Tiket dan Atraksi JANJANG SARIBU Bukittinggi - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi JANJANG SARIBU Bukittinggi

Tiket dan Atraksi JANJANG SARIBU Bukittinggi

Harga Tiket Masuk Janjang Saribu : PASTI. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Bukit Apit Puhun, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26136.

Siapa yang tidak mengenal Janjang Saribu? Paket atraksi untuk dikunjungi saat bermain di Ngarai Sianok. Janjang Saribu sering disebut sebagai kembaran dari Janjang Koto Gadang. Tour ini menawarkan pengalaman trekking dengan pemandangan Ngarai Sianok dan kota Bukittinggi.

Janjang Saribu terbentang dari Perbukitan Apik sampai ke dasar Lembah Sianok. Panjang lintasan mencapai 700 m. Medan tebing yang terjal memberikan nuansa tersendiri bagi wisatawan yang melintasinya. Tempat wisata ini banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara yang menyukai aktivitas fisik.

Harga Tiket Masuk Janjang Saribu

Tidak ada tarif resmi yang ditetapkan untuk memasuki kawasan wisata ini. Hanya saja dalam beberapa kesempatan ada pungutan dari masyarakat sekitar yang mengakui mereka sebagai pemilik. Apalagi pengunjung hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir kendaraan.

Biaya masuk
Tiket masuk LAYAK

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata FORT DE KOCK Bukittinggi

Jam kerja

Tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari. Tidak ada waktu khusus mengenai pembukaan atau penutupan tempat ini. Pengunjung disarankan untuk datang sebelum matahari terbenam. Hal ini memperhitungkan resiko medan yang cukup berbahaya jika dikunjungi pada malam hari.

Jam kerja
Senin minggu 24 jam

Obyek wisata Janjang Saribu

Pemandangan atas Janjang SaribuPemandangan trek dari atas. Jumlah anak tangga yang harus didaki wisatawan – Foto: Instagram/rangminangtanamo

Janjang Saribu memiliki dua akses yang bisa dipilih pengunjung. Puncaknya ada di Puncak Apit Puhun di sebelah Masjid Baiturrahman. Sedangkan ujungnya ada di Ngarai Sianok, tepatnya di dekat Café Sianok. Pengunjung yang ingin SATU ARAH mengakses disarankan untuk mengambil rute dari puncak ke lembah.

Seperti masih banyak yang menyamakan Janjang Saribu dan Janjang Koto Gadang, di tempat yang sama. Berikut adalah beberapa hal tentang keunikan dan keistimewaannya yang harus dikunjungi wisatawan.

Baca: Tiket Masuk JANJANG KOTO Gadang dan Berbagai Tempat Wisata

Sejarah Janjang Saribu

Janji Dewan Informasi SajutaPapan informasi singkat tentang Janjang Saribu – Foto: Google Maps/ Leo S

Kawasan wisata ini dulunya dikembangkan oleh masyarakat setempat untuk mengumpulkan pasir dan air dari Batang Sianok. Bentuk awalnya berupa tangga yang dipahat dari tanah ditopang oleh bambu. Lama kelamaan para perantau menggalang dana untuk perbaikan menjadi Janjang Saribu yang ada saat ini.

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Bukit Tinggi

Bentuk Janjang Saribu

Bentuk dan penampakan Janjang SaribuBentuk dan penampakan Janjang Saribu. Pagar besi menjadi pembatas lintasan – Foto: Instagram/Hendradict9141

Janjang saribu memiliki banyak tahapan seperti Janjang Koto Gadang. Perbedaan yang mencolok ada pada bentuknya. Lebar anak tangga cukup untuk dilewati satu orang saja. Selain itu, pembatasan jalur terdiri dari pagar besi.

Trek di sini memiliki medan yang lebih terjal. Pengunjung harus berhati-hati karena kakinya juga tidak terlalu besar. Trek ini juga membelah dua bongkahan batu besar yang kerap menjadi bahan foto para pengunjung. Di lembah ada Tengara merah besar dengan tulisan JANJANG SARIBU.

Panorama perbukitan dan lembah

Panorama Janjang Sajuta Jalur yang memisahkan dua batu besar. Tebing vertikal 90 derajat menjadi spot favorit pengunjung. Foto: Google Maps/Budi Nurul Huda

Sepanjang jalan setapak, pengunjung dapat menikmati panorama Ngarai Sianok. Rimbunnya pepohonan yang menutupi tebing menciptakan suasana hijau yang memanjakan mata. Gunung Marapi dan Gunung Singgalang akan terlihat jika cuaca cerah. Salah satu pemandangan favorit pengunjung adalah di atas tebing berbatu.

Baca: Tiket Masuk SIANOK NGARAI Bukittinggi dan Berbagai Aktivitasnya

Kopi spesial Bukik Apik

Cafe Apik BukikKafe Bukik Apik yang terkenal pada masanya. Pemda dan generasi muda perkuat warisan kopi Robusta – Foto: Instagram/Bukittinggitourism

Pengunjung yang datang ke sini wajib mencicipi kopi Bukik Apik. Kopi bukik apik robusta pernah berjaya pada masanya. Rasa kopi yang kental juga dipengaruhi oleh transformasi masyarakat sekitar. Komunitas Bukik Apik terkenal dengan usaha penggilingan kopinya dan diabadikan dalam lagu “Randang Kopi”.

Reda

Tidak banyak fasilitas yang ditawarkan di sini. Sejauh ini hanya ada satu tempat penyimpanan kendaraan pengunjung dan toko kecil. Sedangkan masjid berada di pintu masuk menuju puncak.

Lokasi dan rute Janjang Saribu

Obyek wisata ini terletak di Desa Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi. Pengunjung bisa memilih antara dua akses yaitu dari Bukik Apik dan Pangkalan Ngarai Sianok.

Obyek wisata ini berjarak 4 kilometer dari pusat ibu kota Bukittinggi. Waktu tempuh dari pusat kota Bukittinggi hanya 15 menit. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Pengunjung yang menggunakan transportasi umum dapat naik angkot dari Pasar Bawah. Untuk mengakses puncak, pengunjung dapat memilih angkot yang menuju ke Bukik Apik dan turun ke Masjid Baiturrahman. Selain itu, ada angkot yang menuju ngarai bagi pengunjung yang ingin mengaksesnya dari bawah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button