Pemkot Surabaya Tanam Melon Emas - ANTARA News Mataram - WisataHits
Jawa Timur

Pemkot Surabaya Tanam Melon Emas – ANTARA News Mataram

SURABAYA (ANTARA) – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur menanam melon emas untuk program padat karya dan ketahanan pangan. “Jika ini (pembibitan) berhasil dan dapat digunakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di masa depan,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Antiek Sugiharti saat panen melon emas dan sayuran hidroponik di Surabaya, Kamis.

Antiek bersyukur atas hasil penanaman melon emas di laboratorium kantornya. Tentu saja, setelah penanaman berhasil, melon yang bernilai tinggi ini kemudian diterapkan pada lahan/aset Pemkot yang digunakan untuk program padat karya. “Kami mencoba menanam melon ini di lahan padat karya agar pendapatan mereka meningkat,” kata Antiek.

Antiek menjelaskan, saat ini ada tujuh kavling/aset Pemkot yang dijadikan lokasi padat karya. Sebagian besar lahan ditanami sayuran dan ternak. Melon emas, lele dan udang juga ditanam di lahan tersebut.

Kali ini, panen di lapangan DKPP menghasilkan 400 kilogram melon, 100 kilogram lele dan 20 kilogram udang. “Hasilnya akan kita bagikan ke publik dan kita lihat pangsa pasarnya ada di mana-mana. Karena melon emas ini memiliki pangsa pasar yang sangat besar dan diminati masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Mobilisasi Surabaya (PKK) Rini Indriyani yang juga terlibat dalam pemanenan melon emas mengatakan, hasil uji coba penanaman melon emas kali ini berhasil. Selain melon emas, ada juga ikan lele dan udang yang hasilnya tak kalah memuaskan.

“Ini merupakan upaya Pemkot untuk mendorong pembudidayaan buah-buahan, termasuk melon emas. Tujuannya untuk memajukan program padat karya dengan memanfaatkan lahan/aset Pemkot,” kata Rini.

Baca Juga: Desa Wisata Melon Lombok Barat Siap Tampung Penonton MotoGP
Baca Juga: Petani Desa Ombe Baru Ciptakan ‘Desa Sehat’ Dengan Melon Emas

Rini mengatakan, panen melon emas di Surabaya ternyata melebihi ekspektasi. Buahnya tumbuh dengan baik dengan rasa yang sangat manis meski ditanam di tanah perkotaan. “Alhamdulillah setelah dicoba hasilnya luar biasa. Ternyata Surabaya juga bisa jadi lahan pertanian yang bagus, setelah ini (penggarapan) berhasil, akan ditanam di lahan/aset pemkot lain ke depannya,” ujarnya.*

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button