Operasi Lilin 2022 Selesai, Polri Gantikan Operasi Aman Nusa II Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Operasi Lilin 2022 Selesai, Polri Gantikan Operasi Aman Nusa II Solopos.com

Operasi Lilin 2022 Selesai, Polri Gantikan Operasi Aman Nusa II Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sejumlah pegawai Satbrimob Polri mengikuti himbauan kesiapan satgas tanggap darurat menghadapi bencana di kebun apel Ditpolair Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (30/12/2022). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA –Polri sedang mempersiapkan Operasi Aman Nusa II, sebuah operasi kemanusiaan terkait kontinjensi dalam menghadapi bencana alam yang akan terjadi di Tanah Air pada awal tahun 2023.

Asisten Kepala Polisi Bidang Operasi (ASOPS) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy di Jakarta mengatakan, persiapan Operasi Safe Nusa II dilakukan setelah berakhirnya Operasi Lilin 2022.

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

“Hari ini (Senin, 2 Januari 2023) merupakan hari terakhir Operasi Lilin 2022. Sedang disiapkan Operasional Operasi Aman Nusa II terkait bencana alam yang masih terjadi di beberapa daerah,” kata Agung.

Beriklan dengan kami

Operasi Lilin 2022 akan berlangsung mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Setelah selesai, kegiatan pengamanan akan dilanjutkan dengan Peningkatan Kegiatan Kepolisian (KRYD) mulai 3 hingga 9 Januari 2023.

“Kami melakukan KRYD dan bersiap untuk Operasi Aman Nusa II,” kata mantan Kapolda Riau itu.

Dalam operasi ini, personel Polri yang tergabung dalam Satgas Kontijensi fokus pada pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat seperti bencana alam (banjir, tanah longsor, dan angin kencang) dan kecelakaan transportasi.

Polri telah menerjunkan personel Search and Rescue (SAR) dan infrastruktur yang dimiliki Operasi Aman Nusa II untuk membantu penanggulangan bencana seperti yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

Beriklan dengan kami

Terkait hasil analisis dan penilaian (anev) yang dilakukan Polri terkait stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat pergantian tahun, Kabid Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Padahal situasi di Kamtibmas, beberapa daerah mengalami bencana alam pada pergantian tahun dan di hari pertama tahun 2023.

“Menurut hasil Anev, situasi di Kamtibmas kondusif di seluruh wilayah Indonesia mulai pagi ini saat perayaan malam pergantian tahun dan perayaan di hari Minggu,” ujarnya.

Selain itu, arus balik liburan Natal dan Tahun Baru menyebabkan peningkatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di destinasi wisata dan saat mudik, namun situasi tersebut dapat dikendalikan dengan baik.

“Rute kembali kelebihan beban, tetapi mudah dikendalikan. Beberapa daerah yang pernah terjadi banjir seperti Jawa Tengah juga sudah dibenahi,” kata Dedi.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button