Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 selesai akhir 2022, Jakarta-Pelabuhan Ratu hanya 2,5 jam - WisataHits
Jawa Barat

Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 selesai akhir 2022, Jakarta-Pelabuhan Ratu hanya 2,5 jam

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalan penghubung alternatif menuju kawasan wisata di sekitar Sukabumi seperti Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh dan akan semakin mempermudah hubungan ekonomi masyarakat dari sektor industri, komoditas dan jasa seperti yang terjadi nantinya. terhubung dengan Jawa bagian barat, selatan seperti Bogor dan Ciawi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan keberadaan jalan tol yang terhubung dengan kawasan produksi dapat menekan biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Konektivitas yang lebih lancar diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah di dalam dan sekitar Kabupaten Sukabumi, serta produktivitas sektor pariwisata.

“Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat menjadi solusi mengatasi kemacetan lalu lintas khususnya arus barang,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (8 Oktober 2021).

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Teknologi, Industri, dan Lingkungan PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, tol Cigombong-Cibadak yang menghubungkan wilayah Bogor akan terkoneksi dengan tol Jagorawi, sehingga mengurangi waktu tempuh Jakarta ke Sukabumi yang sebelumnya memakan waktu 4 hingga 5 jam menjadi 1 hingga 2 jam lebih cepat melalui Jalan Alteri.

“Dulu ke Sukabumi butuh waktu lama. Biasanya kami harus mengatasi kemacetan di Ciawi, Cigombong, Cicurug, Cibadak dan langsung menuju Sukabumi. Nanti insya Allah jalan tol ini akan memakan waktu sekitar 2 jam lebih cepat,” kata Endra S. Atmawidjaja.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button