan – Foto: Google Maps/Agustinus Asa Yudha Utama

Studio Alam TVRI berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 20 ha. Tempat ini dibangun pada tahun 1980 sebagai lokasi syuting program TVRI yang berlatar alam. Hampir seluruh daratannya ditumbuhi rerumputan dan pepohonan yang rindang dan asri, bahkan dilengkapi dengan telaga atau telaga besar.

Kavling yang luas ini sangat cocok untuk berbagai kegiatan di luar ruangan. Ada banyak lahan terbuka yang bisa digunakan pengunjung untuk berolahraga. Area taman wisata juga dilengkapi dengan jogging track dan lapangan tenis yang memadai. Selain itu, ada sebuah danau bernama Situ Sido Mukti yang dapat digunakan sebagai tempat memancing atau mendayung.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan DKandang Depok

Pengunjung yang ingin berkemah juga dapat memanfaatkan medan berumput yang tersedia untuk mendirikan tenda. Ada banyak daerah dengan garis tanah datar kering di sini. Namun, tidak tersedia persewaan tenda, jadi pengunjung harus membawa tenda sendiri.

Selain itu, banyaknya pepohonan besar dan rindang menjadikan Studio Alam TVRI tempat yang ideal. keluar. Tempat wisata ini sering menjadi tempat alternatif untuk mendirikan kegiatan keluar, bola cat, senjata airsoft, dll.

Wisata alam yang murah dan menyenangkan

Sanggar Alam TVRI Kuda LiarBeberapa hewan diperbolehkan berkeliaran bebas di Studio Alam TVRI, termasuk kuda – Foto: Google Maps/Wildan Waliyuddin

Studio Alam TVRI juga menjadi destinasi wisata yang murah dan memuaskan. Pengunjung bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi untuk berkeliling menikmati suasana yang asri. Waktu terbaik untuk berjalan-jalan di sini adalah pagi dan sore hari. Piknik juga diperbolehkan di area ini, namun ingat untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jangan heran jika Anda menjumpai kuda atau kerbau saat berjalan-jalan di sini. Kedua hewan tersebut sengaja dilepaskan dan dibiarkan di alam liar di sekitar taman. Tidak perlu khawatir diserang selama tidak mengganggu keberadaan hewan tersebut. Padahal, pengalaman berada dekat dengan kuda dan kerbau di alam terbuka akan sangat menarik bukan?

Sepeda Air di Situ Sido MuktiPengunjung bersepeda keliling danau menggunakan sepeda air di Danau Sido Mukti – Foto: Google Maps/resdi yono

Bagi pengunjung yang membawa keluarga, sempatkan untuk bersepeda air di Situ Sido Mukti. Wahana air ini dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. Dengan membayar ekstra, pengunjung bisa mengelilingi danau selama 20 menit. Ada juga pilihan lain seperti perahu dan tamparan.

Ambil foto dengan properti pembuatan film

Menembak lengkungan propertiSalah satu properti yang digunakan untuk syuting – Foto: Google Maps/syah roni040

Sambil jalan-jalan, pengunjung bisa mengamati dan berfoto di rumah-rumah adat yang tersebar di beberapa titik. Ada juga patung dan gerbang yang merupakan properti menembak tua. Properti “peninggalan” ini sering dijadikan lokasi fotografi oleh para wisatawan.

Suasana syuting di TVRI Nature StudioSampai saat ini masih sering dijadikan tempat berfoto – Foto: Google Maps/Ady Arek

Ada berbagai rumah adat di sini mulai dari rumah adat Jawa hingga rumah Kalimantan. Selain rumah adat, juga terdapat patung dan gapura. Hingga saat ini, seluruh properti terkadang masih digunakan sebagai lokasi syuting acara TV. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat dengan mata kepala sendiri proses pengambilan gambar yang sering dilakukan di sini.

Fasilitas Studio Alam TVRI

TVRI Alam Studio dilengkapi dengan toilet, mushola dan warung makan. Ada paviliun untuk acara mengumpulkan serta lapangan tenis yang bisa digunakan untuk olahraga. Jalan di dalam cukup lebar dan bisa digunakan untuk parkir kendaraan kecil maupun besar.

Lokasi Studio Alam TVRI

Taman wisata alam dan rekreasi ini terletak di Jalan Raden Saleh No. 90, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Lokasi dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum D.06 dari terminal Depok kemudian dilanjutkan melalui ojek. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum D.09 yang berhenti tepat di depan gerbang masuk.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button