Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Indah dan Eksotis di Magelang - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Indah dan Eksotis di Magelang

Air Terjun Kedung Kayang salah satu tempat wisata alam di magelang yang mempesona dengan latar belakang pemandangan gunung merapi dan keindahan alamnya yang didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Harga tiket: Rp 4.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Desa Wonolelo, Kedung Kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kota Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang Magelang, Anda pasti akan teringat dengan Candi Borobudur yang popularitasnya sudah sampai ke mancanegara. Tidak bisa dipungkiri, Magelang memang merupakan daerah yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang tenang, apalagi karena dikelilingi oleh pegunungan yang indah.

Namun, tahukah Anda bahwa ada destinasi wisata lain yang tak kalah menarik saat berkunjung ke Magelang? Anda bisa mencoba mengunjungi wisata alam Air Terjun Kedung Kayang Magelang, salah satu tempat yang perlahan mulai populer di kalangan wisatawan karena lokasinya yang indah.

Tidak hanya indah, Air Terjun Kedung Kayang juga menawarkan berbagai fasilitas dan nuansa sejuk yang akan memuaskan Anda. Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi air terjun eksotis ini.

Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Objek Wisata Air Terjun Kedung KayangKredit gambar: Google Maps Deka Deswanto

1. Suasana alam yang indah

Air terjun ini memiliki lokasi yang bisa dibilang cukup tinggi. Begitu tinggi Anda bisa melihat nilai Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari tempat ini. Tidak hanya memiliki tempat yang tinggi, suasana alam di sini juga sangat indah karena daya tahannya sangat terjaga dengan baik oleh masyarakat sekitar.

2. Udara segar

Jika Anda bosan dengan udara kota yang kotor, mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang Magelang adalah pilihan terbaik. Karena terletak di antara pedesaan dan diapit oleh dua gunung, maka udara di tempat ini tidak diragukan lagi sangat bersih dan segar, sehingga akan memanjakan paru-paru Anda saat menghirup udara di tempat ini.

3. Pemandangan yang bagus

Di tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan yang memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas keindahan air terjun yang bisa dinikmati dari berbagai sisi. Karena pemandangannya yang indah, tempat ini menjadi tempat favorit para pengguna media sosial karena lokasinya yang sangat cocok dan estetis untuk dijadikan latar foto mereka.

4. Air yang Menawan

Arus yang deras akan membuat air terjun ini menjadi tirai putih raksasa yang diapit di antara kedua gunung tersebut. Selama musim hujan, tetesan kecil air ini akan jatuh di antara air terjun yang berjatuhan, memberikan pemandangan yang menakjubkan.

Anda dapat mengabadikan pemandangan ini dengan kamera, tetapi Anda juga harus berhati-hati agar tidak terlalu lama mengarahkan kamera ke air terjun. Tetesan air yang begitu banyak akan dengan cepat membasahi kamera Anda. Jika terkena terlalu banyak air, itu akan cepat merusak kamera Anda dan gagal bekerja dengan baik.

5. Tebal dalam suasana mistis

Konon nama air terjun ini diambil dari nama tiga tokoh sakti di masa lalu, yaitu Empu Panggung, Empu Putut dan Empu Khalik. Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini memiliki penjaga yang setia untuk menjaga kelestariannya. Selain itu, air yang mengalir di sini dipercaya memberikan manfaat tertentu bagi pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang AlamatKredit gambar: Google Maps KG

Tempat wisata ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Magelang, Anda bisa mencapai air terjun ini hanya dalam waktu sekitar sepuluh menit.

Jika Anda adalah pengunjung yang memulai dari Jogja, Anda hanya perlu mengikuti jalan menuju air terjun ini melalui Ketep pass yang berada di puncak Bukit Sawangan. Jarak antara Ketep Pass dan Air Terjun Kedung Kayang cukup dekat, hanya sekitar tiga kilometer.

Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil jika ingin menggunakan transportasi umum untuk menuju ke sana. Pertama, Anda bisa naik bus AKAP yang kemudian turun di sisi timur kawasan pabrik kertas Blabag Magelang. Kemudian Anda hanya perlu naik angkutan dari desa ke Tlatak Sawangan lalu ganti arah ke Jrakah.

