Desa Wisata Trenggalek minta show tahun ini untuk menarik wisatawan - WisataHits
Jawa Timur

Desa Wisata Trenggalek minta show tahun ini untuk menarik wisatawan

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Desa wisata di Kabupaten Trenggalek yang berdiri tahun ini perlu menampilkan sesuatu yang berbeda untuk menarik pengunjung.

Pada tahun 2022, Pemkab Trenggalek akan kembali membangun 35 desa wisata untuk mencapai target 100 desa wisata pada tahun 2023.

Jumlah desa liburan yang sama telah dibangun pada tahun sebelumnya. Beberapa berhasil, yang lain ditangguhkan.

Untuk memaksimalkan jumlah desa wisata yang didirikan tahun ini, pemerintah kabupaten mendorong setiap desa wisata untuk mengadakan acara khusus.

“Paling tidak satu desa wisata memiliki event yang unik. Karena mengundang masyarakat harus melalui acara terlebih dahulu,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Jumat (9/9/2022).

Acara tersebut, kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu, bisa berupa berbagai pertunjukan. Terutama pertunjukan yang mengandung kearifan lokal.

Selain itu, ia berharap desa wisata yang ada dapat memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitarnya sebagai daya tarik.

“Jadi labelnya bisa ditambah dengan Geoside, Geoheritage, kemudian itu menjadi bagian dari geopark,” lanjutnya.

Untuk mendukung hal tersebut, ia meminta penanggung jawab organisasi perangkat daerah (OPD) menyiapkan berbagai hal agar hasilnya maksimal.

“Saya berharap dukungan anggaran dan kegiatan ke depan lebih baik lagi,” tambahnya.

Mas Ipin menegaskan desa wisata menjadi salah satu program prioritas untuk mendongkrak perekonomian pasca dampak pandemi Covid-19.

Mulai 2021, total 100 desa liburan akan dibangun dalam tiga tahun.

Selain desa wisata, pemerintah kabupaten juga berharap agar perekonomian kembali tumbuh dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Salah satu dorongannya adalah bahwa pemerintah daerah melatih ribuan wanita setiap tahun dan membantu mereka membangun dan memulai bisnis mereka sendiri.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button