Libatkan 73 seniman, motif ArtJog 2023: lamaran resmi dibuka! - WisataHits
wisatahits

Libatkan 73 seniman, motif ArtJog 2023: lamaran resmi dibuka!

Libatkan 73 seniman, motif ArtJog 2023: lamaran resmi dibuka!

Piknikdong.com – ArtJog 2023 kembali digelar di Jogja National Museum, Yogyakarta mulai 30 Juni hingga 27 Agustus 2023.

Mengangkat tema “Motif: Application”, pameran ini menghadirkan 73 seniman yang terdiri dari 51 seniman dewasa dan 22 seniman cilik.

ARTJOG 2023-Opening Ceremony-Pemukulan saron menandai pembukaan ARTJOG 2023ARTJOG 2023-Opening Ceremony-Pemukulan saron menandai pembukaan ARTJOG 2023, Foto: ARTJOG

Selain itu, ArtJog 2023 juga menampilkan program dan platform pendukung lainnya untuk umum seperti ArtJog Performance, Young Artist Award, ArtJog Kids, Exhibition Tour, Meet The Artist, Artcare, dan Jogja Art Weeks.

Pembukaan ARTJOG tahun ini mempertemukan para tamu dari pemerintah pusat dan daerah, swasta, seniman, mitra dan kolega, pecinta seni, serta insan media yang disambut hangat oleh Heri Pemad selaku Direktur ArtJog.

Gubernur DIY dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Ka Budayadan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, SS, MA, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya ArtJog yang terus menginspirasi dan membangun perkembangan seni rupa di tanah air. , khususnya pemajuan budaya Yogyakarta bagi Indonesia; sekaligus berperan aktif dalam memajukan ekonomi kreatif.

Gubernur berharap ArtJog dapat terus eksis membawa kemeriahan dan dampak karena kreativitas dan ide adalah kekuatan dan aset penting.

Pembekalan Wacana Seni dan Budaya juga membawakan ArtJog 2023, salah satunya oleh seniman peserta ArtJog 2023, Goenawan Mohamad.

Selain itu, Hilmar Farid, Ph.D. selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menyampaikan orasi budaya yang sekaligus menjadi penanda resmi pembukaan acara ArtJog 2023.

Hilmar Farid mencontohkan multiplier effect ArtJog yang diungkap Heri Pemad dapat diapresiasi secara proporsional terutama oleh pemerintah, tidak hanya secara ekonomi tetapi juga dampaknya terhadap sosial budaya masyarakat.

Bagaimana hubungan dunia seni dengan pendidikan kritis yang harus dimulai sejak dini.

Pada akhirnya, Hilmar mengajak seluruh komponen masyarakat pecinta seni yang hadir untuk memulai kerja sama budaya untuk Indonesia.

ARTJOG 2023-Opening Ceremony-YAAARTJOG 2023-Opening Ceremony-YAA, foto: ARTJOG

Pada edisi ke-16 ini, ArtJog kembali memberikan penghargaan kepada seniman muda melalui Young Artist Award (YAA) dengan dukungan dari Dinas Kebudayaan Provinsi DIY (Kundha Ka Budayaan).

YAA 2023 diberikan kepada tiga seniman, yakni Audya Amalia dengan karyanya Things Left Unsaid on the Edge of Her Fingers, Condro Priyoaji dengan karyanya Dark on Dark dan Yosep Arizal dengan karyanya El Monstruo.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan dilakukan oleh Agung Kurniawan dan Sudjud Dartanto selaku perwakilan Tim Juri YAA, bekerja sama dengan Dian Lakshmi Pratiwi, SS, MA, dan Tim Kurator ARTJOG.

Rangkaian pembukaan dilanjutkan dengan tur ke showroom.

Selain menikmati berbagai karya seni, para tamu juga disuguhi penampilan dari seniman peserta: Mella Jaarsma, Yosef Arizal dan Brahma Tirta Sari (Agus Ismoyo dan Nia Fliam).

ARTJOG 2023-Opening Performance-Sri Panggung-2ARTJOG 2023-Opening Performance-Sri Panggung, Foto: ARTJOG

Turut memeriahkan malam pembukaan, ArtJog menampilkan penampilan dari Saron Groove, Sri Panggung dan Pulang x Prontaxan.

Kemeriahan pembukaan ArtJog 2023 akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan dan tentunya dapat dinikmati oleh para penonton.

Program ARTJOG Kids akan menampilkan penampilan kolaborasi seniman Erwin Windu Pranata bersama Rumah Belajar Ummasa dan MishaBaron bertajuk The Bayan Tale pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Setelah dimulainya pagelaran ArtJog pada 2-3 Juli 2023, akan ada pagelaran lintas media oleh Garasi Performance Institute bertajuk Stone Time. Rumah terbakar.

Harga Tiket Masuk ArtJog 2023

Untuk mengunjungi pameran ArtJog 2023, masyarakat dapat membeli tiket, dimana harga tiket masuk ArtJog 2023 adalah Rp 75.000,00 untuk dewasa dan Rp 50.000,00 untuk anak usia 6-16 tahun.

Selama ini, anak-anak di bawah 6 tahun dibebaskan dari biaya masuk.

Tiket pameran dapat diperoleh dengan pembelian langsung di lokasi setiap hari selama jam buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Informasi dan pendaftaran program publik ArtJog 2023 dapat diakses melalui www.artjog.id.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button