Setelah itu, Anda tinggal berjalan kaki untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Terkadang Magelang. Untuk mencapai lokasi air terjun yang indah ini membutuhkan tenaga yang lebih dan waktu yang dibutuhkan mungkin tidak cepat. Namun, Anda tetap akan dimanjakan dengan banyaknya pemandangan alam yang indah selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang

Tiket Air Terjun Kedung KayangKredit gambar: Google Maps saras ds

Berbeda dengan destinasi wisata lainnya, Kedung Kayang di Magelang memiliki tiket masuk yang sangat terjangkau. Meski memiliki harga yang bersahabat, pengunjung tetap akan merasa aman saat mengunjunginya.

Saat memasuki lokasi air terjun ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 per orang. Sementara itu, biaya parkir ditetapkan sekitar Rp 2.000 bagi pengunjung yang mengendarai sepeda motor.

Setelah membayar tiket, pengunjung diperbolehkan untuk menikmati semua fasilitas air terjun. Ada satu wahana yang paling diapresiasi pengunjung, yaitu sudut pandang. Tarif yang dikenakan untuk menikmati wahana ini adalah Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Namun, perlu diketahui bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Kedung Kayang

Aktivitas di Air Terjun Kedung KayangKredit gambar: Gambar Facebook Diva

1. Bermain dan mandi di bawah air terjun

Salah satu hal yang membuat wisata ini lebih menarik dari yang lain adalah suasananya yang begitu damai karena pengunjung yang datang ke tempat ini tidak terlalu ramai. Anda bisa mandi atau sekedar duduk-duduk di atas batu sambil menikmati deru air terjun yang membasahi tubuh yang sejuk sembari ditemani pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, di bawah air terjun yang indah ini juga terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Kolam ini dipenuhi bebatuan yang tersebar dengan berbagai ukuran, ada yang kecil, ada yang sangat besar. Bebatuan ini menjadi salah satu objek yang mempercantik kolam bawah laut dan membantu pengunjung agar tidak terpeleset.

2. Trekking melawan sungai yang mengalir

Bagi Anda yang menyukai adrenalin dan tantangan, Anda bisa melakukan aktivitas ini di Air Terjun Kedung Kayang. Anda bisa berjalan kaki menuju aliran air terjun yang berada di bawahnya dengan menuruni jalan setapak yang menurun.

Jalan memang sudah tenggelam, namun kondisinya masih cukup licin sehingga disarankan untuk memakai sepatu gunung atau sandal agar tidak terpeleset saat berjalan. Setelah sekitar sepuluh menit perjalanan, Anda akan tiba di tepi sungai.

Derasnya aliran sungai akan membuat Anda merasakan ketegangan saat berjuang melawan arus air yang semakin deras. Saat hujan, evakuasi air akan lebih penting sehingga kegiatan ini sangat tidak disarankan untuk keselamatan Anda.

3. Sudut pandang

Aktivitas yang paling diminati wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun Kedung Kayang adalah aktivitas menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu di Gerbang Pandang. Tempat ini merupakan spot foto yang dibangun oleh warga sekitar di salah satu pohon pinus di sekitar air terjun.

Warga membangun tempat ini dengan posisi dan bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk bujur sangkar dan memiliki pagar di sekelilingnya, sedangkan yang lainnya berbentuk segi delapan dan tidak memiliki pagar.

Dari Gardu Panda ini, selain melihat bentuk dua gunung yang megah, Anda juga bisa melihat pemandangan air terjun yang mengalir indah dari atas. Tempat ini sangat cocok dikunjungi pada sore hari karena pemandangannya yang indah dan sinar matahari yang membuat Anda seolah-olah tertutup oleh Gunung Merapi. Tak ayal pengunjung berebut untuk mengabadikan momen sunset di spot ini.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Fasilitas Air Terjun Kedung KayangKredit gambar: Instagram PLX

Seperti halnya destinasi wisata lainnya yang telah dikendalikan dan dipelihara oleh pengelola, air terjun ini juga memiliki beberapa fasilitas penunjang yang bertujuan agar pengunjung lebih aman saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Beberapa fasilitas di air terjun ini adalah toilet bersih yang sering digunakan pengunjung untuk berganti pakaian atau mandi. Selain itu, terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika lapar atau kehabisan makanan di tempat ini.

Namun, akan lebih baik jika Anda membawa lebih banyak perbekalan karena jumlah makanan yang tersedia tidak terlalu bervariasi. Tidak hanya itu, kamu juga harus membawa kantong sampah untuk berjaga-jaga dan menjaga kebersihan air terjun ini

Objek wisata air terjun Kedung Kayang indah dan terletak di tempat yang strategis. Tak hanya cantik, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas untuk menenangkan pikiran yang lelah dari kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin berkunjung ke Magelang, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi yang sudah dijelaskan di atas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button